Anak Mama Suka Makanan Manis? Berikut 5 Cara Mengatasi Kecanduannya

Bagaimana ya cara mengurangi konsumsi makanan manis? Cari tahu yuk Ma!

18 Mei 2020

Anak Mama Suka Makanan Manis Berikut 5 Cara Mengatasi Kecanduannya
Unsplash/Sophie Elvis

Makanan manis sangat identik dengan si Kecil bukan? Makanan yang satu ini dengan mudahnya dapat dianggap sebagai makanan favoritnya. 

Makanan manis memang bermanfaat dalam masa pertumbuhan sebagai sumber energi anak yang aktif dan banyak bergerak. 

Selain itu, gula merupakan salah satu sumber energi yang dapat mendukung kerja pembakaran dalam tubuhnya. Namun jika ia mengonsumsinya secara berlebihan, akan berbeda dampaknya.

Mama perlu membatasi makanan manis yang si Kecil makan dalam batas wajarnya. Jangan biarkan itu menjadi kebiasaan yang sulit dilepaskan atau kecanduan. 

Sedari dini Mama dapat dapat mencoba membatasi kelebihan gula dalam tubuhnya.

Jika Mama binggung dan tidak tahu harus bagaimana, Mama dapat melihat dan menemukan cara-cara mengatasi kecanduan anak mama dari makanan manis di Popmama.com.

1. Berikan anak mama makanan sehat

1. Berikan anak mama makanan sehat
Pixabay/RitaE

Jika diberi pilihan antara makanan sehat dan makanan manis, si Kecil pastinya lebih memilih makanan manis. Itulah yang menjadi penyebab mengapa ia sangat sulit lepas dari makanan manis. Karena ternyata makanan sehat dapat membantu anak mama mengatasi keinginannya mengonsumsi makanan manis. 

Saat anak tiba-tiba merasa ingin makan sesuatu yang manis, cara terbaik mengatasinya ialah dengan memberinya makanan sehat seperti; makanan kaya protein, seperti daging, ikan, dan telur. Ini juga sangat membantu untuk mengatasi rasa laparnya.

Meskipun makanan-makanan berikut rasanya kurang memenuhi rasa penasaran mulut si Kecil ketika ingin makan makanan manis. Namun cara yang satu ini dapat mengurangi keinginan mengonsumsi makanan manis dengan membuat tubuhnya merasa kenyang.

Editors' Picks

2. Sebaiknya tidak membiarkan si kecil melewati waktu makan

2. Sebaik tidak membiarkan si kecil melewati waktu makan
Pexels/Buenosia Carol

Tahukah kamu ketika anak melewatkan waktu makan, itu akan meningkatkan keinginan mengonsumsi makanan manisnya. Baik itu sarapan, makan siang, maupun juga makan malam. 

Menurut laman The Healthy, melewatkan makan akan membuat kadar gula dalam tubuh anak menurun. Sehingga menimbulkan keinginan si Kecil untuk menginsumsi makanan manis atau tinggi gula meningkat. Untuk itu, sebaiknya Mama selalu memastikan si Kecil agar makan tepat waktu setiap harinya. 

3. Sedikit demi sedikit, kurangi asupan gula si kecil

3. Sedikit demi sedikit, kurangi asupan gula si kecil
Freepik/jcomp

Salah satu cara untuk mengatasi kecanduan si Kecil terhadap makanan manis yaitudengan mengurangi asupan gulanya. Mama bisa mengatasi kecanduan makan manisnya dengan sedikit-sedikit mengurangi konsumsi gula si Kecil. 

Mama bisa mulai membatasi si Kecil dari makanan-makanan manis, apalagi yang mengandung pemanis buatan. Diantaranya seperti; kue, bolu, teh, jus, camilan, atau makanan dan minuman manis yang lainnya. Jika si kecil menyukai minuman kemasan, cobalah kurangi konsumsi minuman tersebut atau Mama dapat menggantinya dengan varian lain yang lebih rendah gula.

Sebagai permulaan, Mama dapat mengurangi asupan gula si Kecil sampai seperempatnya. Coba terus kurangi konsumsi gulanya hingga seminimal mungkin. Perlahan-lahan, cara yang satu ini dapat membuat si Kecil mengurangi hingga terbebas dari makanan yang manis 

4. Sebaiknya tidak melarang anak, tetapi mengontrolnya

4. Sebaik tidak melarang anak, tetapi mengontrolnya
Freepik

Sebagaimana yang dilansir dari independent.co.uk menyatakan bahwa beberapa penelitian telah membuktikan kalau larangan yang Mama berikan pada si Kecil akan membuatnya semakin tergoda dan penasaran untuk melanggar. Untuk itu, beberapa orang mencoba melarang anak mengonsumsi makanan sehat agar berdampak sebaliknya. 

Daripada memberi anak larangan, cobalah mengontrolnya. Batasi konsumsi makanan manisnya seperti hanya dua buah biskuit setiap hari, itu tidak menjadi masalah. Cobalah juga untuk menghindarkan resiko dengan tidak menyimpan makanan ringan bergula di rumah, dan tidak menawarkannya pada si Kecil kalau ada. 

5. Perbaiki pola makan anak

5. Perbaiki pola makan anak
medleytaos.com

Pola makan si Kecil ternyata dapat menumbuhkan keinginannya untuk makan makanan yang manis. Jika si Kecil kebiasaan mengonsumsi makanan manis, jika dibiarkan hal tersebut akan menjadi rutinitasnya.

Ada baiknya Mama selalu membiasakan si kecil memiliki pola makan yang baik dengan mengonsumsi makanan sehat, atau makanan yang dapat meredam keinginan anak untuk makan makanan manis. Ini dapat membantu anak mama mengatasi kecanduannya terhadap makanan manis. 

Berdasarkan sumber dari Healthline, terdapat beberapa makanan yang dapat mengurangi keinginan si Kecil untuk mengonsumsi makanan manis. Makanan-makanan seperti; buah-buahan, kentang, daging, dark chocolate, permen karet bebas gula, ikan, telur, juga makanan fermentasi.

Itulah beberapa cara yang dapat Mama lakukan untuk membatasi si Kecil dari makanan yang manis. Perhatikan pola makan si Kecil dan jauhkan ia dari makanan-makanan yang tidak menyehatkan. Selamat mencoba ya Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.