Perlukah Anak-Anak Menggunakan Sunscreen? Simak Penjelasannya Disini

Pilih sunscreen dengan kandungan aman dan nyaman di kulit

14 Juli 2020

Perlukah Anak-Anak Menggunakan Sunscreen Simak Penjelasan Disini
Unsplash/Derek Thomson

Sinar matahari menjadi hal yang tidak bisa dihindari oleh siapapun, terkecuali anak-anak. Meskipun mengandung vitamin D yang baik bagi tubuh, sinar matahari juga bisa berbahaya.

Mengingat kandungan sinar ultraviolet di dalamnya yang bisa merusak kulit, seperti rasa terbakar atau gosong dan bahkan dapat menyebabkan kanker kulit. Untuk itu, perlu perlindungan ekstra, yaitu menggunakan sunscreen. 

Namun, bolehkah anak-anak menggunakan sunscreen juga ya, Ma? Apakah kulit anak yang masih sensitif dapat menerima produk sunscreen tanpa reaksi negatif?

Yuk, simak jawaban selengkapnya dari Popmama.com yang telah dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Kapan si Kecil boleh menggunakan sunscreen?

1. Kapan si Kecil boleh menggunakan sunscreen
Unsplash/Khoa Pham

Mama mungkin pernah mendengar bahwa bayi di bawah 6 bulan belum boleh menggunakan sunscreen, namun pernyataan itu keliru. American Academy of Pediatrics menyatakan bahwa sunscreen aman digunakan pada anak-anak yang lebih muda.

Terutama jika hanya digunakan pada area kecil di kulit yang terpapar sinar matahari dan tidak dilindungi oleh pakaian. Penggunaan sunscreen lebih berkaitan dengan menghindari bahaya terlalu banyak sinar matahari dan menghindari risiko terbakar sinar matahari.

Meskipun demikian, sebaiknya anak-anak yang lebih muda harus dijauhkan dari sinar matahari langsung karena kulitnya masih sangat sensitif sehingga dapat dengan mudah terbakar. Kulit anak di bawah usia 6 bulan juga mungkin tidak dapat menangani kepanasan daripada anak-anak yang lebih besar.

Jadi, penggunaan sunscreen diperbolehkan pada usia berapapun. Namun, perhatikan dengan cermat untuk menghindari reaksi negatif pada kulit anak. Cara yang paling aman adalah dengan menghindari sinar matahari langsung, bila pun terpaksa keluar rumah saat matahari terik, pilihlah tempat yang teduh, Ma. 

Editors' Picks

2. Memilih sunscreen yang aman untuk anak

2. Memilih sunscreen aman anak
Pexels/Gustavo Fring

Penting bagi Mama untuk cermat dalam memilih sunscreen, yaitu dengan memerhatikan komposisi yang aman serta nyaman pada kulit anak. Mengingat kulit si Kecil tak seperti kulit orang dewasa, kulit mereka jauh lebih sensitif sehingga rentan alergi maupun iritasi. 

Mengutip laman verywellfamily, berikut tips memilih produk sun screen. 

  • Pilihlah sunscreen dengan kandungan SPF minimal 15 agar dapat memberikan perlindungan UVA dan UVB,
  • Gunakan sunscreen anak-anak tanpa kandungan bahan yang dapat memicu iritasi atau alergi,
  • Cari yang bebas pewangi dan pilih sunscreen dalam bentuk praktis untuk digunakan anak.

3. Cara tepat menggunakan sun screen pada anak

3. Cara tepat menggunakan sun screen anak
Pexels/Gustavo Fring

Setelah menemukan produk sunscreen yang sekiranya aman dan nyaman digunakan untuk si Kecil. Mama perlu tahu cara tepat menggunakannya. 

Baik bayi maupun anak-anak yang lebih tua, gunakanlah sunscreen secukupnya sesuai dengan kebutuhan. Jika bingung, ikuti petunjuk penggunaan pada kemasan produk sunscreen, Ma. 

Pastikan untuk menggunakan sunscreen kembali secara teratur dan setidaknya setiap 2 jam sekali atau lebih sering jika anak Mama berenang atau sedang berkeringat.

4. Waktu penggunaan sun screen

4. Waktu penggunaan sun screen
Pexels/Shiny Diamond

Gunakanlah sunscreen setidaknya 30 menit sebelum anak akan terkena sinar matahari. Tetap aplikasikan sunscreen meskipun di luar sedang mendung, Ma. Hal ini karena awan tidak menyerap semua radiasi UV yang dapat membahayakan anak. 

Selain itu, sebaiknya Mama tidak membawa si Kecil ke luar rumah saat sinar matahari sedang terik-teriknya, yaitu pada 10 pagi hingga 4 sore. Selalu berikan perlindungan maksimal dari paparan sinar matahari langsung karena berisiko bagi kulit anak. 

5. Tetap beri perlindungan lain agar maksimal

5. Tetap beri perlindungan lain agar maksimal
Pexels/VisionPic.net

Mengingat sinar matahari yang dapat berbahaya, Mama harus tetap memberikan perlindungan maksimal. Tak hanya menggunakan sunscreen saja, beri juga anak perlindungan fisik.

Misalnya, pakaian yang dapat melindungi kulit, seperti celana panjang yang ringan dengan kemeja lengan panjang. Tak hanya itu, Mama juga bisa menggunakan stroller, topi, atau payung. 

Namun, tetap pilih bahan yang mudah menyerap keringat sehingga anak tetap nyaman, Ma. Jangan lupa untuk tetap jaga jarak ketika membawa anak beraktivitas di luar rumah selama kondisi pandemi ini. 

Itulah beberapa informasi mengenai penggunaan sunscreen pada anak dan tips melindungi si Kecil dari bahaya sinar matahari. Semoga dapat bermanfaat, Ma.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.