Cara Pengobatan Alami Atasi Cacingan pada Anak

Anak mengalami cacingan? coba atasi dengan cara ini yuk, Ma.

12 April 2020

Cara Pengobatan Alami Atasi Cacingan Anak
Freepik/Joaquincorbalan

Anak-anak menjadi rentan terhadap penyakit cacingan karena sering mengabaikan kebersihan dan belum mengerti tentang kebersihan.

Penyakit cacingan pada si Kecil tidak boleh disepelekan karena bisa menghambat pertumbuhan serta perkembangan si Kecil.

Terhambatnya tumbuh kembang si Kecil akibat cacingan disebabkan cacing dalam tubuhnya dapat menyerap sari-sari makanan.

Cacing mudah masuk ke dalam tubuh melalui saluran pencernaan, kulit, dan paru-paru.

Mengatasi penyakit cacingan pada si Kecil bisa dilakukan dengan pengobatan yang alami, kali ini Popmama.com telah merangkum informasi cara mengatasi cacingan pada si Kecil melalui pengobatan yang alami dibaca yuk!

1. Menggerus bawang putih untuk dijadikan salep

1. Menggerus bawang putih dijadikan salep
Freepik/Lifeforstock

Anak yang menderita cacingan biasanya akan mengalami gejala-gejala seperti gatal pada bagian anus, sulit tidur, nyeri perut, dan mual. Salah satu obat alami yang bisa digunakan untuk mengatasi cacingan pada anak yaitu bawang putih.

Makan bawang putih atau mengolahnya menjadi salep bisa berfungsi untuk mengobati cacingan pada si Kecil. Bawang putih mampu membunuh telur cacing dan mencegah cacing melakukan reproduksi.

Sehingga cacingan yang dialami si Kecil akan segera sembuh dan membuat dirinya menjadi nyaman kembali dalam melakukan aktivitas.

Jika si Kecil tidak mau untuk makan bawang putih secara langsung karena rasanya tidak nikmat, Mama bisa menggerus bawang putih secara halus hingga menjadi salep.

Setelah itu tambahkan minyak esensial ke dalam bawang putih yang sudah digerus dan celupkan kapas bersih ke dalam campuran bahan tersebut. Kapas yang sudah dicelupkan bisa langsung Mama tempel ke bagian anus si Kecil.

2. Makan wortel kaya akan serat melancarkan pencernaan

2. Makan wortel kaya akan serat melancarkan pencernaan
Freepik/Dariadubrovskaya

Wortel adalah sumber vitamin A yang baik bagi tubuh, selain itu di dalam wortel juga mengandung serat. Serat baik untuk dikonsumsi karena membuat sistem pencernaan menjadi lancar.

Selain bawang konsumsi wortel juga bisa membantu cacing keluar dari dalam tubuh, dengan makan wortel yang banyak serat tentu akan memperbaiki pencernaan dan meningkatkan pergerakan pada usus si Kecil.

Dengan begitu cacing yang ada dalam tubuh si Kecil akan terdorong keluar melalui ekskresi ginjal, ginjal berfungsi untuk menyaring kotoran dan membuangnya dalam bentuk urin.

3. Minyak kelapa bisa mengusir penyakit cacingan

3. Minyak kelapa bisa mengusir penyakit cacingan
Pixabay

Pada minyak kelapa terdapat kandungan anti bakteri dan anti virus, kedua senyawa tersebut mampu membasmi infeksi yang disebabkan oleh cacing kremi.

Cara menggunakan minyak kelapa sebagai pengobatan alami untuk menyembuhkan cacingan pada si Kecil. Bisa dilakukan dengan cara Mama  memberi satu sendok teh minyak kelapa murni setiap pagi kepada si Kecil.

Mengobati cacingan dengan minyak kelapa bisa dimaksimalkan dengan cara Mama harus mengolesi sedikit minyak kelapa pada bagian anus si Kecil.

Gejala gatal-gatal yang dirasakan pada si Kecil akan segera sembuh bila Mama secara teratur mengolesi minyak kelapa.

