Rumah Hasil Donasi untuk Gala Akan Disita, Kemensos: Hoaks!

Semua permasalahan terkait rumah tersebut telah diselesaikan oleh Marrisya Icha

13 Januari 2022

Rumah Hasil Donasi Gala Akan Disita, Kemensos Hoaks
Instagram.com/vanessaangeloficial

Akhir-akhir ini ramai beredar kabar rumah hasil donasi masyarakat Indonesia untuk Gala Sky, anak almarhum Bibi Adriansyah dan Vanessa Angel akan disita oleh Kementerian Sosial RI (Kemensos). Hal itu karena donasi tersebut diduga tidak mengantongi izin dari Kemensos. 

Informasi itu tentunya membuat masyarakat geram. Hingga akhirnya mereka berbondong-bondong menyerbu akun Instagram Kemensos. 

Padahal informasi tersebut tidak benar lho, Ma. Melalui kanal YouTube Marissya Icha, Kemensos menjelaskan bahwa informasi yang beredar di masyarakat itu tidak benar. 

Untuk lebih jelas, berikut ini Popmama.com telah merangkum informasi terbaru mengenai rumah hasil donasi untuk Gala Sky. Simak yuk, Ma! 

Editors' Picks

1. Awalnya Kemensos menyatakan jika ada donasi yang tidak mengantongi izin, maka akan disita oleh negara 

1. Awal Kemensos menyatakan jika ada donasi tidak mengantongi izin, maka akan disita oleh negara 
Youtube.com/MARISSYA - ICHA

Di Indonesia, pelaksanaan donasi diatur dalam Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1961 dan Peraturan Menteri Sosial UU Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pengumpulan Uang atau Barang (PUB). Dalam peraturan tersebut dijelaskan, PUB yang cakupannya lebih dari satu provinsi, maka perlu mendapat izin dari Menteri Sosial, sebelum dilaksanakan.

Selain itu, adapun sanksi yang akan diterima jika tidak memiliki izin untuk melakukan PUB dengan cakupan lebih dari satu provinsi. 

Kepala Sub Direktorat Pemantauan dan Penyidikan Kemensos, Dayat Sutisna menjelaskan, berdasarkan undang-undang ada 3 konsekuensi.

Dalam UU Nomor 8 Tahun 2021 dijelaskan juga mengenai sanksi bagi para pelanggar. Ada dua sanksi, administratif dan pidana. 

Sanksi administratif berupa teguran secara tulis, dan/atau diumumkan secara terbuka di media massa. Sedangkan untuk sanksi pidana disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kemudian, dalam UU Nomor 9 tahun 1961 menjelaskan hasil PUB yang tidak memiliki izin akan disita oleh negara. 

Seperti yang diketahui, penggalangan dana yang dilakukan oleh Marissya Icha untuk membeli rumah Gala ternyata tak memiliki izin. 

Maka dari itu, sejak Kemensos menyampaikan pernyataan undang-undang PUB, banyak masyarakat yang berasumsi kalau Kemensos akan menyita rumah hasil donasi milik Gala. 

2. Permasalahan tentang kabar penyitaan rumah Gala kini telah tuntas 

2. Permasalahan tentang kabar penyitaan rumah Gala kini telah tuntas 
Youtube.com/MARISSYA - ICHA

Terkait permasalahan ini, Marissya Icha melakukan pertemuan dengan Kemensos untuk klarifikasi terkait donasi rumah untuk Gala. Pertemuan ini dilaksanakan pada Selasa (11/1/2022) melalui Zoom meeting.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh beberapa pejabat di Kemensos, salah satunya Kepala Sub Direktorat Pemantauan dan Penyidikan Kemensos, Dayat Sutisna. 

Dalam pertemuan itu Marissya menjawab semua pertanyaan dari Dayat, mulai dari tujuan pengumpulan, orang-orang yang berdonasi, rekening yang digunakan, berapa lama waktu donasi, target donasi yang sudah dicapai, pihak mana saja yang dilibatkan, atas nama rumah Gaga, dan lain-lain. 

Tak hanya itu, dalam Zoom meeting tersebut pun ditegaskan kalau informasi mengenai rumah Gala yang akan disita itu hoaks. 

"Pak, ini berarti yang info yang beredar rumah Gala disita itu hoaks ya, Pak?" tanya Icha seperti dikutip dari kanal YouTube-nya, Rabu (12/1/2022). 

"Jadi kami tidak pernah mengatakan rumah Gala akan disita, nggak. Jadi ada pihak-pihak yang melintir makanya sama-sama kita clear kan bahwa kami tidak pernah menyampaikan kalimat seperti itu," jelas Dayat. 

3. Kondisi terbaru dari Gala Sky 

3. Kondisi terbaru dari Gala Sky 
Instagram.com/Fuji_an

Kondisi Gala kian hari kian membaik. Kini ia sudah mulai bergerak aktif. Tak hanya itu, ia pun telah menunjukkan keceriaannya. 

Hal itu terlihat dari akun Instagram orangtua Bibi, kakak Bibi, dan adik-adik Bibi. Terlihat Gala kerap asyik berjoget dengan iringan lagu anak-anak seperti Coco Melon.

Tak hanya itu, Gala pun kerap ditemani bermain, tidur, dan makan oleh anggota keluarga Bibi dan para pengasuhnya. 

Gala juga terlihat sudah bisa untuk bertemu dengan orang baru. Hal itu terlihat dalam acara pengajian di rumah barunya. Gala terlihat sangat enjoy bertemu banyak orang baru, termasuk para wartawan yang meliput. 

Semoga Gala tumbuh sebagai anak yang sehat dan bahagia serta selalu dikelilingi oleh orang-orang baik. 
     
Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.