Memberi Efek Mengenyangkan, Berikut Buah Pengganti Nasi untuk Balita

Dapat membuat perut kenyang, buah ini dapat dijadikan sebagai pengganti nasi

20 November 2021

Memberi Efek Mengenyangkan, Berikut Buah Pengganti Nasi Balita
Pexels/Trang Doan

Makanan merupakan hal yang penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak. Karena hal ini pula sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi bagi tubuh. Dengan banyaknya aktivitas tentu berbagai macam vitamin dan mineral sangat diperlukan.

Salah satu nutrisi yang juga tidak kalah penting adalah karbohidrat. Karbohidrat ini dapat Mama temukan dari berbagai macam makanan, seperti nasi, oatmeal, ubi, pasta dan lain sebagainya. Namun, sebagai orang Indonesia, tentu nasi masih menjadi makanan yang paling utama untuk dikonsumsi.

Walaupun karbohidrat sangat penting, terdapat beberapa anak yang tidak suka mengonsumsi nasi. Setiap orangtua yang mengalami hal ini pun sempat dibuat bingung bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

Namun, tahukah Mama bahwa beberapa buah dapat dijadikan sebagai pengganti nasi? Hal ini karena beberapa buah dapat memberikan efek yang mengenyangkan bagi tubuh. 

Berikut ini Popmama.com sudah merangkum jenis-jenis buah sebagai pengganti nasi untuk balita yang harus Mama ketahui.

Simak penjelasannya, yuk!

1. Buah pisang

1. Buah pisang
Pexels/Vanessa Loring

Sebagai pengganti nasi, Mama dapat memberikan buah pisang sebagai gantinya. Buah ini menyediakan kandungan karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Pisang mempunyai karbohidrat yang tinggi dan pisang juga dapat dicerna menjadi kalori.

Hal ini tentu sangat baik karena dapat menambah berat badan dan memberikan kebutuhan nutrisi yang sesuai bagi pertumbuhan anak.

Selain itu, buah pisang tentunya mampu memberikan efek yang mengenyangkan dengan lebih lama. Kandungan serat yang pun juga dapat mengurangi kalori harian. Hal ini tentu diperlukan mengingat tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama dalam mencerna serat tertentu.

Editors' Picks

2. Buah Alpukat

2. Buah Alpukat
Pexels/Daria Shevtsova

Buah selanjutnya yang dapat mengenyangkan perut adalah buah alpukat. Buah alpukat memiliki kandungan lemak sehat dan berguna dalam membantu memenuhi kebutuhan kalori serta serat yang dapat menambah berat badan anak.

Hal ini diketahui karena lemak dan serat yang terkandung didalam alpukat dapat membantu memperlambat terjadinya pelepasan makanan dari dalam perut. Sehingga akan membuat tubuh akan merasa kenyang dengan lebih lama.

Walaupun begitu, buah alpukat juga memiliki kalori yang cukup tinggi. Maka dari itu pastikan jangan terlalu sering mengonsumsi buah alpukat ya, Ma!

3. Buah jeruk

3. Buah jeruk
Pexels/Karol Olson

Jeruk merupakan buah yang banyak sekali mengandung vitamin C. Buah ini termasuk populer dan memiliki banyak peminatnya. Selain itu, ternyata buah jeruk ini juga dapat memberikan efek yang mengenyangkan.

Hal ini karena buah ini tersusun dari sebagian besar serat pembentuk gel. Adanya kandungan air yang cukup tinggi pada jeruk juga dapat membuat mekanisme pencernaan si Kecil sehingga dapat membuat kenyang menjadi lebih lama.

Cobalah dengan mengonsumsi buah jeruk dengan berbagai sumber protein lainnya. Hal ini dapat meningkatkan asupan lemak pada tubuh.

4. Buah pir

4. Buah pir
Pexels/Polina Kovaleva

Buah selanjutnya yang dapat memberikan efek kenyang adalah buah pir. Pir mengandung serat larut yang disebut juga dengan pektin. Serat ini pun dapat memelihara bakteri usus serta dapat meningkatkan kesehatan usus.

Hal inilah yang nantinya dapat membuat pencernaan menjadi lebih lancar. Selain itu, para ahli juga menyebutkan bahwa asupan serat dari buah ini juga dapat meningkatkan fungsi usus serta membuat perut menjadi lebih kenyak.

Hal ini dibuktikan dari penelitian pada Annals of Internal Medicine. Pada studi ini melaporkan bahwa adanya peningkatan asupan serat ini dapat menurunkan berat badan pada penyandang obesitas.

5. Buah apel

5. Buah apel
Pexels/Polina Tankilevitch

Selain buah pir, apel juga di yakini dapat memberikan efek kenyang ketika mengonsumsinya. Hal ini karena terdapat salah satu sumber serat yang berada di dalam buah apel.

Dengan adanya kandungan serat yang tinggi pada buah apel dapat membuat pencernaan menjadi lebih lambat. Hal inilah yang akan memberikan efek kenyang pada tubuh. Selain itu, buah ini diketahui juga mempunyai serat dengan indeks glikemiknya yang cukup rendah.

Nah, itulah berbagai macam buah yang dapat memberi efek mengenyangkan sehingga dapat menjadi pengganti nasi untuk si Kecil.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.