Editors' Picks

4. Kandungan cucurbitacin pada biji labu berguna sebagai anti parasit

4. Kandungan cucurbitacin biji labu berguna sebagai anti parasit
Freepik/Lifeforstock

Biji labu memiliki banyak manfaat, salah satunya bisa untuk mengobati cacingan. Biji labu memiliki senyawa cucurbitacin yang berguna sebagai anti parasit.

Mama bisa melumatkan biji labu dengan air yang mendidih, setelah itu tunggu suhu air menurun. Kemudian Mama bisa memberi air biji labu tersebut kepada si Kecil untuk diminum, biji labu yang dikonsumsi berguna untuk memperkuat dinding usus.

Sehingga bisa menyingkirkan cacing yang ada di dalam tubuh, dengan begitu si Kecil akan segera membaik.

5. Olahan biji pepaya mengandung zat caricin

5. Olahan biji pepaya mengandung zat caricin
Freepik

Mengolah biji pepaya dengan cara ditumbuk bisa menghasilkan bubuk yang berguna sebagai bahan penyembuhan yang alami. Biji pepaya memiliki zat caricin yang efektif untuk mengobati dan menghilangkan cacingan.

Mama harus mendapatkan biji pepaya setelah itu tumbuk biji tersebut sampai benar-benar halus. Kemudian Mama bisa menggunakan bubuk biji pepaya itu untuk dikonsumsi si Kecil secara langsung.

Bubuk itu juga bisa dicampurkan ke dalam sup makanan atau jus, supaya tidak terlalu pahit saat si Kecil mengonsumsinya.

Wah, selain buahnya enak biji pepaya juga kaya akan manfaat ya bisa menjadi obat alami untuk mengusir cacing di dalam tubuh si Kecil.

6. Minum teh menggunakan bahan cengkeh

6. Minum teh menggunakan bahan cengkeh
Freepik

Bumbu dapur cengkeh bermanfaat untuk mengusir semua telur cacing, meskipun pengobatan cacingan menggunakan cengkeh banyak dilakukan oleh orang dewasa.

Namun, si Kecil juga boleh untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang terbatas. Mama bisa membuah teh dengan bahan dasar cengkeh, caranya Mama harus menyiapkan biji cengkeh lalu campurkan dengan air panas.

Setelah itu aduk dan saring teh tersebut, tunggu sampai suhunya tidak terlalu panas bila perlu tambahkan madu supaya rasa pahitnya tidak terlalu terasa. Sajikan teh tersebut untuk diminum si Kecil ya, Ma.

7. Buah mangga segar ternyata kulitnya bisa menyembuhkan cacingan

7. Buah mangga segar ternyata kulit bisa menyembuhkan cacingan
Pixabay/Josch13

Mangga merupakan buah yang segar, rasanya nikmat sekali apabila mengonsumsi mangga yang manis ya, Ma. Jika saat mengonsumsi buah mangga Mama suka mengupas kulitnya lalu dibuang.

Kini bila si Kecil mengalami cacingan, Mama sebaiknya tidak langsung membuang kulit buah mangga, pada kulit mangga terdapat kandungan AHA yang bersifat antelmintik.

Kandungan tersebut berguna untuk membunuh kuman yang ada di dalam tubuh, sehingga bisa menyembungkan penyakit cacingan pada si Kecil karena kulit mangga bisa membunuh cacing yang ada di dalam tubuh.

Menggunakan kulit mangga sebagai bahan alami untuk mengobati cacingan pada si Kecil, rebuslah kulit mangga yang sudah dibersihkan selama 15 menit.

Kemudian minumlah air rebusan kulit mangga dengan rutin setiap hari sampai cacing keluar dari tubuh si Kecil.

Itulah bahan-bahan alami yang bisa dijadikan alternatif sebagai obat untuk menyembuhkan cacingan pada si Kecil, selain bahannya alami tentu sangat aman untuk dikonsumsi oleh si Kecil.

Si Kecil juga akan cepat sembuh dari cacingan, semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.