10 Manfaat Mengonsumsi Kerang Hijau untuk Kesehatan Anak

Tambahkan kerang hijau pada menu makan anak yuk, Ma!

31 Maret 2021

10 Manfaat Mengonsumsi Kerang Hijau Kesehatan Anak
goodfood.com.au

Kerang hijau adalah salah satu jenis makanan laut yang mudah dijumpai. Tidak perlu jauh-jauh ke restoran, biasanya kerang hijau pun suka dijajakan di kaki lima atau berkeliling di sekitar rumah. Biasanya pedagang kerang hijau diserbu oleh anak-anak.

Tekstur kerang yang kenyal dan dipadukan bumbu rempah-rempah itu lah yang membuat anak-anak gemar mengonsumsi kerang hijau. Mama tidak usah khawatir dengan jajanan yang satu ini. Sebab, kerang hijau kaya akan nutrisi dan manfaat untuk anak.

Mengutip dari artikel dalam Sehatq.com, dalam 100 gram kerang hijau terkandung nutrisi seperti:

  • Protein: 17,7 gram
  • Lemak: 2,9 gram
  • Karbohidrat: 3,9 gram
  • Kalsium: 163 miligram (mg)
  • Zat besi: 10,3 gram
  • Zinc: 1,5 gram
  • Vitamin A total: 38,7 mikrogram (mcg)
  • Vitamin B12: 19 mikrogram
  • Vitamin E: 0,74 miligram.

Selain kaya akan nutrisi, kerang hijau pun memiliki banyak manfaat yang baik untuk anak. Berikut ini Popmama.com telah merangkum 10 manfaat kerang hijau untuk anak.

1. Kesehatan Jantung

1. Kesehatan Jantung
Freepik

Ketika Mama sering memberi makanan pada anak yang mengandung protein dapat membawa risiko dan membebani jantung karena terdapat kalori berlebih. Namun, Mama tidak perlu khawatir dengan kerang hijau. Karena kerang hijau memiliki sumber protein yang rendah lemak total dan jenuh serta mengandung asam lemak omega-3.

Sumber protein yang mengandung asam lemak omega-3 cenderung memiliki potensi untuk melindungi jantung. Maka, dengan mengonsumsi kerang secara teratur si Kecil akan mendapatkan jantung yang sehat dan terhindar dari risiko serangan jantung atau kematian mendadak akibat penyakit jantung.

2. Meningkatkan fungsi sel

2. Meningkatkan fungsi sel
gurupendidikan.co.id

Protein yang terkandung dalam kerang dapat membantu meningkatkan dukungan dalam pembentukan sel pada anak. Kandungan ini sangat penting untuk anak karena saat masa pertumbuhan anak Mama membutuhkan nutrisi penting agar membantu perkembangan sistem saraf.

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Freepik/anusorn_nakdee

Selama masa pertumbuhan sangat penting untuk memastikan sirkulasi darah pada anak teratur. Mengonsumsi kerang hijau secara teratur kemungkinan akan meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat dipastikan semua organ berfungsi dengan tepat. 

4. Menjaga Kesehatan Otak

4. Menjaga Kesehatan Otak
Freepik

Selain mengandung asam lemak omega-3, kerang hijau juga kaya akan kandungan vitamin B12 yang tinggi. Perpaduan antara omega-3 dan vitamin B12 sangat baik dalam menjaga kesehatan otak.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin B12 dan asam lemak omega-3 berisiko menyebabkan gangguan dalam perkembangan otak.

Maka dari itu, Mama perlu menambahkan kerang untuk menu makan si Kecil agar kemampuan dan kesehatan otaknya terjaga dengan baik.

Editors' Picks

5. Kesehatan Tulang dan Gigi

5. Kesehatan Tulang Gigi
Pixabay/wjgomes

Kehadiran fosfor dalam kerang memastikan baik untuk penguatan struktural tulang dan gigi anak. Pada tahap awal tumbuh kembang, kandungan nutrisi ini baik untuk si kecil agar tulang dan gigi anak menjadi lebih kuat.

6. Merawat kesehatan kulit

6. Merawat kesehatan kulit
Freepik/wayhomestudio

Makanan laut bermanfaat bagi kulit karena telah terbukti dapat menghidupkan kembali sel-sel kulit.

Kerang hijau kaya akan zink dan asam lemak omega-3, keduanya memiliki sifat anti-inflamasi. Selain itu, kekurangan asam lemak omega-3 dan zink dapat menyebabkan terkena penyakit psoriasis dan eksim. Maka, dengan mengonsumsi kerang dapat membantu anak Mama terhindar dari penyakit psoriasis dan eksim.

7. Mencegah anemia

7. Mencegah anemia
Freepik/Korrakot-sittivash

Kerang hijau adalah sumber zat besi yang sangat baik. Seperti yang kita ketahui, zat besi memainkan peran penting dalam produksi sel darah merah. Sel darah ini terlibat dalam pembentukan dua protein pembawa oksigen yaitu hemoglobin dan mioglobin. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti anemia, sesak napas, dan tingkat energi yang rendah. 

8. Mencegah Asma

8. Mencegah Asma
Freepik

Mengonsumsi kerang hijau secara teratur akan memastikan sifat anti peradangan di dalam tubuh untuk menyelamatkan diri dari segala jenis penyakit saluran pernapasan atau gangguan terkait paru-paru seperti asma.

9. Meningkatkan kekebalan tubuh

9. Meningkatkan kekebalan tubuh
Unsplash/Kindred Hues Photography

Jika Mama memberi makan anak kerang hijau secara teratur, dapat meningkatkan kekebalan tubuh si Kecil. Sebab, kerang memiliki kemampuan yang luar biasa untuk menawarkan ketahanan tubuh terhadap infeksi virus atau bakteri.

Selain itu, kerang hijau diketahui memicu pertumbuhan antibody. Maka, mengonsumsi kerang hijau juga dapat membantu anak untuk menyembuhkan luka dan cedera dengan lebih cepat.

10. Mengobati nyeri sendi

10. Mengobati nyeri sendi
Shutterstock/Africa Studio

Kerang hijau adalah sumber nutrisi yang kaya seperti zat besi, betain dan glycoaminoglycans seperti chondroitin sulfate. Semua zat ini berkontribusi untuk meredakan nyeri sendi dan kekakuan sendi.

Terlepas dari kenyataan bahwa kerang adalah sumber makanan sehat, namun kerang juga rentan terhadap kontaminasi bakteri.

Oleh karena itu, saat membeli kerang hijau untuk anak, pastikan Mama membeli yang masih hidup. Sebab, kerang yang sudah mati lebih mudah terkontaminasi.

Selain itu, disarankan untuk merendam kerang selama 20 menit atau lebih dalam air untuk menghilangkan pasir. 

Itulah 10 manfaat kerang hijau untuk kesehatan anak, sajikan dalam menu harian si Kecil yuk Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.