3 Tips Sederhana Mencegah Terjadinya Kecelakaan Gigi pada Anak

Selalu dampingi anak agar tidak terjatuh atau terbentur, Ma

4 Maret 2021

3 Tips Sederhana Mencegah Terjadi Kecelakaan Gigi Anak
Pexels/Cotton Bro

Kesehatan gigi pada anak usia 1–3 tahun perlu adanya perhatian khusus. Mama dan Papa sebaiknya membiasakan anak untuk menyikat gigi secara rutin, minimal 2 kali dalam sehari. 

Orangtua juga sebaiknya selalu mengawasi aktivitas mereka karena biasanya anak dalam usia tersebut sedang aktif-aktifnya bereksplorasi. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya kecelakaan atau cedera pada gigi. 

Kecelakaan atau cedera gigi yang bisa saja terjadi pada anak meliputi gigi patah hingga gigi lepas akibat tejatuh maupun terbentur. Pastinya, Mama dan Papa tidak ingin si Kecil mengalami hal ini bukan?

Untuk itu, simaklah tips yang telah Popmama.com rangkum untuk mencegah kecelakaan atau cedera gigi pada anak-anak. 

Editors' Picks

1. Selalu dampingi anak saat berjalan

1. Selalu dampingi anak saat berjalan
Pexels/Rene Asmussen

Bagi anak-anak yang berusia 1–3 tahun, sebaiknya orangtua selalu mendampingi mereka. Misalnya, saat anak sedang berjalan atau berlari.

Perhatikan langkah kaki mereka, jangan sampai terjatuh atau terbentur benda-benda di sekitarnya. Bila perlu, Mama atau Papa bisa menggandeng tangan anak dan selalu berada di dekat mereka saat berjalan. 

2. Awasi anak ketika bermain agar tetap aman

2. Awasi anak ketika bermain agar tetap aman
Pexels/Allan Mas

Langkah berikutnya yang dapat orangtua lakukan untuk mencegah terjadinya gigi patah atau gigi lepas pada anak, yaitu selalu mengawasi mereka ketika bermain.

Terutama, saat anak bermain dengan teman-temannya karena bisa saja anak berlari terlalu kencang atau melompat terlalu tinggi yang berisiko menyebabkan cedera pada gigi. Perhatikan juga agar anak tidak saling mendorong. 

3. Biasakan anak untuk menggunakan pelindung diri

3. Biasakan anak menggunakan pelindung diri
Pexels/Tatiana Syrikova

Ketika anak ingin melakukan aktivitas fisik di luar, seperti bersepeda, bermain sepatu roda, atau skateboard, ajarkanlah mereka untuk selalu menggunakan pelindung. Dengan cara memakai helm khusus olahraga. 

Hal ini berguna untuk mencegah anak mengalami luka yang parah saat terjatuh atau terbentur. Selain itu, penggunaan helm dapat mencegah kecelakaan atau cedera gigi pada anak. 

Bila perlu, Mama juga dapat mengajarkan anak untuk menggunakan pelindung tambahan. Mulai dari face cage untuk melindungi wajah hingga mouth guard sebagai pelindung gigi dan mulut. 

Itulah beberapa tips sederhana yang dapat orangtua terapkan guna mencegah terjadinya cedera pada gigi. Semoga bermanfaat, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.