Jenis Sensory Play yang Dapat Dibuat di Rumah a la Tiara Pangestika

Berbagai jenis sensori ini dapat Mama kenalkan pada anak, lho!

21 September 2021

Jenis Sensory Play Dapat Dibuat Rumah a la Tiara Pangestika
Instagram.com/tiarapangestika

Anak yang masih balita masih asing terhadap sesuatu hal yang berada disekitarnya. Terkadang, akibat jarang dan tidak pernah menyentuh suatu barang membuat anak merasa geli dan tidak suka. Hal ini terjadi karena mereka tidak pernah dikenalkan dengan sensori semenjak kecil.

Melatih pengalaman sensori pada anak sangat penting lho, Ma! Akan lebih baik pula jika Mama mengajarkan sensori pada anak sedari dini. Salah satu influencer dan selebmom Indonesia juga menyadari bahwa sensori terhadap anak sangat penting. 

Siapa yang tidak kenal dengan influencer sekaligus selebmom, Tiara Pangestika? Istri dari pengusaha dan YouTuber Arief Muhammad yang tengah mengandung anak kedua ini menyadari betapa pentingnya menanamkan sensori pada anak.

Dari sebelum menginjak usia satu tahun, Tiara Pangestika atau yang kerap disapa Tipang ini selalu mengajarkan pengalaman sensori pada Ibrahim Wishaka El Emran atau Baim, putra pertamanya.

Dalam unggahan postingannya, Tipang kerap membagikan caranya mengajarkan anaknya bermain sensory play dengan menggunakan sensory bin. Sambil bermain ia pun juga sekaligus memperkenalkan nama-nama dan suara binatang pada putranya itu.

Permainan ini sendiri dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan kognitif, fisik, psikologis, dan juga sensori motorik pada anak. Mama pun dapat membuat sensory play ini di rumah tanpa harus membelinya seperti yang dilakukan oleh Tipang.

Berikut Popmama.com sudah merangkum jenis sensory play yang dapat dibuat di rumah a la Tiara Pangestika. Simak penjelasannya yuk, Ma!

Manfaat sensory play

Sensory play merupakan sebuah permainan yang memberikan sebuah stimulasi kelima panca indera pada anak. Stimulasi ini bisa melalui satu indera ataupun lebih dengan menggunakan sensory play.

Sensory play sendiri memiliki berbagai macam manfaat, diantaranya:

  • Untuk membantu perkembangan kognitif anak
  • Membantu anak belajar lebih fokus
  • Membantu perkembangan motorik halus dan motorik kasar
  • Memberikan aktivitas yang dapat membuat anak tenang
  • Mampu mendorong kemampuan berpikir secara ilmiah dan memecahkan masalah

Beberapa macam sensory play dapat Mama persiapkan di rumah dengan cara membuatnya tanpa perlu membeli. Nah, berikut ini sensory play yang dapat Mama buat a la Tiara Pangestika.

1. Mengenal binatang laut dengan tekstur jelly dan pasir

1. Mengenal binatang laut tekstur jelly pasir
Instagram.com/tiarapangestika

Ide sensory play yang dapat Mama persiapkan adalah binatang laut dengan tekstur jelly dan pasir. Pada permainan ini untuk membuat tekstur jelly Mama dapat mempersiapkan bahan-bahan yang terdiri dari air dan bahan agar-agar, kemudian campur hingga rata.

Untuk bahan dasar pasir Mama dapat menambahkan tepung. Kemudian Mama tinggal memasukkan mainan si Kecil ke dalam baskom atau sensory bin. 

Dengan ini Mama dapat sekaligus mengajarkan pada anak mengenai hewan-hewan laut agar menambah pengetahuan baru bagi si Kecil.

Editors' Picks

2. Bermain foam dan juga bubble

2. Bermain foam juga bubble
Instagram.com/tiarapangestika

Permainan selanjutnya lebih sederhana daripada sebelumnya, disini Mama dapat mengenalkan si Kecil dengan tekstur busa dan juga gelembung. Cara pembuatannya pun sangat mudah.

Mama hanya tinggal mencampurkan air, sabun dan juga pewarna makanan. Setelah semua bahan digabungkan campurlah dengan menggunakan mixer. Selain agar si Kecil mengenal tekstur dari busa, ia juga akan senang dan menikmati bermain sensori ini.

3. Berkenalan dengan farm animals

3. Berkenalan farm animals
Instagram.com/tiarapangestika

Jika sebelumnya sudah bermain dengan hewan-hewan laut, sekarang saatnya berkenalan dengan hewan-hewan ternak. Untuk permainan sensori yang ini Mama dapat menyiapkan rumput sintetis, tepung roti dan juga spageti yang sudah direbus.

Pada sensori ini Mama dapat membuatnya seperti sedang di dalam pertanian, sehingga dapat membuat anak menjadi tertarik dan lebih penasaran.

4. Menyelamatkan mobil yang tenggelam di lumpur

4. Menyelamatkan mobil tenggelam lumpur
Instagram.com/tiarapangestika

Pada sensori kali ini Mama dapat memperkenalkan anak dengan bermain lumpur yang aman. Permainan ini dapat Mama buat dengan menambahkan coklat bubuk serta coklat yang sudah dicairkan. 

Selain itu Mama juga dapat menambah tepung roti untuk memberikan tekstur yang kasar. Mama juga dapat menambahkan mainan anak dan bebatuan kecil ke dalam sensory bin anak.

Anak yang tidak terbiasa umumnya akan merasa geli dan kurang suka, namun lama kelamaan si Kecil pasti akan terbiasa. Jika si Kecil tidak mau, Mama dapat menyiapkan baskom berisikan air untuk memberi pemahaman pada si Kecil jika mainannya dapat dibersihkan.

5. Bermain pasir cat di atas rumput

5. Bermain pasir cat atas rumput
Instagram.com/tiarapangestika

Jika Mama terlalu repot untuk menyiapkan berbagai macam peralatan dalam membuat sensori. Mama dapat mengajak si Kecil untuk bermain di luar dan mengenalkannya pada tekstur rumput.

Mungkin beberapa anak kerap akan menghindar dan tidak mau menginjakkan kakinya di rumput karena memberikan efek gatal dan tajam. Namun, Mama dapat mengakalinya dengan membawakan mainan-mainan kesukaannya.

Nah, itu tadi beberapa jenis sensory play rumahan a la Tiara Pangestika yang dapat memberikan inspirasi bagi Mama untuk melatih sensorik si Kecil. 

Dengan bahan-bahan sederhana serta mudah ditemukan tentu akan memudahkan Mama untuk mengajarkan sensori pada si Kecil. Tetapi, jangan lupa untuk selalu memperhatikan anak ketika bermain ya, Ma! 

Hal ini untuk menghindari hal-hal berbahaya yang nantinya dapat termakan oleh anak tanpa sepengetahuan Mama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.