TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Abay Anak Ferry Maryadi dan Deswita Maharani Menari Barongan, Keren!

Mendapat banyak apresiasi karena mencintai budaya dan tari tradisional Indonesia

18 Agustus 2022

Abay Anak Ferry Maryadi Deswita Maharani Menari Barongan, Keren
Instagram.com/kangferrymaryadi

Dari pernikahan dengan Deswita Maharani, Ferry Maryadi dikaruniai anak yang menggemaskan, ia adalah Kabay Anaking Maryadi. Anak lelaki yang akrab disapa Abay ini lahir pada 2 Januari 2015. 

Kini, Abay telah berusia tujuh tahun. Ia semakin aktif dan lincah. Baru-baru ini, sang Papa membagikan video Abay sedang menari Barongan. Ia terlihat lihai menari dengan menggunakan topeng barongnya. 

Video yang tersebut membuat rekan artis dan netizen kagum pada Abay. Sebab, di era modern ini, anak-anak Indonesia telah mulai meninggalkan hal-hal berbau tradisional, termasuk tari daerah. 

Untuk melihat keseruan Abay menari Barongan, kali ini Popmama.com telah merangkum informasinya untuk Mama. Simak yuk!

Editors' Picks

1. Apa itu Barongan? 

1. Apa itu Barongan 
Instagram.com/barongan_blora

Sebelum melihat keseruan Abay menari Barongan, kita cari tahu dulu apa itu Barongan? 

Barongan adalah salah satu jenis kesenian tradisional khas masyarakat Jawa dan Bali yang berkembang di wilayah Jawa Tengah dan Bali, namun berasal-usul dari daerah Kabupaten Ponorogo,  Jawa Timur. Kesenian barongan ini ditampilkan dengan iringan irama gamelan (seperangkat alat musik) yang berirama rancak.

Untuk di Jawa Tengah sendiri,  kesenian barongan ini sangat terkenal di daerah Blora. Selain sebagai kesenian,  para masyarakat Blora menggunakan Barongan untuk prosesi ritual dalam ajaran kejawen. 

Sebab, berdasarkan tradisi dan kepercayaan religi masyarakat setempat, Barongan merupakan salah satu makhluk mitologi asli yang berasal dari daerah Mlangsen di Blora yang dipercayai oleh masyarakat Jawa (dan juga Bali) sebagai entitas spiritual yang suci dan diluhurkan.

Selain itu, masyarakat Blora juga menganggap Barongan sebagai perwujudan karakter dari masyarakat setempat. Misalnya,  kekeluargaan, keberanian, spontanitas, kekompakan, kesederhanaan, dan lain sebagainya.

Di tahun 2011, Pemerintah Republik Indonesia menetapkan kesenian Barongan sebagai salah satu Warisan Budaya Tak benda khas Indonesia. Di tahun 2015, Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) secara resmi menetapkan tiga genre tari-tarian tradisional Bali (sudah termasuk Barongan) sebagai salah satu kekayaan Warisan Budaya Tak benda Kemanusiaan asli Indonesia.

2. Abay menari Barongan dengan topeng barong di rumah

2. Abay menari Barongan topeng barong rumah
Instagram.com/kangferrymaryadi

Papa Ferry mengunggah video Abay menari Barongan di dalam kamar. Dalam unggahan tersebut, sang Papa menuliskan caption, "Ada yg tau apa nama kesenian yg di peragakan Abay ini…??" 

Dalam video tersebut, Abay, anak Ferry Maryadi dan Deswita Maharani sedang melakukan tari Barongan. Ia menggunakan kaos berwarna biru, celana dalam, dan topeng barong. 

Ia memulai gerakan tarian dari tiduran di lantai, lalu melakukan gerakan kaki menendang-nendang, dan dilanjutnya berdiri serta berloncat-loncat. 

Selama melakukan gerakan tersebut, tangan Abay stand by memegang topeng barong di wajahnya. 

Tari Barongan yang dilakukan oleh Abay pun diiringi oleh instrumen gamelan. Ia menari sesuai dengan ketukan. Keren banget! 

3. Abay mendapat banyak apresiasi dan pujian dari para artis dan netizen 

3. Abay mendapat banyak apresiasi pujian dari para artis netizen 
Instagram.com/kangferrymaryadi

Hal yang dilakukan oleh Abay memang perlu diapresiasi. Sebab, kebanyakan anak-anak zaman sekarang sibuk dengan teknologi dan meninggalkan budaya daerah. 

"Anak ajaib. Yg lain sibuk sm Gadget. Ini seperti cinta sama Budaya Tradisional," tulis pemilik akun Instagram @yudit.dit.

"Kok unik sih anak jakarta suka barongan Abay, gemesss wes ndadi mari iki," tulis @allartis.

"Keren loh abay..tipikel anak yg sangat cinta dgn budaya indonesia," tulis @rachma0510.

"Hahaha abay, aktif pisan ei," tulis penyanyi dangdut da2_rizki123. 

Sang Mama, Deswita Maharani pun ikut berkomentar dalam video Abay yang diunggah oleh Papa Ferry. 

"Masyaallah naaakk.. abis ini ibu mijiiitttin lg deh sblm tiduurr," tulis sang Mama @deswitamaharani80. 

Semoga ke depannya semakin banyak anak-anak Indonesia yang tertarik dengan budaya dan kesenian tradisional seperti Abay. Sehingga budaya dan kesenian tradisional tidak akan hilang terkikis zaman. 

Semangat terus Abay untuk berlatih tari Barongan. Semoga kamu sehat selalu, ya! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk