Waspada! 8 Challenge Online yang Bisa Mengancam Nyawa Anak Mama

Mama tahu Momo Challenge? Anak-anak mama mungkin berpikir melakukannya, waspada ya!

7 Maret 2019

Waspada 8 Challenge Online Bisa Mengancam Nyawa Anak Mama
Freepik/CC0 Public Domain

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial yang senang mendapat tantangan dan bahagia jika bisa menaklukannya. Itu sebabnya, permainan-permainan yang diberi nama #challenge kemudian meningkatkan rasa penasaran dan membuat semua orang ingin melakukannya.

ABG Mama mungkin banget tergoda untuk ikut melakukannya. Dengan melakukan challenge mereka akan lebih diakui oleh teman-teman sebayanya dan tentu saja membuat kepercayaan dirinya meningkat. Misalnya, akan merasa keren jika berhasil melakukan Momo Challenge atau tantangan hits lainnya. 

Popmama.com membuat laporan permainan tantangan yang berbahaya dan bagaimana Mama bisa mencegah si Anak melakukannya.

1. Momo Challenge

1. Momo Challenge
Instagram.com/guardiankidsec

Permainan ini sedang jadi omongan dunia karena diduga telah menyebabkan seorang anak berusia 12 tahun di Buenos Aires, Argentina, bunuh diri. Tantangan ini beredar lewat pesan Whatsapp. Daily Mail menulis, orang yang ikut tantangan Momo ini akan mendapatkan pesan untuk mengontak nomor yang tidak dikenal. Begitu kontak terjadi, mereka akan mendapatkan gambar dan pesan-pesan yang mengerikan.

Momo adalah sosok perempuan karya seniman boneka asa Jepang, Midori Hayashi. Wajah Momo saja sudah sangat mengerikan dengan mata melotot, bibir tipis berbentuk V dan wajah kurus mengerikan.

Anak perempuan yang bunuh diri itu melakukan tantangan dan membuat rekaman sebelum kematiannya. Polisi menduga bunuh diri si Bocah didorong oleh arahan Momo Challenge yang diberikan oleh seorang remaja berusia 18 tahun.

2. Blue Whale Challenge

2. Blue Whale Challenge
Upload.wikimedia.org

Serupa dengan Momo Challenge, Blue Whale Challenge juga cukup mengerikan. 130 remaja diduga melakukan bunuh diri karena mengikuti tantangan ini. Seseorang yang mengikuti tantangan akan mendapatkan 50 tugas yang harus ia laksanakan dalam waktu 50 hari.

Koresponden Radio Free Europe melakukan investigasi dan menemukan bahwa moderator permainan atau yang dipanggil kurator, memberikan ucapan selamat bergabung dengan pesan, “Kamu tidka bisa mundur setelah setuju melakukan tantangan.”

Semua tantangan adalah hal berbahaya dan ujung tantangan adalah kematian.

Namun, sang Koresponden mengatakan bahwa tantangan bisa saja tidak dilakukan dan tetap akan baik-baik saja. “Semua tantangan bisa dilakukan sesuai dengan logika saja. Dilakukan atau tidak terserah. Jika tidak ingin melakukan tantangan lagi, bisa saja akun Whatsapp kurator di-blok sehingga ia tidak bisa mengirimkan pesan,” jelas sang Koresponden.

3. Boiled Water Challenge

Ini tantangan berbahaya yang muncul di internet. Setelah ada ice bucket challenge, sekarang ada boiled water challenge.

Seseorang akan diminta menyiramkan air mendidih kepada temannya dan membuat rekaman reaksinya. Tidak ada yang menarik di tantangan ini selain melihat betapa ngerinya seseorang menderita luka bakar. Bahkan, ada yang sampai meninggal!

4. Kiki Challenge

Tantangan ini viral dan polisi telah mengeluarkan peringatan serta larangan untuk melakukannya. Kiki challenge adalah tantangan menari di samping mobil yang berjalan pelan dengan iringan lagu In My Feelings-nya Drake.

Tantangan ini sangat popular karena dilakukan oleh banyak selebritis. Namun bahaya mengintai karena saat menari, si Pengemudi diharuskan merekam si Penari. Kecelakaan lalu lintas sering terjadi karena pengemudi dan penari tidak konsentrasi melihat jalan.

Editors' Picks

5. Fire Challenge

Satu lagi tantangan yang tidak ada manfaatnya selain berusaha menjadi sensasi dunia maya adalah Fire Challenge. Pelakunya diminta menyiramkan cairan mudah terbakar ke sekujur tubuhnya dan menyalakan api kemudian membagikan video tubuhnya yang bersinar terbakar api.

Siapa yang mau melakukan tantangan bodoh ini? Ternyata banyak, Ma! Seram ya.

6. Marshmallow Challenge

Marshmallow adalah camilan yang disuka banyak anak-anak. Namun, marshmallow challenge sangat mengerikan dan berbahaya. Seseorang yang ikut tantangan akan diminta memasukan sebanyak-banyaknya marshmallow ke dalam mulut dan merekamnya.

Masalahnya adalah, makanan ini jika kena air liur akan menjadi kenyal dan lengket sehingga mungkin menyebabkan pemainnya tersedak. Sudah ada yang meninggal karenanya.

7. Salt and Ice Challenge

Internet adalah tempat terbaik untuk mencari banyak hal, termasuk pelajaran sains. Di internet ada video yang menjelaskan bahwa jika es batu ditaburi dengan garam, maka bisa membuatnya semakin dingin sehingga mencapai suhu di bawah titik beku.

Yang menjadi tantangan adalah, memasukan tangan ke dalam es batu bertabur garam itu atau meletakkan es bercampur garam di bagian tubuh tertentu. Akibatnya, kulit bisa terluka karena terlalu dingin dan bisa juga mengalami frost bite atau radang dingin. Radang dingin ini berbahaya sebab bisa menyebabkan kematian jaringan tubuh.

8. Passed Out Challenge

Tantangan ini sudah agak lama tapi masih saja ada yang melakukannya. Banyak cara untuk membuat tantangan pingsan ini. Dulu, yang hits adalah dengan memukul dada dengan sangat keras sehingga menyebabkan seseorang pingsan.

Tantangan ini telah merengut nyawa 82 anak usia 6-19 tahun di Amerika Serikat. Bahaya!

Agar Anak Mama Tidak Melakukan Tantangan Konyol

Agar Anak Mama Tidak Melakukan Tantangan Konyol
Freepik/CC0 Public Domain

Mama bisa mencegah anak mama melakukan tantangan ngeri atau menjawab tantangan yang tidak ada manfaatnya. Caranya:

Ajarkan si Anak berani bilang tidak

Berani bilang tidak kepada teman-teman sebaya adalah hal yang harus dilatih. Anak-anak biasanya takut bilang tidak karena merasa dikucilkan teman-temannya atau dianggap tidak trendi. Namun, Mama harus bisa mengajarkan anak bilang tidak jika tantangan yang diajukan temannya tidak ada manfaatnya dan berbahaya.

Mendengar curhatan anak mama

Menolak teman akan menjadikan anak mama punya konflik. Tenang, badai pasti berlalu namun, tidak dengan mudah. Anak mama perlu mencurahkan perasaan, kegalauan, kesedihan, dan kemarahannya. Jadilah teman baik untuk mendengar curhatan mereka.

Ciptakan suasana komunikasi yang akrab

Tentu saja, jika suasana komunikasi antara Mama dan anak mama baik, mereka akan senang mengobrol dengan Mama. Ciptakan sauna ngobrol yang akrab, misalnya saat pagi mengantar si Anak sekolah, saat makan, atau menjelang tidur.

Bicarakan tantangan yang terjadi dan dengarkan pendapat mereka

Cara paling bagus untuk Mama mengerti si Anak adalah dengan mendengarkan mereka. Uji pengetahuan si Anak dengan bertanya hal-hal menyerempet tantangan-tantangan yang ada. Jika mereka menjawab tahu, gali informasi seberapa jauh pengetahuan mereka. Dari situ, Mama bisa menjelaskan hal-hal buruk yang tidak boleh mereka lakukan terkait tantangan itu.