Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Beda dengan yang Lain, Ini 5 Ide Lomba 17 Agustusan Lucu dan Kekinian

Penonton dan pemain dijamin bakal puas tertawa senang

15 Agustus 2019

Beda Lain, Ini 5 Ide Lomba 17 Agustusan Lucu Kekinian
Youtube.com/KKN 8A UNMER DESA DOLOPO KEC.DOLOPO

Tradisi perayaan kemerdekaan Indonesia setiap 17 Agustus tidak lepas dari berbagai perlombaan. Namun, tak jarang perlombaan bisa menjadi membosankan tanpa inovasi baru. 

Padahal perlombaan 17 Agustus-an yang lucu dan unik bisa diciptakan untuk memancing ketertarikan anak-anak dalam mengikuti lomba. Apalagi jika ada lomba yang dianggap anak-anak kekinian, sehingga menarik minatnya kembali untuk merayakan kemerdekaan Indonesia dengan mengikuti sebuah lomba. 

Selain bisa mendapatkan hadiah menarik, tanpa disadari ikut lomba dapat membangun kualitas hubungan dengan para tetangga di lingkungan dekat rumah. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa lomba 17 Agustus lucu saat dimainkan oleh anak-anak, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

1. Lomba balap karung menggunakan helm menjadi inovasi baru 

1. Lomba balap karung menggunakan helm menjadi inovasi baru 
nusabali.com

Lomba balap karung dari tahun ke tahun tentu selalu ada dalam memeriahkan perayaan 17 Agustus ya, Ma. Lomba ini seolah sudah sangat identik dengan 17-an dan cukup banyak diminati oleh anak-anak hingga orangtua. 

Namun, jika terlalu bosan dengan permainan balap karung seperti yang biasa dilakukan. Cobalah untuk membuat inovasi berbeda seperti balap karung menggunakan helm. 

Selain perlombaan 17 Agustusan ini mengharuskan pesertanya menggunakan karung, mereka pun diwajibkan untuk memakai helm agar pergerakan selama lomba menjadi sulit. Bila anak mama mengikuti jenis perlombaan ini, disarankan untuk mempersiapkan fisiknya agar mampu bersaing dengan anak-anak yang lain. 

Balap karung modifikasi ini tentu akan semakin seru dan lucu dibanding pendahulunya. Setuju nggak nih, Ma?

Editors' Picks

2. Lomba melipat dan menerbangkan pesawat dengan jarak paling jauh

2. Lomba melipat menerbangkan pesawat jarak paling jauh
Pexels/Rakicevic Nenad

Membuat sebuah prakarya pesawat dari kertas tentu mudah sekali dibuat oleh anak-anak dari tingkat TK hingga SD. 

Sama seperti perlombaan 17 Agustus lainnya, lomba melipat dan menerbangkan pesawat dengan jarak paling jauh memiliki peraturan. Namun, peraturan lomba ini cukup mudah karena peserta anak-anak yang terlibat dalam perlombaan hanya akan melipat kertas hingga membentuk sebuah pesawat yang siap diterbangkan. 

Untuk menghindari pesawat kertas akan tertukar dengan peserta lain, sebaiknya dibedakan warnanya atau setiap peserta perlu menghias pesawat sesuai dengan kreasinya.

Setelah semua peserta dirasa siap berarti sudah waktunya untuk menerbangkan pesawat masingmasing di sebuah lapangan agar terlihat lebih luas. Satu persatu peserta akan menerbangkan pesawat mereka hingga titik paling jauh. 

Penilaian lomba ini akan dilihat dari durasi waktu terbang, jarak saat pesawat telah landas hingga kreativitas dari masing-masing peserta. 

3. Lomba "menyonyo" memacu peserta aktif untuk senam wajah

3. Lomba "menyonyo" memacu peserta aktif senam wajah
Youtube.com/KKN 8A UNMER DESA DOLOPO KEC.DOLOPO

Lomba 17 Agustus yang sudah terlalu indentik dengan perayaan kemerdekaan terkadang kerap membosankan, sehingga perlu banyak lomba-lomba baru yang dapat dinikmat orang lain. Lomba menyonyo bisa menjadi salah satu alternatif lomba terbaru di tanggal 17 Agustus nanti. 

Mungkin Mama bertanya-tanya alasan lomba ini disebut menyonyo. Hal ini dikarenakan setiap peserta akan membuat sebuah ekspresi hingga melingkarkan mulutnya dan memencongkan bibir seperti terlihat sebagai bentuk huruf O. 

Secara tidak langsung, lomba 17 Agutusan yang bisa dilakukan ini membuat seluruh peserta melakukan senam wajah. Jika Mama menyaksikan anak-anak ikut perlombaan ini, siap-siap untuk tertawa lepas karena kegemasan tingkah mereka.

4. Lomba tiup balon slime menjadi keseruan tersendiri untuk anak-anak

4. Lomba tiup balon slime menjadi keseruan tersendiri anak-anak
Pinterest.com/atsimbom allo

Slime yang memiliki tekstur kenyal mirip lendir ini tentu sudah tidak asing lagi sebagai permainan anak-anak. Jika biasanya slime dimainkan dengan ditarik, dibanting, atau dibiarkan meluncur pada bagian sela-sela jari. Kini pada perayaan 17 Agustus, anak-anak bisa berlomba meniup slime hingga berbentuk sebuah balon. 

Perlombaan ini cukup mudah karena peserta hanya akan meniup menggunakan sedotan pada masing-masing slime yang telah disediakan. Peserta dengan bentuk ukuran balon yang besar, maka bisa terpilih menjadi pemenangnya.

Mainan kekinian anak-anak ini bisa dijadikan salah satu alternatif lomba 17 agustusan yang unik dan lucu untuk anak

5. Lomba joget balon menguji kekompakan anak-anak 

5. Lomba joget balon menguji kekompakan anak-anak 
perlombaan17an.blogspot.com

Kekompakan selama lomba HUT RI tentu sudah menjadi ciri khas tersendiri. Hampir di setiap tahunnya ada saja perlombaan yang ingin kembali mengeratkan masyarakat semakin kompak dengan sebuah perlombaan.

Salah satu lomba yang bisa membuat anak-anak kompak dengan tetangga sebelah atau lingkungan rumahnya yaitu dengan lomba joget balon. Dalam lomba ini akan ada 5 pasang atau lebih dengan peserta berpasang-pasangan untuk saling mengapit sebuah balon sekaligus berjoget dengan lantunan musik. 

Peserta pun akan berjoget ria dengan larangan memegang balon saat musik telah dinyalakan. Peserta dinyatakan menang bila balon yang diapit tidak disentuh tangan atau jatuh dalam waktu yang telah ditentukan oleh panitia. 

Perlu diingat bahwa peserta lomba bisa saja didiskualifikasi karena hanya mengapit balon tanpa berjoget dan berusaha menyentuh balon selama permainan berlangsung.

Nah, itu dia beberapa lomba 17 Agustus-an lucu dan tentunya ini akan menjadi momen seru untuk anak-anak. Anak mama sudah ada persiapan untuk mengikuti lomba tahun ini belum nih?

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk