3 Bahan Alami untuk Mengatasi Luka Memar pada Anak

Memar jangan sampai menjadi halangan bagi anak untuk bereksplorasi. Atasi memar dengan bahan ini!

4 Juni 2019

3 Bahan Alami Mengatasi Luka Memar Anak
Pexels/Brett Sayles

Masa kanak-kanak memang masanya bermain. Anak kecil juga seringkali bertingkah spontan tanpa memikirkan dampaknya. Makanya saat bermain tidak jarang mereka terjatuh dan terjerembab hingga luka atau timbul memar.

Kalau memar muncul di kaki atau tangan masih bisa ditutupi ya. Tetapi bagaimana kalau di area wajah? Pasti banyak orang akan berkomentar, "kok bisa anaknya sampai jatuh?" Sebagai seorang Mama pastinya kita sudah merasa bersalah pada si Kecil saat mereka terjatuh, tanpa orang lain harus berkomentar ini dan itu.

Apa yang Dimaksud dengan Memar dan Bagaimana Mengatasinya?

Apa Dimaksud Memar Bagaimana Mengatasinya
Pexels/pixabay

Lalu sebenarnya apakah yang dimaksud dengan memar itu sendiri? Memar atau lebam termasuk jenis luka yang terjadi karena pecahnya pembuluh darah.

Hanya saja luka ini terjadi di bawah kulit sehingga menyebabkan warna keunguan, kebiruan atau kemerahan serta tidak mengeluarkan darah. Area yang memar ini apabila dipegang juga akan terasa sakit.

Memar memang dapat hilang dengan sendirinya tanpa harus diobati. Namun prosesnya cukup lama mencapai waktu hingga 2 minggu. Lalu bagaimana cara mengatasi luka memar agar cepat sembuh? Tiga bahan-bahan alami berikut ini layak kamu coba!

1. Cuka

1. Cuka
snughughome.com

Cuka adalah salah satu bahan alami yang ampuh dalan menyembuhkan memar lho, Ma! Kok bisa ya? Ternyata cuka itu sendiri bisa melancarkan aliran darah pada area yang memar sehingga mempercepat proses penyembuhannya.

Caranya yaitu dengan menuangkan cuka ke dalam wadah kecil lalu masukkan ke dalam freezer selama beberapa saat hingga membeku. Kemudian kompreslah luka memar atau lebam dengan cuka beku. Memang terasa dingin sesaat tapi memar di tubuhmu dijamin lebih cepat hilang.

Editors' Picks

2. Seledri

2. Seledri
Pexels/Pixabay

Berdasarkan banyak penelitian daun seledri dipercaya oleh para ahli dapat meredakan peradangan, mengurangi rasa nyeri dan mempercepat penyembuhan luka memar.

Cara mengobati memar menggunakan seledri terbilang mudah. Kamu hanya perlu menumbuk kasar seledri lalu letakkan di area tubuh yang memar. Setelah itu tutup dengan perban atau kain kasa. Mudah sekali bukan?

3. Daun kencur

3. Daun kencur
Mothernews.com

Kencur biasanya dimanfaatkan sebagai penyedap rasa, bahkan untuk mengobati batuk. Namun tahukah kamu ternyata daun kencur juga memiliki manfaat?

Ya, daun kencur mampu mempercepat proses penyembuhan luka memar. Kamu hanya perlu merebus beberapa lembar daun kencur bersama dengan 2 gelas air. Setelah mendidih, matikan kompor dan tunggu hingga air menjadi hangat.

Celupkan handuk kecil ke air rebusan daun kencur dan tempelkan pada area yang memar. Rutin melakukannya akan membuat luka memar cepat hilang dan kulit kembali indah seperti semula.

Nah itulah 3 bahan alami yang dapat Mama gunakan untuk mengatasi luka memar. Memar jangan sampai menjadi halangan bagi si Kecil untuk bereksplorasi dengan sekitar ya!

Bacajuga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!