IDAI: Orangtua Perhatikan 3 Hal Nutrisi si Kecil Selama Pandemi

Penuhi seluruh kebutuhan nutrisi anak dengan gizi yang seimbang, Ma

23 April 2020

IDAI Orangtua Perhatikan 3 Hal Nutrisi si Kecil Selama Pandemi
Pexels/Anna Shvets

Adanya pandemi mengharuskan setiap orang untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga dapat meminimalisir risiko terjangkit virus Covid-19. Terutama pada anak-anak yang mungkin masih belum mengerti. Maka, penting bagi Mama sebagai orangtua perlu memerhatikan asupan nutrisi buah hati. 

Dr. Titis Prawitasari, Sp.A(K) selaku Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik Anak dalam live akun Instagram @idai_ig (21/4/2020) menjelaskan bahwa, "Hal penting yang paling utama adalah jangan stres agar Mama bisa memberikan nutrisi yang terbaik untuk anak." 

Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Berikut Popmama.com jelaskan selengkapnya untuk Mama. 

Editors' Picks

1. Asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang

1. Asupan nutrisi lengkap seimbang
Pexels/Naomi Shi

Pemberian nutrisi selama masa pandemi ini sebenarnya tetap sama seperti biasa, Ma. Dengan memberikan asupan energi, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang cukup. 

"Semua unsur tadi harus ada dan seimbang sehingga kebutuhan anak terpenuhi," jelas Dr. Titis Prawitasari, Sp.A.(K) 

Asupan nutrisi seimbang adalah makanan atau minuman yang memiliki gizi beragam. Misalnya, pemberian buah jeruk atau jambu yang mengandung vitamin C dan pemberian daging sapi atau ikan yang mengandung protein. 

Mama juga perlu memberikan asupan vitamin D dengan cara mengajak buah hati berjemur di bawah sinar matahari langsung antara pukul 9.30-14.30 WIB.

Usahakan agar seluruh kebutuhan nutrisi buah hati terpenuhi setiap harinya agar proses pertumbuhannya berjalan dengan baik, Ma.  

2. Makanan yang berbeda agar tak bosan

2. Makanan berbeda agar tak bosan
Pexels/Andrea Piacquadio

Pada umumnya, anak dengan usia 1-3 tahun memang mengalami sulit makan, Ma. Jadi, Mama perlu menyiasatinya dengan memberikan menu makanan yang berbeda. Baik dalam segi penampilan atau rasa agar lebih menarik. 

"Berikan beragam buah dan sayur yang variatif agar anak tidak merasa bosan. Namun, jangan langsung memaksa anak makan apa yang Mama sajikan. Biarkan anak menentukan apa yang ia sukai," ujar Dr. Titis Prawitasari, Sp.A.(K).

Mama bisa mengenalkan beragam buah dan sayur atau olahan makanan lainnya satu persatu. Misalnya, Mama memberikan olahan sayur hijau dengan daging sapi pada si Kecil. Kemudian, ditambah dengan buah pepaya atau stroberi yang kaya vitamin C sebagai snack pendamping. 

3. Perhatikan penyimpanan dan penyajian

3. Perhatikan penyimpanan penyajian
Pexels/Burst

Tak hanya memerhatikan nilai gizi seimbang dan sajian yang menarik. Mama juga perlu cermat dalam menyimpan serta mengolah bahan makanan agar aman dikonsumsi. 

"Usahakan untuk mengolah bahan makanan hingga benar-benar matang agar terhindar dari bakteri atau virus berbahaya. Gunakan juga air yang matang untuk minum," jelas Dr. Titis Prawitasari, Sp.A.(K). 

Selain itu, Mama perlu memerhatikan penyimpanan bahan makanan. Pisahkan bahan makanan mentah dengan yang sudah matang.

Hal ini karena bahan makanan mentah, terutama daging sapi, daging unggas, pangan hasil laut dan cairan yang ditimbulkannya dapat mengandung mikroba patogen berbahaya yang dapat mencemari bahan makanan lainnya selama pengolahan dan penyimpanan.

Jangan lupa untuk sering mencuci tangan agar kebersihannya tetap terjaga. Jaga juga kebersihan seluruh permukaan yang kontak dengan makanan dan alat untuk pengolahannya agar tidak menjadi sumber penyakit. 

Itulah beberapa hal yang perlu Mama perhatikan dalam memberikan asupan nutrisi anak selama masa pandemi. Mama juga bisa meminta bantuan konsultasi dengan dokter anak dalam pemenuhan gizi si Kecil. Semoga bermanfaat ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.