5 Cara Membuat Sudut Tenang untuk Anak di Rumah

Sudut tenang adalah tempat yang dapat digunakan untuk mengontrol dan memproses emosi anak.

20 Oktober 2021

5 Cara Membuat Sudut Tenang Anak Rumah
Freepik/vanitjan

Dengan adanya sudut tenang tidak hanya mampu meredakan amarah, namun juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk balita agar dapat mempelajari keterampilan sekaligus mengatur emosi.

Sudut tenang merupakan tempat yang digunakan sebagai metode untuk dapat memproses emosi pada anak. Hal ini terbukti lebih efektif daripada harus menyendiri seorang diri.

Tidak hanya itu, tempat ini juga berfungsi bagi anak yang apabila tidak keluar atau melakukan jarak sosial selama berbulan-bulan. Dengan adanya sudut tenang akan membantu balita dan anak preschool agar dapat bersantai dalam mengelola kesehariannya.

Sudut tenang yang disiapkan di rumah tidak harus berbentuk sudut di dalam rumah, namun dapat menyediakan suatu ruangan khusus yang dapat dijadikan sebagai sudut tenang. 

Sudut tenang dapat dibuat dengan cara yang sederhana yaitu dengan memberikan karpet atau tikar yang lembut ditambah dengan buku yang berjejer. Tempat ini dapat Mama dan si Kecil kreasikan sendiri sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing.

Berikut Popmama.com sudah merangkum lima cara untuk membuat sudut yang tenang pada anak di rumah.

1. Meminta bantuan anak dalam perencanaan

1. Meminta bantuan anak dalam perencanaan
Pexels/Andrea Piacquadio

Dalam membuat perencanaan, Mama dapat mengajak si Kecil untuk membangun sudut tenang bersama. Hal ini untuk memastikan bahwa tempat ini nantinya sesuai dengan kebutuhan si Kecil.

Dengan mengajak anak untuk berdiskusi dalam membangun perencanaan ini tentu akan membuat anak merasa terlibat sehingga ia pun mau membantu dan mau menggunakannya di kemudian hari. 

Tidak hanya itu, anak pun tentu lebih tahu apa yang ia butuhkan di tempat yang akan menjadi ruang bagi ia nantinya. Sehingga si Kecil pun akan merasa nyaman ketika menggunakannya.

Editors' Picks

2. Mengajari anak cara menggunakannya

2. Mengajari anak cara menggunakannya
Pexels/Monstera

Pada proses atau bahkan sesudah pembuatannya, Mama perlu mengajarkan anak bagaimana penggunaan sudut tenang tersebut. Selain itu, Mama dapat memberikan pemahaman mengapa ruangan ini dibutuhkan dan kapan waktu menggunakannya.

Si Kecil pun akan mengerti dan mulai sedikit demi sedikit tahu dan mengerti tentang kegunaannya. Sehingga ia pun nanti dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhannya kelak dan bukan hanya dalam membuatnya saja.

3. Lakukan dengan konsisten

3. Lakukan konsisten
Pexels/Monstera

Si Kecil dapat mengerti dan tahu kapan saja tempat tersebut dibutuhkan ketika ia mulai melatih hal tersebut menjadi sebuah kebiasaan. Ingatkan anak untuk dapat selalu menggunakan sudut tenang ketika ia merasa tingkat emosionalnya sangat tinggi.

Dengan mengingatkannya setiap saat tentu akan membuat si Kecil menjadi konsisten dan selalu menggunakannya hingga akhirnya ia pun menjadi terbiasa.

Saat anak sudah mulai terbiasa maka Mama tidak perlu mengingatkan kembali. Selain itu, si Kecil pun akan semakin tahu bagaimana cara mengontrol emosionalnya dengan baik.

“Ketika digunakan dengan efektif, sudut tenang ini dapat memenuhi kebutuhan anak agar memiliki waktu luang sambil dapat memberikan dan mengasah rasa kemandirian, tanggung jawab serta pencapaian pada anak.” ujar Dr. Donna Housman, Ed.D selaku psikolog anak klinis dan pendiri dari Housman Institute di Boston.

4. Bekerja sama untuk membuat aturan yang diperlukan

4. Bekerja sama membuat aturan diperlukan
Pexels/Gustavo Fring

Dalam membuat sudut tenang ini, Mama tidak hanya dapat mengajak anak agar dapat membuat perencanaannya saja. Namun, Mama juga dapat mengajak anak untuk dapat mengambil peran dalam membuat aturan yang diperlukan.

Aturan-aturan yang dibuat ini diberlakukan pada saat si Kecil berada di sudut tenang. Aturan-aturan tersebut digunakan untuk dapat memberikan rasa kontrol pada si Kecil pada saat membutuhkan tempat tersebut.

5. Memilih barang-barang apa saja yang perlu disertakan

5. Memilih barang-barang apa saja perlu disertakan
Pexels/Tatiana Syrikova

Dalam membuat sudut tenang ini, tentu harus memberikan kenyaman di dalamnya, walaupun itu hanya sekadar duduk atau berbaring saja. Karena berguna sebagai tempat untuk menenangkan, maka dapat disarankan untuk dibuat dengan sifat sensorik.

Beberapa rekomendasi barang yang diperlukan bermacam-macam, seperti menyediakan tikar, plastik gelembung, gambar visual, buku, daftar kegiatan, jurnal, bahan-bahan seni, bantal, selimut, kursi, dan berbagai aksesoris lainnya.

Setelah semua tempat terisi, Mama dapat menanyakan pada anak apakah sudut tenang ini sudah membuatnya merasa nyaman atau tidak. Dengan begitu, ini dapat membantu si Kecil dalam memahami situasi yang terjadi sehingga mereka dapat memilah emosi seperti apa yang mereka miliki.

Nah, itulah lima cara dalam membangun sudut tenang yang dapat digunakan pada anak ketika di rumah. Semoga informasi ini membantu Mama yang sedang mengalami kesulitan dalam mengontrol emosi anak ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.