Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Penyebab Bayi Kucing Suka Dipindahkan oleh Ibunya

Anak kucing dipindahkan ibunya untuk menemukan tempat yang nyaman dan aman

8 September 2022

Penyebab Bayi Kucing Suka Dipindahkan oleh Ibunya
Pinterest.com/We Heart It

Biasanya bayi kucing yang baru lahir seringkali dipindahkan oleh ibunya. Mungkin anak mama pernah menanyakan soal hal ini ke Mama. 

Induk kucing suka memindahkan anaknya setelah melahirkan untuk mencari tempat yang aman dan nyaman. Bahkan induk kucing bisa memindahkan anaknya sampai 7 kali di berbagai tempat guna menemukan tempat yang dirasa cocok.

Tingkah laku kucing ini terkadang menimbulkan pertanyaan di benak Mama atau anak mama dan membuat rasa penasaran semakin tinggi. Sebenarnya apa lagi alasan yang mendasari tingkah induk kucing sering memindahkan bayinya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut Popmama.com telah merangkum penyebab bayi kucing suka dipindahkan oleh induknya. Yuk, simak Ma!

1. Apakah normal apabila kucing memindahkan bayinya?

1. Apakah normal apabila kucing memindahkan bayinya
Pinterest.com/Yumikasari Putri

Kebiasaan kucing untuk memindahkan bayinya pada dua minggu pertama anak kucing lahir ternyata memiliki beberapa alasan. Salah satunya karena bayi kucing bergantung pada ibu mereka selama 2 minggu pertama kehidupan mereka.

Selama 2 minggu, kucing biasanya akan memindahkan anaknya kemana saja. Sehingga tingkah induk kucing pada anaknya ini sebetulnya adalah hal yang normal dan tidak perlu menjadi perhatian khusus ya, Ma.

2. Penyebab kucing suka memindahkan bayinya

2. Penyebab kucing suka memindahkan bayinya
Pexels/FOX

Walaupun kebanyakan kucing peliharaan telah mempunyai area tinggal yang aman dan nyaman, kebiasaan alami mereka untuk berhati-hati memindahkan bayi mereka dari predator tentu tidak hilang. Berikut ini adalah alasan induk kucing suka memindahkan bayi kucing:

1. Lingkungan Kotor

Induk kucing akan merasa lebih sensitif terhadap lingkungan yang ditempatinya setelah kucing melahirkan anaknya. Oleh karena itu, apabila lingkungan tempat tinggal kucing dirasa kotor, maka induk kucing anak pergi dan memindahkan anak mereka di tempat lain.

2. Butuh Privasi

Induk kucing biasanya cenderung menyukai tempat yang sepi dan jauh dari jangkaun manusia atau hewan lainnya ketika ingin memberi makan bayi kucing. Privasi ini diperlukan kucing agar bisa memberi makan anak mereka tanpa gangguan.

3. Memberi Kehangatan

Anak kucing membutuhkan suhu tubuh yang lebih hangat daripada kucing dewasa. Inilah sebabnya mengapa anak kucing sering berpelukan dengan induk kucing untuk mendapatkan kehangatan dari ibu mereka. Hangat dari pelukan ini sangat penting untuk bayi kucing yang baru lahir.

4. Mencari Tempat Aman

Induk kucing akan melakukan apa pun untuk menjaga bayi kucing agar tetap aman. Aman dari serangan predator atau hewan pengganggu lainnya.

Bayi kucing akan dibawa oleh ibunya untuk pindah ke berbagai tempat dengan tujuan mencari tempat yang paling aman.

5. Mencari Sumber Makanan

Ketika bayi kucing baru lahir, tentu induk kucing membutuhkan makanan yang cukup untuk memulihkan energi dan agar bisa menyusui bayinya.

Maka dari itu, apabila sumber makanan di dekat tempat persembunyiannya tersisa sedikit, induk kucing akan mencari sumber makanan lain. Induk kucing akan berpindah bersama bayinya untuk mendekati tempat lain yang terdapat makanan.

3. Cara mengatasi tingkah kucing yang suka memindahkan bayinya

3. Cara mengatasi tingkah kucing suka memindahkan bayinya
Pexels/Pixabay

Apabila Mama dan anak mama merasa tingkah kucing yang suka memindahkan bayinya adalah hal yang mengkhawatirkan, maka berikut ini adalah tips yang bisa Mama lakukan agar induk kucing tidak sering memindahkan bayinya:

1. Tetap Jaga Area Kandang agar Aman dan Tenang

Siapkan kendang atau tempat paling nyaman bagi kucing yang baru saja melahirkan bayinya. Letakkan kendang di tempat yang jauh dari keramaian.

Akan tetapi, jika induk kucing sudah menemukan tempatnya sendiri maka usahakan lokasinya aman dan jauh dari jangkauan hewan predator lain.

2. Pastikan Kandang Hangat

Mama juga perlu memastikan agar kandang yang ditempati oleh induk kucing dan bayinya benar-benar hangat. Hal ini disebabkan karena ketika baru lahir, bayi kucing tidak bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri sehingga memerlukan tempat yang hangat.

3. Pastikan Kandang Bersih

Selain menjaga area kandang tenang, Mama harus pula memperhatikan kebersihan kandang. Kucing menyukai tempat yang bersih sebagai tempat untuk berlindung bagi dirinya dan bayinya. Tak hanya itu, pastikan juga untuk selalu membersihkan kotak pasir secara rutin dan membersihkan makanan yang tumpah.

4. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Bayi Kucing

Induk kucing tidak menyukai aroma tangan manusia yang melekat pada tubuh bayi mereka. Induk kucing akan merasa langsung terancam dengan kehadiran manusia yang suka memegang bayi kucing.

Oleh karena itu, sebaiknya Mama dan anak mama jangan memegang bayi kucing hingga mereka berusia empat sampai delapan minggu, ya.

Nah itu tadi beberapa alasan yang menjadi penyebab bayi kucing suka dipindahkan oleh induknya. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan Mama dan anak mama ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk