TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Kegiatan Positif Anak untuk Dukung Eksplorasi

Bisa langsung orangtua coba bersama anak di rumah!

31 Januari 2021

5 Kegiatan Positif Anak Dukung Eksplorasi
Pixabay/qimono

Anak-anak akan menghabiskan masa kecilnya dengan aktif bermain. Tidak hanya menyenangkan, kegiatan bermain anak juga mendatangkan banyak manfaat. Hal ini karena bermain termasuk dalam salah satu cara agar anak bisa bereksplorasi. 

Orangtua pun berperan penting dalam mendampingi masa-masa eksplorasi anak ini. Tidak hanya sekadar menemani, tetapi sebaiknya mengarahkan anak pada kegiatan positif guna mendukung eksplorasinya. 

Tak perlu bingung, Mama dan Papa bisa lho mengajak anak melakukan eksplorasi melalui kegiatan yang sederhana.

Seperti beberapa ide kegiatan positif berikut ini dari Popmama.com yang dapat membantu anak untuk eksplorasi dunianya. 

1. Menyanyi, ajarkan nilai positif pada anak

1. Menyanyi, ajarkan nilai positif anak
Pixabay/khamkhor

Kegiatan sederhana, seperti menyanyi bersama anak bisa jadi pilihan orangtua dalam mendukung masa eksplorasinya. Menyanyi juga menjadi cara menyenangkan bagi anak-anak untuk belajar. 

Namun sebaiknya, Mama mengenalkan lagu-lagu yang sesuai dengan usia anak. Hal ini untuk menghindari paparan negatif dari lagu orang dewasa karena tidak sesuai dengan usia anak.

Banyak lagu orang dewasa yang bertema patah hati, kekerasan, atau lainnya yang kurang pantas bagi anak, Ma. Jadi, penting bagi orangtua untuk memilih lagu yang sesuai dengan usia anak. 

"Dengan memilih lagu yang sesuai dengan usia, anak akan mendapatkan banyak manfaat. Lagu yang tepat akan mendidik karakter anak karena adanya pesan moral atau nilai-nilai positif. Misalnya, mengajarkan anak cinta terhadap orangtua dan keluarga, menghargai orang lain, serta lingkungan sekitarnya. Selain itu, lagu-lagu yang diajarkan dapat menumbuhkan rasa cinta bahasa dalam diri anak," jelas Seto Mulyadi, Ketua Umum LPAI dalam acara peluncuran aplikasi Bintang Kecil, Sabtu (30/01/2021) melalui zoom meeting.

Editors' Picks

2. Menari, bisa melatih kemampuan fisik

2. Menari, bisa melatih kemampuan fisik
Pixabay/JillWellington

Selain berolahraga, menari mungkin dapat menjadi salah satu cara untuk melatih kemampuan fisik anak. Gerakan sederhana yang dialuni iringan musik pasti akan terasa seru. 

Dengan begitu, fisik anak mama akan tumbuh dan berkembang dengan optimal. Anak aktif akan memiliki kesehatan tulang dan otot-otot yang baik. Tubuh pun lebih sehat dan kuat. 

Tidak hanya itu, menari juga dapat meningkatkan mood anak, lho. Hal ini karena menari dapat megeluarkan hormon antidepresan secara alami dengan cara yang menyenangkan. 

3. Bercerita, bagus untuk kecerdasan

3. Bercerita, bagus kecerdasan
Pixabay/FrancineS0321

Dalam mendukung masa eksplorasinya, Mama mungkin bisa mengajak anak untuk bercerita. Misalnya, dengan mengajak anak berbicara tentang banyak hal sehingga kemampuan bahasa dan komunikasinya terasah.

Selain itu, Mama dapat memanfaatkan buku bacaan dengan beragam tema untuk diceritakan pada si Kecil. Anak pun akan mendapatkan banyak pengetahuan baru dari buku karena setiap cerita memiliki beragam nilai moral di dalamnya.

Mulai dari nilai kejujuran, keberanian, dan kehidupan positif lainnya. Bercerita juga dapat melatih anak tetap fokus dalam mendengarkan sesuatu sehingga bagus untuk menunjang kecerdasannya, Ma. 

4. Menggambar, sumber kreativitas si Kecil

4. Menggambar, sumber kreativitas si Kecil
Pixabay/Skitterphoto
Ilustrasi

Kegiatan positif lain yang dapat membantu proses eksplorasi anak, yaitu menggambar. Arahkan anak untuk meniru gambar-gambar yang telah Mama contohkan atau bisa juga membiarkan anak menggambar bebas. 

Hal tersebut bagus untuk mengasah kreativitas anak, Ma. Dengan menggambar, si Kecil dapat mengembangkan imajinasi dan ekspresinya. Adanya koordinasi antara tangan dan mata saat menggambar juga baik untuk melatih motorik anak. 

5. Bermain suara, menambah pengetahuan anak

5. Bermain suara, menambah pengetahuan anak
Pixabay/tookapic

Bermain suara, dengan cara menirukan bunyi-bunyian di sekitar anak, seperti suara hewan atau alam juga bisa Mama dan Papa coba untuk mendukung eksplorasi anak.

Melalui permainan ini, anak pun dapat membedakan berbagai suara. Kemudian, kemampuan bahasa dan berbicara anak pun dapat terlatih dengan baik. 

Bermain suara juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri saat anak berhasil menirukan atau menebak suara tertentu. Selain itu, bermain suara akan mengajarkan anak untuk fokus dalam mendengarkan sesuatu. 

Itulah beberapa ide kegiatan positif yang dapat mendukung anak dalam mengeksplorasi dunianya. Beberapa kegiatan posisitf di atas juga ada di dalam aplikasi Bintang Kecil. Yuk, ajak anak melakukannya di rumah, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk