Si Kecil Rewel karena Sering Sariawan, Atasi dengan 7 Cara Ampuh Ini

Ada banyak cara sederhana yang ampuh menghilangkan sariawan si Kecil lho

5 Oktober 2020

Si Kecil Rewel karena Sering Sariawan, Atasi 7 Cara Ampuh Ini
Popmama.com/Novy Agrina

Ketika anak mama mengalami sariawan, umumnya ia akan menjadi lebih rewel dan malas bicara. Bahkan pada beberapa anak, sariawan dapat menyebabkan nafsu makan mereka hilang akibat mulutnya terasa sakit.

Tidak jarang itu membuat mereka mengalami penurunan berat badan. Aduh, ini pastinya akan membuat Mama khawatir.

Ada berbagai macam faktor penyebab sariawan, seperti daya tahan tubuh lemah, kurang nutrisi, ataupun luka gigitan di bibir, mulut, dan lidah. Penyebab lainnya ialah, jamur Candida albicans yang terdapat dalam pencernaan. Jamur ini dapat merangsang sariawan bila tumbuh menyebar ke bagian tubuh lain dalam jumlah yang banyak. 

Pada dasarnya sariawan dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu. Meski begitu tidak ada salahnya jika Mama mencoba mengobati sariawan yang terjadi pada si Kecil.

Mama dapat mencoba 7 cara ampuh mengobati sariawan pada anak yang telah Popmama.comdi bawah ini.

1. Minum banyak air putih

1. Minum banyak air putih
Pixabay/Baudolino

Asupan air putih dalam tubuh sangatlah penting. Kurangnya air putih dalam tubuh dapat membuat kulit menjadi kering, termasuk menyebabkan terjadinya sariawan. 

Meski begitu, minum banyak air putih dapat membantu mengatasi sariawan yang terjadi pada si Kecil. Air sendiri dikenal mampu menjaga kesehatan tubuh dan melancarkan peredaran darah.

Dengan minum banyak air putih dapat membantu si Kecil mengatasi sariawan, termasuk juga menjaga mulutnya tetap dalam keadaan lembab dan tidak perih. 

2. Gunakan larutan air garam

2. Gunakan larutan air garam
indigohealthclinic.com

Garam dikenal sebagai memiliki khasiat bagi kesehatan. Kandungan antiseptik yang terdapat dalam larutan air garam dapat membersihkan dan menenangkan bagian mulut yang terluka. Termasuk menyembuhkan sariawan.

Larutkanlah setengah sendok teh garam ke gelas berisi air hangat, lalu minta si Kecil berkumur selama 15 - 30 detik setiap harinya. Cara ini dapat Mama lakukan untuk mengobati sariawan si Kecil.

Setelah selesai berkumur, biarkan si Kecil minum air putih cukup banyak. Hal ini perlu dilakukan guna menetralisir rasa asin yang dihasilkan dari air garam. 

Editors' Picks

3. Yoghurt

3. Yoghurt
Freepik

Yoghurt memang dikenal sebagai minuman lezat kesukaan anak-anak. Ternyata tidak hanya enak, yoghurt juga mengandung banyak manfaat. Salah satunya dapat membantu mengatasi sariawan si Kecil.

Yogurt dikenal memiliki probiotik alami lactobacillus yang berfungsi mencegah pertumbuhan jamur. Bakteri dalam yoghurt ini mampu menyebar ke dalam tubuh melalui usus dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. 

Untuk mengobati sariawan, Mama sebaiknya memilih yoghurt yang tidak mengandung pemanis, karena dapat menghilangkan khasiatnya melawan jamur. Menurut Carrie Brown, dokter anak di Rumah Sakit Anak Arkansas, probiotik dalam yogurt mampu mengembalikan keseimbangan bakteri baik di mulut. 

4. Mengonsumsi kunyit

4. Mengonsumsi kunyit
Pixabay/stevepb

Selain garam, kunyit juga merupakan salah satu bahan makanan yang berkhasiat bagi kesehatan. Senyawa aktif curcumin pada kunyit mengandung zat antiinflamasi, anti baketri, juga antiseptik. Zat ini mampu mengobati peradangan juga mengobati sariawan.

Cara pengolahan kunyit menjadi obat sariawan si Kecil tergolong mudah. Mama dapat menghaluskan kunyit, lalu mengaduknya dengan sedikit air hangat, dan oleskan pada bagian yang sakit. Anak mama juga bisa mengonsumsi air perasan kunyit yang dicampur dengan madu lho. 

Mengonsumsi kunyit dapat membantu mengatasi sariawan dan penyakit lainnnya.

5. Kompres dengan es batu

5. Kompres es batu
Pixabay/Hans

Ketika mengalami sariawan, anak mama akan merasa perih dan tidak nyaman di mulut. Salah satu cara menghilangkan itu ialah dengan memberikan sesuatu yang bersifat dingin. 

Kompres es batu ternyata mampu mengurangi peradangan pada luka sariawan. Suhu dingin yang dihasilkan juga dapat menghilangkan rasa nyeri dan pembengkakan yang terjadi.

Caranya, Mama cukup membungkus beberapa bongkah es batu dengan kain bersih dan lembut. Kemudian tempelkan pada sariawan. Perlu diingat, sebaiknya Mama tidak menekan kompres terlalu keras pada sariawan. 

6. Kompres dengan kantong teh bekas

6. Kompres kantong teh bekas
https://www.theguardian.com

Sebagai salah satu minuman kesehatan, teh memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Namun ternyata tidak hanya teh yang bermanfaat, kantong sisa teh celup pun ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sariawan.

Kantong teh pada dasarnya memiliki sifat basa. Ini berati ia dapat menetralkan mulut yang asam ketika anak mama mengalami sariawan. Cukup tempelkan kantong teh celup bekas atau daun sisa seduhan teh selama lima menit pada luka sariawan pada mulut si Kecil.

Kantong teh celup yang Mama gunakan sebaiknya masih basah. Ada baiknya Mama juga menggunakan kantong teh celup hitam dan teh celup chamomile karena lebih berkhasiat. 

7. Mengonsumsi buah-buahan yang tinggi vitamin C

7. Mengonsumsi buah-buahan tinggi vitamin C
Freepik/Racool_studio

Mama pastinya tahu kalau vitamin C dikenal mampu mengobati sariawan. Vitamin C diperlukan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga membantu melindungi tubuh dan melawan berbagai macam infeksi.

Vitamin C yang asli dapat kamu temukan pada buah-buahan. Ada banyak sekali buah yang kaya akan kandungan vitamin C di dalamnya, sebut saja apel, jeruk, kiwi, stroberi, dan pepaya. Mereka terbukti dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. 

Itu dia 7 cara ampuh mengatasi sariawan pada si Kecil. Ketika sariawan si Kecil dapat diatasi dengan baik, si Kecil tidak akan rewel lagi, dan Mama pun dapat melepas rasa risau dan binggung. 

Semoga cara-cara di atas bermanfaat bagi si Kecil dan Mama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.