Tips Aman Memandikan Anak Menggunakan Bubble Bath

Anak bertambah ceria, dan tetap terjaga.

11 Februari 2021

Tips Aman Memandikan Anak Menggunakan Bubble Bath
amazon.com

Selalu ada saja alasan si Kecil tidak mau mandi, dan ini akan merepotkanmu. Coba deh ajak mereka mandi penuh busa atau yang dikenal dengan sebutan bubble bath. Pasti anak-anak jadi betah berlama-lama di kamar mandi. 

Cara mandi bubble bath tentunya menyenangkan dan menarik perhatian si Kecil. Ini membuat anak-anak bertambah ceria, dan waktu mandinya pun menjadi momen yang tak terlupakan. 

Meski terlihat menarik, ada banyak hal terkait bubble bath yang perlu kamu perhatikan sebelumnya. Sebab jika tidak, cara mandi ini dapat berbalik menjadi berbahaya bagi si Kecil lho, Ma. 

Mama perlu memperhatikan mulai dari penggunaan produk bubble bath, sampai dengan lamanya anak mandi. Ada baiknya juga mandi bubble bath dilakukan bersama anak ketika usianya tiga tahun.

Namun, si Kecil tetap dapat melakukan mandi bubble bath dengan aman kok Ma. Asalkan kamu dan anakmu memperhatikan hal-hal dengan baik, tidak akan ada hal buruk yang terjadi. 

Bersama Popmama.com, kita cari tahu yuk tips aman memandikan anak menggunakan bubble bath.

1. Mandi bubble bath sebaiknya tidak terlalu lama

1. Mandi bubble bath sebaik tidak terlalu lama
momhaul.com

Mandi bubble bath bagi si Kecil akan menjadi sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan. Sampai-sampai seringkali membuat mereka tidak ingin waktu mandinya berakhir, mereka meminta kelonggaran waktu kepadamu.

Perlu Mama perhatikan, mandi bubble bath sebenarnya tidak boleh dilakukan terlalu lama. Meski pada dasarnya ini merupakan kegiatan yang baik, bubble bath terlalu lama dapat menimbulkan iritasi pada anak mama.

Berendam pada air bergelembung juga dapat membuat anak mengalami infeksi saluran kemih. Ini biasanya terlihat melalui gejala kemerahan dan terbakar. 

Mama dapat membatasi waktu mandi anak hanya selama 10-15 menit saja, sebagaimana yang dilansir dari puracy.com. 

2. Perhatikan temperatur air

2. Perhatikan temperatur air
norhioplumbing.com

Tidak hanya waktu si Kecil mandi yang perlu kamu perhatikan, terkadang masalah seputar temperatur air selama bubble bath juga perlu disesuaikan dengan baik. 

Kulit si Kecil sangatlah sensitif dan rentan terbakar, meski itu di temperatur yang rendah. Inilah mengapa Mama perlu memperhatikan temperatur air dengan cermat selama anakmu mandi.

Atur temperaturnya pada suhu yang tepat sekitar suhu tubuh manusia, yaitu 37-38 derajat Celcius. Mama juga dapat mencelupkan tangan terlebih dahulu untuk mengetahui apakah suhunya benar-benar pas.

Editors' Picks

3. Air sebaiknya tidak terlalu tinggi

3. Air sebaik tidak terlalu tinggi
Freepik/user18526052

Mandi dengan busa yang meluap dapat menambah keceriaan si Kecil berlipat-lipat. Namun hal ini sebaiknya tidaklah dilakukan selama mandi bubble bath. 

Gunakanlah air dengan kedalaman sekitar 5-7 cm. Lebih beberapa cm saja akan menjadi sangat berbahaya bagi si Kecil. Sebab anak-anak dapat tenggelam dalam kedalaman lebih dari 7 cm sampai 10 cm ketika wajah mereka terendam. 

4. Tetap temani anak selama mandi

4. Tetap temani anak selama mandi
romper.com

Selama anak mandi bubble bath, tetap temani dan perhatikan mereka dengan seksama. Sebaiknya Mama tidak meninggalkannya untuk mengambil barang tertentu ataupun mengangkat telepon. 

Meskipun anakmu berusia 3 tahun atau lebih, meninggalkannya selama mandi dapat menjadi sangat berbahaya. Hal-hal buruk dapat terjadi tanpa membutuhkan waktu yang lama. 

Untuk itu, sebelum mandi bubble bath selalu pastikan semua barang yang kamu butuhkan berada di dekatmu.

5. Memilih jenis sabun yang tidak berbahaya

5. Memilih jenis sabun tidak berbahaya
Freepik/Mariiaevg

Mandi bubble bath identik dengan penggunaan sabun yang menghasilkan banyak busa. Melirik lebih dalam, ternyata tidak semua jenis sabun aman bagi kulit si Kecil. Kandungan wewangian dan pewarna pada sabun dapat menyebabkan iritasi pada kulit anak mama. 

Mama sebaiknya memilih produk sabun yang aman bagi si Kecil. Sabun yang sesuai bagi anak-anak umumnya memiliki kandungan yang lembut, tidak mengandung alkohol dan deterjen, memiliki tingkat keasaman (pH) 5,5, juga tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya. 

Opsi sabun terbaik untuk mandi bubble bath ialah jenis sabun biasa yang mengandung minyak sayur juga gliserin. 

6. Membatasi mainan yang dapat si Kecil bawa

6. Membatasi mainan dapat si Kecil bawa
nicepik.com

Bagi si Kecil, membawa mainan ketika bubble bath dapat meningkatkan keseruan mandi mereka. Tapi sebelumnya, pastikan dahulu mereka membawa mainan yang tepat. 

Ketika mandi bubble bath, ada baiknya kamu memilihkan mainan yang dapat anak bawa. Hindari membawa mainan yang terlalu kecil karena dapat tertekan si Kecil.

Hindari juga mainan yang dapat menyerap air. Jenis mainan tersebut seringkali menjadi sarang bakteri ketika tidak kering dengan sempurna. 

Itulah tips memandikan anak menggunakan bubble bath. Perhatikan hal-hal tersebut dengan baik ya Ma agar keseruan mandi bubble bath si Kecil tidak terganggu, namun tetap aman. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.