TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Manfaat Denah, Penunjuk Arah yang Sudah Jarang Digunakan

Denah tidak hanya digunakan sebagai penunjuk arah, namun juga memiliki beberapa manfaat lain

6 Juli 2022

Manfaat Denah, Penunjuk Arah Sudah Jarang Digunakan
Pexels/jeshootscom

Pada zaman dulu untuk mencari lokasi rumah atau suatu bangunan, masyarakat memanfaatkan denah lokasi. Dapat dikatakan denah merupakan versi kecil dari peta. Sebagai penunjuk arah, denah juga tidak lepas dari arah mata angin. 

Denah tidak hanya berfungsi sebagai penujuk lokasi rumah atau bangunan, tetapi denah juga dapat dimanfaatkan untuk menggambarkan detail dari suatu bangunan. Umumnya denah digunakan pada undangan, suatu event, atau dijadikan sebagai modal awal untuk membangun suatu bangunan. 

Kini denah sebagai penunjuk lokasi sudah jarang ditemui. Di zaman yang serba canggih seperti saat ini masyarakat sudah beralih menggunakan maps digital yang ada pada smartphone. Walau begitu,denah juga memiliki beberapa manfaat di masa kini. 

Untuk selengkapnya, berikut Popmama.comberikan penjelasan mengenai manfaat denah, penunjuk arah yang sudah jarang digunakan. 

Pengertian denah

Pengertian denah
Pexels/williamfortunato

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), denah merupakan gambar yang menunjukkan letak kota, jalan, dan sebagainya. Selain itu, denah juga dapat diartikan sebagai gambar rancangan (rumah, bangunan, dan sebagainya). 

Jadi, berdasarkan fungsinya denah dapat dibagi menjadi dua, denah sebagai penunjuk lokasi dan denah sebagai gambar rancangan suatu bangunan. 

Editors' Picks

Manfaat denah

Manfaat denah
Pexels/shvetsproduction

Dalam kehidupan masyarakat, denah memiliki beberapa manfaat yang bisa dirasakan. Beberapa manfaat dari adanya denah, antara lain:

1. Membantu dalam menemukan lokasi. 

Denah dapat membantu seseorang menemukan sebuah lokasi baru, dengan menunjukan gambar jalan, arah mata angin, serta patokan-patokan menuju lokasi.

2. Memudahkan proses evakuasi saat terjadi bencana

Dalam keadaan genting seperti bencana alam, gambar denah suatu bangunan dapat digunakan untuk mengevakuasi dan mencari jalan keluar untuk membantu orang-orang yang terjebak di dalamnya.

3. Memudahkan proses instalasi

Dengan adanya denah, para pekerja seperti petugas listrik dapat lebih mudah untuk melakukan proses instalasi kelistrikan, dengan menentukan jenis instalasi apa yang akan digunakan.

Unsur-unsur denah

Unsur-unsur denah
Pexels/karolinagrabowska

Sebuah denah terdiri atas beberapa unsur utama, yaitu:

  1. Judul denah
  2. Gambaran umum dari  bangunan-bangunan yang ada di sekitar lokasi yang ditentukan
  3. Adanya arah mata angin
  4. Nama-nama tempat di sekitar lokasi

Untuk membuat suatu denah, tidak bisa sembarangan. Denah yang baik, harus memenuhi lima unsur-unsur denah di atas. Hal ini bertujuan supaya denah dapat digunakan dengan baik, serta tidak membingungkan penggunanya. 

Perbedaan peta dan denah

Perbedaan peta denah
Pexels/dominikaroseclay

Denah berbeda dengan peta, walaupun dalam pemakaiannya sama-sama digunakan sebagai penunjuk suatu lokasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) peta merupakan gambar atau lukisan pada kertas dan sebagainya yang menunjukan letak tanah, laut, sungai, gunung, dan sebagainya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa denah memiliki skala yang lebih kecil dari peta, sebab denah menunjukan detail dari suatu lokasi yang akan dituju. Sedangkan peta memiliki skala yang lebih besar dari denah, dengan menunjukan lokasi yang lebih luas. 

Itu dia manfaat denah, penunjuk arah yang sudah jarang digunakan. Walau sudah jarang terlihat, manfaat denah sebagai penunjuk arah masih dapat dirasakan hingga saat ini. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk