5 Jenis Ikan Lokal Bergizi yang Bagus untuk Tumbuh Kembang Anak

Harganya cukup terjangkau dan mudah ditemukan, lho

10 Maret 2021

5 Jenis Ikan Lokal Bergizi Bagus Tumbuh Kembang Anak
Pexels/Polesie Toys

Ikan merupakan pilihan makanan yang baik untuk mendukung proses tumbuh kembang si Kecil. Hal ini karena ikan kaya akan kandungan protein serta vitamin yang bisa meningkatkan kesehatan dan kecerdasan otak. 

Ikan juga diperkaya dengan serat yang bagus untuk tubuh anak, terutama sistem pencernaannya. Mengonsumsi ikan dapat menjadi pilihan jika anak mama kurang menyukai sayuran. 

Mama dapat mengolah ikan menjadi aneka ragam hidangan yang menarik dan disukai buah hati. Mulai dari menggoreng, mengukus, hingga memanggangnya sesuai selera. 

Lebih lanjut, berikut Popmama.com rekomendasikan jenis ikan lokal untuk anak. Ikan ini bisa jadi pilihan nih, Ma karena gizinya yang baik untuk tumbuh kembang anak. Tentu saja, harganya terjangkau dan mudah untuk ditemukan di pasar, Ma!

1. Ikan lele

1. Ikan lele
www.jurnalagro.com

Ikan yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia ini memang kaya akan nutrisi. Ikan lele mengandung protein, lemak, kalsium, selenium, fosfor, natrium, kalium, serta beberapa vitamin, seperti vitamin A, vitamin B1, dan vitamin B12.

Ada banyak manfaat yang bisa anak dapatkan jika rutin mengonsumsi ikan lele. Misalnya, meningkatkan kecerdasan otak dan kemampuan daya ingat karena kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya.

Selain itu, ikan lele dapat memenuhi asupan protein harian si Kecil, meningkatkan produksi sel darah merah sehingga mencegah anemia, menjaga kesehatan tulang, gigi, dan jantung, Ma. 

Editors' Picks

2. Ikan gabus

2. Ikan gabus
www.kkp.go.id

Tahu kah Mama, bahwa ikan gabus merupakan salah satu makanan tinggi protein yang bagus untuk anak? Bahkan, kandungan protein di dalam ikan gabus lebih banyak dibanding telur dan daging ayam atau sapi. 

Kandungan protein dalam ikan gabus ini bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak sehingga mencegah gizi buruk. Ikan gabus dapat membantu pertumbuhan sel-sel tubuh, otot, gigi, hingga tulang anak.

Ikan yang ditemukan dalam air tawar ini juga bisa meredakan pembengkakkan akibat terjatuh atau terbentur. Kandungan protein albumin dalam gabus dapat mempertahankan volume darah agar tidak terjadi pembengkakan yang berlebih pada tubuh si Kecil.

Selain itu, ikan gabus dapat mencegah anak dari penyakit asma. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi ikan gabus secara rutin bisa menurunkan risiko terkena asma hingga 24 persen.

3. Ikan kembung

3. Ikan kembung
www.fitco.id

Ikan lokal lainnya yang dapat Mama pilih untuk dikonsumsi buah hati, yaitu ikan kembung. Ikan kembung kaya akan DHA, omega-3, vitamin B12, vitamin D, fosfor, iodine, dan selenium. 

Kandungan nutrisi pada ikan kembung dapat berperan dalam meningkatkan kecerdasan otak, mengatasi peradangan karena memiliki sifat anti-inflamasi, serta baik untuk kesehatan tulang dan gigi anak, Ma.

Selain itu, mengonsumsi ikan kembung dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, tubuh anak dapat terhindar dari serangan penyakit. 

4. Ikan gurami

4. Ikan gurami
www.tafshare.com

Ikan gurami dapat bermanfaat sebagai sumber energi yang baik untuk mendukung kegiatan belajar dan bermain anak-anak. Hal ini karena ikan gurami diperkaya dengan amino esensial yang berperan sebagai energi pengganti jika bagian tubuh lainnya mengalami kerusakan. 

Mengonsumsi ikan gurami juga dapat mengatasi peradangan, Ma. Ikan gurami mengandung protein yang digunakan tubuh sebagai unsur fibrinogen dan tromboplastin. Kedua unsur ini akan membantu proses pembekuan darah pada bagian tubuh yang terluka sehingga jaringan baru terbentuk lebih cepat. 

Tak hanya itu, ikan gurami dapat berperan dalam meningkatkan kesehatan mata, kulit, dan rambut. 

5. Ikan wader

5. Ikan wader
www.indonesia.go.id

Ikan wader merupakan sumber protein yang dapat membantu pertumbuhan otot dan meningkatkan imunitas pada anak. Ikan bertubuh kecil ini juga kaya akan fosfor sehingga baik bagi kesehatan tulang dan gigi. 

Selain itu, mengonsumsi ikan wader mengandung omega-3 yang berperan dalam perkembangan otak dan kecerdasan, mencegah penyakit kardiovaskular, serta menormalkan kandungan kolesterol pada tubuh. 

Itulah 5 jenis ikan lokal asli Indonesia untuk anak yang dapat Mama pilih untuk menu makanan sehari-hari. Semoga bisa menjadi referensi dalam memenuhi kebutuhan nutrisi anak mama, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.