TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Beritahu Anak, Ini Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan Kucing

Kucing merupakan hewan mamalia yang berkembang biak dengan cara melahirkan

19 Agustus 2022

Beritahu Anak, Ini Faktor Memengaruhi Pertumbuhan Kucing
Unsplash/Sereja Ris

Apakah Mama memelihara kucing di rumah? Jika iya, pernahkah Mama dan si Kecil memerhatikan pertumbuhan hewan yang menggemaskan satu ini?

Sama seperti manusia, kucing juga mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan, Ma. Namun, pertumbuhannya tentu berbeda dengan hewan lainnya, bahkan sesama kucing itu sendiri.

Pertumbuhan kucing bisa terbilang cepat. Hal tersebut tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis kelamin, urutan kelahiran, kesehatan induk, lingkungan, hingga genetik.

Dilansir dari Reseach Gate, salah satu faktor yang memengaruhi pertumbuhan kucing adalah lingkungan. Kucing akan cepat tumbuh apabila hewan berbulu tersebut bahagia dengan lingkungannya.

Jika kucing tidak bahagia atau seringkali dihinggapi stres, hal tersebut dapat memengaruhi perilaku dan kesehatannya yang membuat pertumbuhannya melambat.

Nah untuk itu, Popmama.com telah merangkumkan mengenai faktor yang memengaruhi pertumbuhankucing. Yuk, dibaca hingga akhir agar Mama bisa lebih memerhatikan pertumbuhan kucing!

1. Siklus pertumbuhan kucing

1. Siklus pertumbuhan kucing
Freepik/freepic.diller

Seekor kucing dewasa rata-rata memiliki berat 4,5 kilogram, sedangkan beberapa anak kucing biasanya memiliki berat 2-3 kilogram. Meski demikian, ada pula kucing yang memiliki berat 11 kilogram dengan kondisi kesehatan yang sama. 

Secara umum, siklus pertumbuhan kucing terbagi menjadi lima, yaitu sebagai berikut.

1.0-6bulan

Pada usia 0 hingga 6 bulan, kucing berada dalam fase anak kucing. Tahap ini merupakan tahap paling awal. Tidak heran jika kucing akan terlihat lucu bagi pemilik. 

Di tahap ini, kucing mengalami pertumbuhan dan perkembangan paling banyak dalam waktu yang relatif singkat.

2.6-2tahun

Tahap ini dikenal sebagai tahap junior, di mana kucing belum mencapai kedewasaan penuh dan terus tumbuh.

Fase ini akan sangat membantu kucing merasa percaya diri apabila sering menghabiskan waktu untuk bermain dengan pemiliknya.

3.3-6tahun

Ini adalah fase dewasa utama. Di tahap ini kucing dalam kondisi paling sehat dan aktif.

4. 7-10tahun

Pada usia 7-10 tahun, kucing sudah sangat dewasa dan tidak memiliki sikap yang tidak terlalu aktif. Di fase ini kucing akan menambah berat badan dan menimbulkan beberapa masalah kesehatan, misalnya diabetes atau penyakit ginjal.

5.11-14tahun

Kucing yang sudah menginjak 11-14 tahun artinya berada dalam fase senior. Kucing akan menghabiskan waktunya untuk tidur, bahkan tidak ada waktu sama sekali untuk bermain dan olahraga. 

Pada fase ini, kesehatan kucing pun akan mulai memburuk.

2. Faktor yang memengaruhi pertumbuhan kucing

2. Faktor memengaruhi pertumbuhan kucing
Freepik/freepik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pertumbuhan kucing dipengaruhi olah berbagi faktor. Ras, jenis kelamin, dan faktor lainnya dapat ikut serta dalam menentukan pertumbuhan kucing.

Berikut beberapa faktor yang memengaruhu pertumbuhan kucing yang telah Popmama.com rangkum.

1.Jeniskelamin

Kucing jantan biasanya tumbuh lebih lambat dan lebih besar dibandingkan kucing betina. Seekor kucing jantan dapat tumbuh hingga 1 kilogram lebih besar dari betina, Ma.

2.Steril

Sebenarnya, mensterilkan atau memandulkan kucing tidak mempengaruhi seberapa besar kucing. Hanya saja, hal tersebut dapat mengubah tingkat metabolisme kucing dan menambah berat badannya. Dengan begitu, kucing akan lebih suka tidur daripada bermain.

3.Urutankelahiran

Urutan kelahiran akan mempengaruhi pertumbuhan kucing karena semakin jauh di bawah garis keturunan, ukuran kucing akan semakin kecil. Apalagi, jika induk kucing memiliki tubuh yang kecil dan melahirkan banyak anak kucing.

4.Jumlahsaudarakandungkucing

Selain urutan kelahiran, jumlah saudara kandung juga akan memberikan dampak pada ukuran tubuh kucing.

Terlalu banyak anak kucing dapat meregangkan jumlah susu yang tersedia dari induk kucing, sehingga akan menyebabkan gizi buruk.Hal tersebut bisa membuat pertumbuhan kucing menjadi lebih lambat dan berukuran lebih kecil.

5.Kesehatanindukkucing

Kesehatan orangtua juga penting karena sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan anak-anaknya.

Jika anak kucing berasal dari induk yang sangat disayangi dan dimanja, kemungkinan memiliki ukuran pertumbuhan yang ideal berdasarkan genetika. Jika induk tidak sejahtera, anaknya pun bisa lebih kecil.

6.Polamakan

Tidak hanya manusia, anak kucing juga harus mendapatkan pola makan yang seimbang dan bergizi, khususnya pada tahun pertama kehidupannya.

Mungkin, beberapa anak kucing membutuhkan makanan khusus lebih lama. Namun, kebanyakan kucing dengan berat rata-rata 4,5 kilogram dapat beralih ke makanan dewasa sekitar usia 10-12 bulan.

Pola makan kucing yang tepat akan menghasilkan pertumbuhan yang tepat pula.

7.Genetik

Faktor yang memengaruhi pertumbuhan kucing selanjutnya adalah faktor genetik. Faktor ini bisa terjadi sejak kucing lahir dengan berbagai jenis masalah, misalnya ukuran yang lebih kecil dari seharusnya dan lain sebagainya.

Umumnya, terdapat beberapa faktor genetik yang menjadi tanda kalau kucing akan berukuran kecil saat dewasa, yakni dwarfisme dan kelainan bentuk tulang. Kelainan tersebut dapat ditemukan oleh dokter hewan denga pemeriksaan rutin.

3. Kapan pertumbuhan kucing berhenti?

3. Kapan pertumbuhan kucing berhenti
Freepik/freepik

Pertumbuhan kucing akan melambat setelah berusia 12 bulan. Usia kucing tersebut setara dengan manusia berusia 15 tahun.

Kucing dianggap dewasa pada usia 18 bulan, yang setara dengan orang berusia 21 tahun. 

Meski demikian, tidak semua kucing berhenti tumbuh pada usia ini. Jika pertumbuhan kucing masih berjalan, kecepatannya akan jauh lebih lambat. Bahkan, ada beberapa kucing yang membutuhkan waktu hingga 2 tahun untuk tumbuh sepenuhnya dan beberapa kucing besar hanya berhenti tumbuh antara 4 dan 5 tahun. 

Nah, itu dia penjelasan mengenai faktor yang memengaruhi pertumbuhan kucing. Yuk, berikan si kucing makanan bergizi dan simbang guna mencapai kesejahteraan penuh. Jangan lupa untuk mengajak hewan peliharaan ini bermain dan berikan kasih sayang juga.

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk