Apa Penyebab Gigi Anak Keropos di Usia 1 Tahun? Temukan Jawabannya Ma

Secara tidak langsung gangguan pada kesehatan gigi anak bisa memengaruhi tumbuh kembang anak lho, Ma

16 Desember 2020

Apa Penyebab Gigi Anak Keropos Usia 1 Tahun Temukan Jawaban Ma
healthline.com

Penyakit pada gigi sering sekali terjadi dan dapat menyerang siapapun tanpa memandang usia. Salah satu gangguan gigi yang umum terjadi pada anak ialah gigi keropos. 

Gigi keropos yang terjadi pada anak-anak akan sangat menganggunya. Anak akan merasa sakit dan nyeri ketika mengalami kerusakan pada giginya. Ini seringkali membuat mereka tidak mau makan bahkan rewel.

Secara tidak langsung gangguan pada kesehatan gigi anak bisa memengaruhi tumbuh kembang anak lho, Ma. 

Diketahui secara umum, kondisi gigi keropos pada anak-anak diakibatkan oleh karies gigi (bercak putih atau cokelat pada gigi). Sebenarnya masih ada beberapa kondisi atau kebiasaan sederhana yang juga dapat memicu terjadinya gigi keropos.

Sebagai upaya mencegah terjadinya gigi keropos pada si Kecil, ada baiknya Mama mengetahui penyebab gangguan tersebut.

Berikut ini Popmama.com sudah menyiapkan informasi mengenai beberapa penyebab gigi keropos pada anak 1 tahun.  

Jangan lupa Ma, simak dan mencatat informasinya dengan baik.

1. Mengonsumsi makanan yang mengandung gula

1. Mengonsumsi makanan mengandung gula
Pixabay/u_96tmu9c4

Makanan manis merupakan makanan kesukaan si Kecil. Meski begitu, ada baiknya Mama mulai membatasi konsumsi makanan ini karena dapat menyebabkan keropos pada gigi mereka. 

Sejumlah makanan yang mengandung karbohidrat seperti gula dapat menempel di mulut dan menjadi sarang bakteri. Makanan seperti permen, kue, jus kemasan, cereal, dan roti memiliki kandungan gula yang tinggi. 

Melansi dari urmc.rochester.edu, gabungan dari bakteri, makanan, dan air ludah dapat membentuk plak yang menyebabkan gigi keropos. Jika si Kecil sering makan makanan manis, risiko terkena keropos gigi pun semakin tinggi. 

2. Tidak rajin menggosok gigi

2. Tidak rajin menggosok gigi
kidsdentistree.com

Kebiasaan menggosok gigi dua kali sehari sangatlah penting. Menggosok gigi merupakan cara paling sederhana menghindari berbagai penyakit dan gangguan pada gigi yang mungkin terjadi. 

Anak-anak yang tidak terbiasa menyikat gigi sebelum tidur dapat meningkatkan risiko terkena karies gigi. Sebab ketika beristirahat produksi air liur yang merupakan pembersih alami tidak dapat berjalan dengan baik.

Akibatnya sisa-sisa makanan yang menempel akan tertinggal dan menjadi salah satu penyebab terjadinya keropos pada gigi anak-anak.

Editors' Picks

3. Mengonsumsi makanan asam secara berlebih

3. Mengonsumsi makanan asam secara berlebih
Shutterstock/AtlasStudio

Makanan asam, terutama buah-buahan seperti lemon, jeruk nipis, dan stroberi dikenal memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh. Meski begitu, kebanyakan mengonsumsinya juga dapat menimbulkan masalah seperti keropos pada gigi. 

Makanan asam atau yang mengandung vitamin C tinggi dapat melunakkan lapisan email gigi ketika berada terlalu lama di dalam mulut. Menyebabkan karies semakin mudah terjadi pada gigi anak-anak. 

Biarkan si Kecil tetap mengonsumsi makanan asam tersebut. Namun imbangi konsumsinya dengan meminum air putih dalam jumlah yang cukup. 

4. Kebiasaan si Kecil minum susu menggunakan botol sebelum tidur

4. Kebiasaan si Kecil minum susu menggunakan botol sebelum tidur
Freepik/Demkat

Sebelum tidur, apakah anak mama terbiasa meminum susu? Sebaiknya ini tidak dilakukan sebelum tidur, karena dapat berakibat buruk bagi gigi si Kecil. 

Pemberian susu ke dalam botol sebelum tidur atau dibiarkan menempel hingga tertidur tidaklah baik. Air susu yang mengandung gula akan menggenang di dalam mulut ketika anak tertidur. Lama kelamaan, sisa susu tersebut akan diolah oleh bakteri menjadi asam dan menyebabkan gigi keropos. 

Perlu diingat, mulai hentikan pemberian air susu sebelum si Kecil tidur ya Ma, apalagi jika menggunakan dot.

5. Plak dibiarkan menempel pada gigi

5. Plak dibiarkan menempel gigi
Unsplash/Arwan Sutanto

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, plak yang menempel merupakan salah satu penyebab terjadinya keropos pada gigi anak. Ada banyak hal yang dapat menimbulkan plak, seperti tidak rajin menggosok gigi ataupun banyak mengonsumsi makanan manis.

Ketika Mama menyadari ada plak pada gigi anak-anak, sebaiknya segera jaga kebersihan gigi, kurangin konsumsi makanan yang manis, dan konsultasilah ke dokter gigi. Jangan biarkan plak menempel pada gigi anak.

Plak sendiri mengandung bakteri hasil konsumsi gula yang menghasilkan asam yang dapat merusak email gigi. Lama-kelamaan plak dapat mengerosi gigi dan menyebabkan lubang kecil. Jika dibiarkan, bakteri tersebut akan merusak gigi semakin parah mengakibatkan terjadinya keropos pada gigi anak mama.

6. Akibat mengonsumsi obat tertentu

6. Akibat mengonsumsi obat tertentu
Unsplash/Volodymyr Hryshchenko

Tidak hanya akibat makanan dan kebiasaan yang merusak gigi. Faktanya, kerusakan pada gigi dapat diakibatkan oleh konsumsi obat-obatan jenis tertentu. 

Beberapa jenis obat-obatan jika dikonsumsi dapat menyebabkan keropos gigi. Kandungan kimia dalam beberapa obat tersebut dapat merusak gigi.

Seperti obat yang mengandung zat besi dapat menimbulkan noda pada gigi anak. Ada juga antibiotik tetrasiklin yang jika dikonsumsi selama proses kehamilan dan menyusui dapat menyebabkan gigi si Kecil berubah warna, bahkan keropos. 

Bagaimana Ma, kini kamu sudah mengetahui apa saja yang penyebab gigi keropos pada anak 1 tahun. Mulai sekarang hindarkan anak mama dari kebiasaan atau bahkan hal yang dapat menyebabkan si Kecil mengalami keropos. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.