5 Manfaat Alpukat untuk Anak, Jadikan Menu MPASI Yuk!

Tidak hanya bernutrisi tinggi, alpukat memiliki tekstur yang lembut dan mudah dikunyah

4 Maret 2020

5 Manfaat Alpukat Anak, Jadikan Menu MPASI Yuk
bukalapak.com

Masa MPASI adalah masa yang ditunggu-tunggu. Pada masa ini, Mama bisa mengerahkan semua kreativitas Mama untuk memberikan menu makanan yang bergizi dan juga menarik kepada anak. Tentunya kegiatan memasak akan jadi lebih menyenangkan!

Nah, tidak hanya sayuran dan daging, buah-buahan juga perlu dimasukan ke dalam menu MPASI agar nutrisi yang anak dapatkan lebih lengkap.

Salah satu buah yang baik untuk dijadikan menu MPASI adalah alpukat. Selain karena rasanya yang lezat, daging buah ini memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dikunyah dan dicerna oleh anak.

Apalagi, buah alpukat memiliki kandungan nutrisi yang sangat bervariasi. Ia mengandung karbohidrat, lemak tak jenuh, protein, vitamin, mineral, dan juga antioksidan. Lengkap sekali kan, Ma?

Nah, agar Mama lebih yakin untuk menyajikan alpukat kepada anak, simak manfaat-manfaat buah alpukat yang telah Popmama.com rangkum berikut yuk:

1. Menjaga daya tahan tubuh

1. Menjaga daya tahan tubuh
sheknows.com

Alpukat mengandung banyak vitamin lho, Ma. Salah satunya adalah vitamin C. Dalam 100 gram buah alpukat, terdapat sekitar 10 mg vitamin C.

Vitamin C sendiri dapat mendorong produksi sel darah putih di dalam tubuh. Otomatis, dengan mengonsumsi buah alpukat, daya tahan tubuh anak akan lebih terjaga.

Tidak hanya menjaga daya tahan tubuh, vitamin C juga mampu mempercepat penyembuhan luka.

Editors' Picks

2. Ramah dan menyehatkan pencernaan anak

2. Ramah menyehatkan pencernaan anak
Kidspot

Ada alasan mengapa anak diperbolehkan mengonsumsi makanan padat setelah berusia enam bulan. Pasalnya sebelum umur tersebut, sistem pencernaan anak masih belum kuat untuk mencerna makanan padat.

Nah, salah satu alasan alpukat direkomendasikan untuk dijadikan menu MPASI adalah teksturnya yang lembut dan mudah dicerna. Otomatis, buah ini sangat ramah untuk pencernaan anak.

Tidak hanya ramah, alpukat mengandung serat yang dapat menyehatkan pencernaan anak lho, Ma.

3. Mengoptimalkan perkembangan otak anak

3. Mengoptimalkan perkembangan otak anak
parentingandbabies.com

Mama tentu pernah disarankan untuk mengonsumsi alpukat selama masa kehamilan agar perkembangan otak anak lebih optimal bukan?

Alpukat memang memiliki manfaat tersebut. Ia mengandung asam lemak omega 3 yang penting bagi perkembangan otak.

Nah, tidak hanya selama kehamilan, anak akan mendapatkan manfaat alpukat ini dengan mengonsumsinya sebagai MPASI.

4. Mencegah peradangan

4. Mencegah peradangan
parentsneed.com

Sebagian besar anak rentan mengalami peradangan, terutama pada bagian kulit.

Nah, buah alpukat terkenal sebagai buah anti-inflamasi dan dapat mengindarkan anak dari kondisi tersebut.

Pasalnya, buah ini tidak hanya mengandung antioksidan yang tinggi, tapi juga lemak tak jenuh, dan berbagai jenis vitamin.

5. Sebagai sumber antioksidan

5. Sebagai sumber antioksidan
intermountainhealthcare.org

Seperti yang telah disebutkan, buah alpukat mengandung antioksidan. Alhasil, konsumsi buah ini akan membantu tubuh anak melawan radikal bebas.

Radikal bebas sendiri sangat berbahaya untuk tubuh lho, Ma. Ia dapat menyebabkan kerusakan jaringan tubuh, kerusakan DNA, menyempitkan pembuluh darah, hingga menimbulkan berbagai macam penyakit.

Nah, itu dia manfaat yang akan anak dapatkan dengan mengonsumsi alpukat.

Tunggu apalagi? Yuk, sajikan buah ini, Ma! Ada dua cara penyajian yang bisa Mama pilih, yaitu dengan menghaluskannya di blender terlebih dahulu atau dalam bentuk potongan-potongan kecil.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.