10 Potret Kebersamaan Caca Tengker dan si Kecil Ansara yang Aktif

Caca Tengker kerap berbagi tips dan ide parenting-nya yang bisa kita contoh lho, Ma

11 September 2021

10 Potret Kebersamaan Caca Tengker si Kecil Ansara Aktif
Instagram.com/cacatengker

Alsia Mega Marsha Tengker atau yang dikenal dengan sapaan Caca Tengker merupakan adik kandung Nagita Slavina yang lahir pada 3 Mei 1989. Ia adalah putri kedua dari Rieta Amilia.

Tak seperti kakaknya, Caca tidak begitu terkenal. Namun, latar belakang pendidikannya tidak kalah dari kakaknya lho, Ma.

Caca bahkan memiliki 3 gelar pendidikan. Sarjana Psikologi, Bachelor of Arts (BA), dan MSc (Master of Science).

Kabarnya, ia kini menjadi Managing Director di sebuah yayasan yang membantu anak-anak agar menggunakan gadget secara positif. Yayasan tersebut bernama RAS Foundation.

Tahun 2017 lalu, Caca menikah dengan Barry Tamin. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai 2 orang putri lucu yang diberi nama Ansara dan Aruni.

Ansara sang putri sulung kini sedang di masa aktif-aktifnya mengeksplorasi berbagai macam hal lho, Ma. Momen-momen itu kerap dibagikan sang Mama di Instagram pribadinya @cacatengker.

Yuk Ma, simak 10 potret kebersamaan Caca Tengker dan si kecil Ansara yang aktif yang telah Popmama.com pilih di bawah ini. Banyak juga ide parenting yang bisa kita tiru dari Caca lho, Ma.

1. Ansaira Maisadipta

1. Ansaira Maisadipta
Instagram.com/cacatengker

Ansara putri sulung Caca dan Barry baru saja berulang tahun yang ketiga lho, Ma. Malaikat kecil pemilik nama panjang Ansaira Maisadipta ini lahir pada tanggal 28 Agustus 2018.

Di usianya yang ketiga ini, teman bermainnya di rumah bertambah satu. Seorang adik kecil telah hadir ke tengah keluarga mereka sejak tanggal 27 Januari 2021 lalu bernama Aruni Damani Tamin.

Walaupun Ansara kini sudah punya adik, tapi kedekatannya dengan sang Mama tak berkurang, lho.

Caca tetap bermain dengannya dan memerhatikannya seperti sebelum Ansara memiliki adik.

2. Caca biasakan Ansara untuk eksplorasi alam

2. Caca biasakan Ansara eksplorasi alam
Instagram.com/cacatengker

Anak usia batita memang sedang masa-masanya aktif bermain dan berlarian. Begitu juga dengan Ansara. Caca kerap berbagi cerita di Instagram pribadinya mengenai betapa aktifnya Ansara.

Ansara senang berlarian ketika sedang eksplorasi alam dengan sang Mama. Bahkan, kadang ia lepas alas kaki dan berjalan di atas rumput.

“Mba Ansara suka banget nih kegiatan kaya gini! Walaupun kebanyakan kegiatannya di rumah dan sekitarnya, aku tetap biasakan Mba Ansara untuk eksplorasi alam. Mba Ansara seneng banget lari-larian, bahkan kadang ga pakai alas kaki untuk jalan di rumput,” tulis Caca di Instagram pribadinya (23/4/2021).

Caca memang membiasakan Ansara untuk eksplorasi alam, Ma. Walaupun kini sebagian besar aktivitas dilakukan di rumah saja, Caca tetap mengusahakan Ansara untuk bisa mengeksplorasi alam.

Menurutnya, dari eksplorasi alam, sensori serta motorik halus dan kasar anak bisa terlatih. Anak juga banyak bertanya ketika eksplorasi alam yang membuat kosakata dan pengetahuannya bertambah.

Ternyata eksplorasi alam punya banyak manfaat untuk anak ya, Ma? Bisa dicontoh nih Ma, tapi tetap dengan menaati protokol ya.

3. Ansara si petualang cilik

3. Ansara si petualang cilik
Instagram.com/cacatengker

Ansara masih dalam usia yang sedang aktif mengeksplorasi lingkungan Ma, dan Caca merasa bersyukur karena Ansara percaya padanya ketika mengeksplorasi lingkungan.

Si Kecil Ansara mau pelan-pelan belajar mengenal laut, belajar berenang, dan belajar untuk tahu kapasitas tubuhnya.

My little Adventuress. Thank you ya Nak, udah sering percaya sama Ibu. Udah mau pelan-pelan belajar bahwa laut itu menyenangkan. Udah mau terus belajar renang. Walaupun sekarang masih belajar untuk tahu kapasitas badan (alias belum tahu capek kalo lagi kesenengan). Yang penting belajar, belajar, dan belajar,” tulis Caca dalam unggahan di Instagram pribadinya (6/6/2021).

Di lain sisi, sang Mama juga belajar nih, Ma. Belajar untuk mengikhlaskan dan memercayai Ansara serta belajar mengurangi cemas waktu melepas Ansara untuk mengeksplorasi lingkungan.

Sepertinya setiap Mama merasakan hal yang sama ketika sudah mulai harus melepas anak untuk mengenal lingkungannya, ya?

4. Ansara senang dandan

4. Ansara senang dandan
Instagram.com/cacatengker

Ansara senang sekali bermain dandan-dandanan. Ia pernah mengoleskan glitter sang Mama ke kelopak mata dan pipinya. Ia juga pernah bermain dengan salah satu lip cream Caca sampai wajah mereka berdua belepotan coretan merah.

