Pengertian Iklan dan Cara Membuat Iklan yang Perlu Anak Ketahui

Sangat dibutuhkan dalam kehidupan di masa depannya

26 Agustus 2021

Pengertian Iklan Cara Membuat Iklan Perlu Anak Ketahui
Pixabay/stevenlondon

Iklan, satu kata yang mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Iklan dapat kita temukan di sekitar kita. Mulai dari televisi, YouTube, internet dan lain sebagainya.

Ternyata keberadaan iklan sangat penting sehingga menjadi salah satu materi di bangku sekolah. Salah satunya yakni belajar membuat teks iklan. 

Untuk itu, Popmama.com akan membagikan informasi mengenai iklan, seperti pengertian iklan dan cara membuat iklan, beserta hal-hal penting untuk membuat teks iklan seperti berikut ini. Simak yuk!

1. Pengertian iklan 

1. Pengertian iklan 
bhavesads.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),  iklan adalah berita pesanan yang mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. 

Dengan adanya iklan maka diharapkan barang dan jasa yang diiklankan akan laku dibeli oleh masyarakat. 

Namun, sebenarnya iklan bukanlah hanya menjual produk saja loh. Adapula beberapa iklan yang berisi tentang informasi sehingga pembaca teks iklan mendapat pengetahuan baru.

Editors' Picks

2. Fungsi dan Tujuan Iklan

2. Fungsi Tujuan Iklan
Freepik

Berikut ini fungsi adanya iklan, yaitu: 

1. Fungsi Informasional

Artinya iklan berfungsi untuk memberitahukan kepada konsumen tentang karakteristik suatu produk serta manfaat yang diperoleh. 

2. Fungsi Transformasional

Artinya iklan yang disebarkan bertujuan untuk mengubah sikap yang dimiliki konsumen terhadap merek yang ditawarkan. 

3. Unsur pembentuk iklan 

3. Unsur pembentuk iklan 
effortlessoutdoormedia.com

Ada beberapa unsur-unsur pembentuk iklan yang harus diperhatikan sebelum membuat teks iklan. Antara lain: 

  1. Ada sumbernya, pemasang iklan harus jelas dan tertera di iklan. 
  2. Ada pesan yang disampaikan.
  3. Ada media atau sarana yang digunakan untuk menyajikan iklan. Contohnya media cetak, media elektronik, dan lain sebagainya. 
  4. Ada penerima, seseorang yang menjadi sasaran.
  5. Mendapatkan umpan balik atau tanggapan setelah masyarakat melihat iklan. Ini merupakan target akhir dari pemasangan iklan. 

4. Macam-macam jenis iklan dan contohnya 

4. Macam-macam jenis iklan contohnya 
canva.com

Jika dilihat berdasarkan isinya, iklan dibagi menjadi beberapa macam.

1. Iklan penawaran 

Iklan penawaran disebut juga iklan niaga yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa yang akan dijual kepada masyarakat.

Contoh iklan penawaran produk yaitu iklan makanan, minuman, make up, elektronik dan lain sebagainya. Sedangkan contoh iklan penawaran jasa yakni iklan jasa ojek online, ekspedisi paket, pendidikan, dan lainnya. 

2. Iklan pengumuman 

Iklan pengumuman adalah iklan yang berisi pemberitahuan mengenai suatu hal. Misalnya, konser musik, acara bola, dan lain-lain. 

Tujuan iklan ini agar masyarakat mengetahui bahwa akan ada suatu kegiatan yang dilaksanakan. Biasanya, dalam iklan tersebut berisi tentang tanggal acara, lokasi acara dan biaya masuk. 

(berikan informasi sedetail mungkin agar pembaca iklan yang tertarik langsung dapat mengunjungi acara tersebut)

3. Iklan layanan masyarakat 

Iklan layanan masyarakat biasa digunakan oleh instansi pemerintahan guna memberikan sosialisasi, peringatan, dorongan, atau mengingatkan masyarakat akan suatu hal.

Contoh iklan masyarakat yakni seperti mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi, ajakan menggunakan masker saat keluar rumah dan lain sebagainya. 

4. Iklan permintaan

Iklan ini biasa diberikan oleh seseorang yang membutuhkan sesuatu. Contohnya, iklan lowongan pekerjaan yang membutuhkan beberapa orang untuk menjadi karyawan.
 

5. Cara membuat iklan 

5. Cara membuat iklan 
Freepik

Setelah mengetahui unsur pembentuk iklan dan jenis-jenis iklan, berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk membuat iklan. 

1. Tentukan jenis iklan apa yang akan dibuat

Pilih terlebih dahulu iklan yang ingin dibuat, baik itu iklan produk, pengumuman, layanan masyarakat, atau permintaan. 

2. Tentukan sasarannya

Misalnya, kamu menentukan iklan layanan masyarakat tentang penggunaan masker, maka sasaran yang harus kamu tuju adalah masyarakat seluruh Indonesia dari anak-anak hingga dewasa bahkan lansia. 

3. Buatlah kata-kata persuasif sesuai dengan jenis isi iklan yang kamu ambil. 

Iklan penawaran harus berisi kalimat menarik agar orang yang melihat tergugas untuk membeli. Jangan lupakan beri highlight keunggulan produk yang ditawarkan.

Iklan pengumuman harus berisikan teks yang sangat detail, hal terpenting dalam pengumuman yakni nama kegiatan serta tempat dan tanggal acara. 

Iklan layanan masyarakat, usahakan teks edukasi yang diberikan mudah untuk dipahami. 

Iklan permintaan, buatlah teks berisi tentang kualifikasi yang diminta atau dibutuhkan dari pihak pemasang iklan. Selain itu, beri juga teks tentang keuntungan yang akan didapatkan oleh pembaca iklan jika memenuhi permintaan tersebut. 

4. Tentukan media untuk mengiklankan

Jika ingin mengiklankan di televisi atau YouTube, tentukan terlebih dahulu durasi untuk mengiklankan.  Sedangkan jika melalui koran, tentukan sebesar apa iklan tersebut. Apakah satu halaman penuh atau hanya setengah halaman. 

5. Tak ada salahnya memberikan beberapa gambar atau ilustrasi. 

Hal ini dapat berupa logo perusahaan, produk yang ditawarkan, acara yang diselenggarakan dan lain sebagainya. 

Jika iklan itu merupakan iklan layanan masyarakat, dapat berikan tentang gambaran aktivitas-aktivitas terkait informasi yang disampaikan. 

Iklan dengan gambar atau ilustrasi lebih menarik dibanding dengan iklan yang berisikan tulisan saja. 

Nah itulah beberapa informasi mengenai iklan dan pengertian iklan, beserta tentang langkah-langkah cara membuat iklan. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuanmu! Semangat terus dalam belajar, ya! 

Baja juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk