Pilihan Kegiatan Ramadan Ini Bisa Tingkatkan Bonding dengan Anak, Ma

Yuk, isi waktu berpuasa dengan ragam kegiatan menarik bersama si Kecil!

4 Mei 2020

Pilihan Kegiatan Ramadan Ini Bisa Tingkatkan Bonding Anak, Ma
Pexels/Migs Reyes

Mama dan Papa bisa memanfaatkan bulan Ramadan untuk bonding bersama buah hatj, lho. Apalagi, ibadah bulan Ramadan tahun ini fokus #DiRumahAja karena adanya pandemi Covid-19. 

Bonding merupakan proses membentuk koneksi juga kelekatan antara orangtua dan anak. Selain itu, bonding juga bermanfaat bagi perkembangan si Kecil, Ma. 

Mulai dari membentuk pola hubungan di masa depan, kemandirian, hingga membangun hubungan sosial yang lebih baik. Lalu, bagaimana sih cara membangun bonding selama bulan Ramadan? 

Berikut Popmama.com berikan beberapa pilihan kegiatan ibadah Ramadan sebagai sarana bonding dengan anak yang melibatkan aspek fisik, emosi, hingga kognitif. 

Editors' Picks

1. Kegiatan yang melibatkan aspek fisik

1. Kegiatan melibatkan aspek fisik
Pexels/Cottonbro

Hertha Christabelle Hamabalie, M.Psi, Psikolog, Psikolog Klinis Anak associate dari Ibunda.id dalam Popmama Online Class, Kamis (30/4/2020) memberikan beberapa pilihan kegiatan fisik untuk membentuk bonding. Di antaranya: 

  • Membantu pekerjaan rumah

Mama bisa mengajak anak untuk bantu menyelesaikan pekerjaan rumah mulai dari hal yang sederhana, seperti membersihkan kamar tidur, merapikan pakaian, atau memasak hidangan berbuka puasa. Selain menciptakan kedekatan dengan orangtua, anak juga akan belajar tanggung jawab terhadap apa yang dikerjakannya. Jangan lupa untuk mengajari secara bertahap dan sabar ya, Ma.

  • Membuat prakarya

Manfaatkan waktu berpuasa di siang hari atau sore hari sebelum berbuka dengan mengajak anak untuk membuat prakarya, Ma. Misalnya, menggambar bertemakan bulan Ramadan atau tentukan topik yang mudah ditangkap oleh anak. 

Ajukan pertanyaan sederhana pada anak, seperti "Apa sih yang kamu ketahui tentang bulan Ramadan? Yuk, buat gambarnya." Misalnya, identik dengan pulang ke rumah kakek dan nenek atau baju baru.

Maka, arahkan anak untuk menggambar suasana rumah kakek dan nenek atau baju baru impiannya. Biarkan anak berkreasi sesuai pandangannya terhadap bulan Ramadan. 

Orangtua juga bisa ikut menggambar saat mendampingi si Kecil. Gambarlah sesuatu yang bernilai positif sebagai pembelajaran pada anak. Jadi, anak bisa berkreasi sambil belajar. 

  • Bermain bersama

Bermain bersama bisa mengisi waktu puasa Ramadan nih, Ma. Cobalah untuk mengajak anak bermain uno, ular tangga, atau mainan kesukaannya. 

Selama bermain, Mama, Papa, dan anak pasti akan diselingi canda serta tawa sehingga bisa membentuk bonding. Adanya sentuhan, seperti pelukan atau ciuman orangtua pada anak juga akan menciptakan suasana jadi lebih menyenangkan. 

2. Kegiatan yang melibatkan aspek emosi

2. Kegiatan melibatkan aspek emosi
Pexels/Lina Kivaka

Kegiatan yang melibatkan aspek emosi akan membantu anak belajar berempati dan berperilaku dengan baik. Berikut 2 cara yang bisa Mama terapkan pada anak mengenai aspek emosi dalam membentuk bonding di bulan Ramadan.  

  • Bercerita

Dengan bercerita, anak akan belajar untuk mengetahui keadaan orang lain. Anak juga akan belajar mengenai empati dari tokoh dan alur cerita dalam buku. 

Di bulan Ramadan ini, Mama dan Papa bisa memberikan buku bacaan tentang kisah pada nabi. Melalui kisah nabi yang dibaca, anak bisa memiliki gambaran jelas tentang perilaku baik.

Tak hanya kisah nabi, orangtua juga bisa memberikan buku bacaan bergambar lainnya. Sesuaikan saja dengan keinginan atau kegemaran anak.

Namun, tetap memiliki pesan yang positif, Ma. Seperti, pesan untuk sedekah, toleransi, dan hal-hal baik lainnya.

Tak hanya melalui buku, kegiatan bercerita juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan barang yang ada di rumah atau hand puppet sebagai alat peraga.

Buatlah semenarik mungkin, tetapi pesannya tetap tersampaikan dengan baik. 

  • Mendengar ceramah

Mama bisa memanfaatkan siaran ceramah di TV atau YouTube sebelum adzan maghrib untuk menciptakan bonding dengan anak. Selain dapat menjalin kedekatan, ceramah yang disampaikan juga biasanya mengandung banyak nilai kebaikan. 

3. Kegiatan yang melibatkan aspek kognitif

3. Kegiatan melibatkan aspek kognitif
Popmama.com/Onic Metheany
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Salah satu kegiatan yang dapat orangtua lakukan dalam aspek kognitif selama bulan Ramadan, yaitu mengaji bersama. 

Dengan belajar mengaji, si Kecil akan terlatih untuk fokus. Mengaji juga akan mengasah kemampuan daya ingat karena dituntut untuk bisa menghafal bacaan-bacaan dalam Al-quran. 

Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa mengaji bisa menurunkan dan meredakan tingkat stres pada seseorang. 

Ternyata selain bernilai ibadah, mengaji memiliki banyak manfaat ya, Ma. 

Itulah beberapa pilihan kegiatan yang bisa Mama dan Papa lakukan bersama anak selama bulan Ramadan. Yuk, manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk jalin kedekatan. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.