Tak hanya senang bermain make up, sekarang Ansara juga sudah pintar memilih bajunya sendiri, Ma. Karena Ansara senang dandan dan sudah bisa memilih baju sendiri, Caca jadi suka main mix and match gaya busana dengannya.

Kelihatannya seru ya, Ma? Bisa ditiru nih idenya untuk bermain dengan anak yang suka dandan seperti Ansara.

Editors' Picks

5. Ansara suka makan seperti sang Mama dan Papa

5. Ansara suka makan seperti sang Mama Papa
Instagram.com/cacatengker

Di Instagram pribadinya, Caca sempat berbagi cerita bahwa Ansara suka makan seperti dirinya dan Barry. Ketika berumur 2 tahun, Ansara juga sudah mau makan sendiri lho, Ma.

Ternyata, pada dasarnya Ansara memang suka dengan rasa makanan dan suka mengeksplorasi makanannya sendiri, Ma.

6. Quality time Caca dan Ansara

6. Quality time Caca Ansara
Instagram.com/cacatengker

Menurut Caca, quality time bikin sarapan bersama anak bisa dijadikan momen untuk mengajarkan anak agar dapat berkembang aktif, lho. Maka dari itu, Caca menyempatkan diri untuk melakukannya bersama Ansara. Seperti potret di atas, mereka berdua membuat menu sarapan favorit Ansara, yaitu Cheese and Eggs on Toast.

Ansara tampak antusias ya, Ma?

7. Ansara suka di dalam air seperti sang Mama

7. Ansara suka dalam air seperti sang Mama
Instagram.com/cacatengker

Ansara suka sekali di dalam air seperti Caca, Ma. Caca sempat mengunggah fotonya sedang berenang bersama kedua putrinya dan Rafathar. Dalam unggahannya tersebut, ia bercerita bahwa Ansara selalu nyebur kalau lihat kolam renang. Bahkan bisa berjam-jam berenang, padahal sudah kedinginan.

Me and my water babies. Rafathar sama Mba Ansara yang selalu nyebur kalo liat kolam renang, ga mau naik dan bisa berjam-jam berenang padahal bibirnya udah biru kedinginan,” tulisnya.

Aruni yang ketika itu baru pertama kali berenang ternyata juga nyaman di dalam air, lho. Adik Ansara ini justru menangis ketika keluar dari air.

“Mungkin karena kedinginan dan sama kayak Ibu dan kakak-kakaknya suka banget di dalem air,” tutup Caca.

8. Caca meningkatkan bonding bersama Ansara

8. Caca meningkatkan bonding bersama Ansara
Instagram.com/cacatengker

Bagi Caca, momen memandikan anak menjadi salah satu hal yang disukainya, Ma. Selain karena ia suka dengan wangi si Kecil setelah mandi, momen itu juga bisa ia jadikan sebagai momen untuk meningkatkan bonding bersama anak.

“Siapa yang selalu addicted sama wangi Si Kecil kalau abis mandi? Salah satu yang aku suka itu moment bonding bareng Si Kecil di kamar mandi,” tulis Caca dalam unggahannya di Instagram (8/9/2021).

9. Ansara: penyemangat Caca dalam mengejar cita-cita

9. Ansara penyemangat Caca dalam mengejar cita-cita
Instagram.com/cacatengker

Caca mulai kuliah Magister Psikologi Klinis Dewasa pada tahun 2014. Setelah selesai ujian kompetensi, ia cuti untuk mempersiapkan pernikahannya dengan Barry.

Namun, ketika ia mulai berkeluarga, ia jadi ketagihan bekerja dan thesisnya tertunda.

Awal tahun 2020, akhirnya ia dinyatakan lulus pada sidang thesisnya. Ia membagikan momen bahagia itu di Instagram.

Dalam unggahannya, ia bercerita bahwa ia berhasil menyelesaikan thesisnya berkat sang suami yang tidak pernah lelah untuk menyemangatinya. Selain itu, ada Ansara juga yang menjadi inspirasi dan semangat untuknya mengejar cita-cita menjadi psikolog.

Ansara juga ikut menemani Caca sidang thesis lho, Ma.

“Terima kasih juga udah nemenin sidang thesis Ibu hari ini walaupun waktu Ibu dinyatakan LULUS, Ansara malah bobo jadinya pas foto mukanya ga keliatan. Tetep energimu nyampe ke Ibu yang bikin Ibu terus kuat (walaupun sempet stress, cemas, sampe hampir nyerah),” tulisnya.

10. Caca dan Ansara memakai kostum Halloween

10. Caca Ansara memakai kostum Halloween
Instagram.com/cacatengker

Panda and Doughnut are ready for trick or treats,” tulis Caca dalam unggahan potret ini di Instagram (31/10/2020).

Di Indonesia memang tidak ada budaya merayakan Halloween. Tapi memakai kostum lucu bersama anak di hari perayaan Halloween seperti Caca dan Ansara dalam potret ini tampaknya seru ya, Ma?

Tidak perlu merayakan dengan acara seperti yang seharusnya. Dengan memakai kostum lucu, berfoto-foto, dan quality time bersama anak rasanya sudah cukup menambah kenangan menyenangkan untuknya.

Itulah 10 potret kebersamaan Caca Tengker dan si kecil Ansara yang aktif. Tips dan ide parenting yang dilakukan Caca bisa juga kita contoh, Ma.

Semoga ke depannya, Ansara terus aktif dan semakin pintar ya Ma, dan Caca Tengker beserta keluarganya selalu sehat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.