5 Penyebab Anak Sulit Tidur pada Malam Hari

Bisa karena terlalu banyak tenaga atau terlalu lelah, Ma

15 Oktober 2019

5 Penyebab Anak Sulit Tidur Malam Hari
Freepik.com

Tidur malam tepat waktu sangatlah penting untuk perkembangan anak. Semakin larut, semakin sedikit waktu mereka untuk istirahat. 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Early Child Care and Youth Development di Inggris menunjukkan waktu tidur paling ideal untuk anak-anak adalah sekitar pukul 8 malam. 

Anak yang tidur tepat waktu pukul 8 malam cenderung terhindar dari obesitas dan lebih mudah berkonsentrasi dalam belajar. Sedangkan yang tidur larut akan kesulitan berkonsentrasi dan tingkat obesitasnya jauh lebih tinggi.

Lalu, bagaimana jika si Kecil sulit sekali diajak tidur pada malam hari. Bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini, seperti yang Popmama.com telah rangkumkan:

1. Terlalu lelah membuat anak susah tidur

1. Terlalu lelah membuat anak susah tidur
Freepik.com

Kadang orangtua berharap, saat anak sudah terlalu lelah, mereka bisa dengan mudahnya tertidur lelap sampai pagi. Namun nyatanya malah kebalikannya. 

Saat si Kecil terlalu lelah, yang ada mereka malah sulit tidur dan lebih rewel dari biasanya. Ini disebabkan adrenalin mereka masih bekerja dan harus diturunkan agar anak bisa tidur. 

Memberikan suasana kamar yang temaram dan nyaman bisa membantu mereka yang terlampau lelah bisa cepat tidur. Bantuan dari minyak esensial lavender juga bisa membuat mereka cepat terlelap.

2. Kurang aktif cenderung sulit tidur

2. Kurang aktif cenderung sulit tidur
Freepik

Di sisi lain, anak yang kurang aktif atau kurang bergerak juga akan cenderung sulit tidur. Tenaga mereka masih banyak yang belum terbuang dan rasanya mustahil membuat mereka tidur. 

Jika sudah begitu, lebih baik kuras tenaga mereka sampai terlihat agak lelah. Untuk menyiasatinya, Mama bisa perbanyak kegiatan fisik seharian agar saat malam mereka sudah lelah dan siap tidur. 

Untuk sesi tidur yang lancar, pastikan untuk memenuhi asupan pengeluaran tenaga si Kecil. Tenaga anak tersalurkan, sesi tidur pun lebih mudah dan singkat.

Editors' Picks

3. Salah jam tidur justru akan memengaruhi waktu tidur anak

3. Salah jam tidur justru akan memengaruhi waktu tidur anak
Freepik

Setiap orang memiliki jam biologisnya masing-masing, begitu juga dengan anak-anak. Jika Mama tidak peka dengan jam tidur si Kecil, maka mereka akan sulit diajak tidur pada malam hari. 

Seperti contoh, mereka tidur siang dan baru bangun pada pukul 5 sore. Tentu tidak mungkin diajak tidur malam pada pukul 7, karena mereka masih segar dan semangat. 

Agar tidak salah jam tidur, lihat lagi jadwal tidur si Kecil. Selain itu, kondisikan jam tidur siang mereka agar tidak menggangu jam tidur malam. 

4. Mengalami mimpi buruk akan membuat anak justru ketakutan buat tidur

4. Mengalami mimpi buruk akan membuat anak justru ketakutan buat tidur
Kebuena.com
mimpi buruk

Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami mimpi buruk. Saat mereka mengalaminya, kemungkinan besar mereka akan merasa takut untuk mengulang kegiatan tidur. 

Jadi jangan heran jika mereka menolak tidur tanpa alasan jelas, bisa jadi karena mereka mengalami mimpi buruk. Yang bisa Mama lakukan adalah menjelaskan mengenai mimpi buruk dan bagaimana mengatasinya. 

Temani si Kecil selama satu malam untuk membuat mereka nyaman jikalau mimpi buruk menghampirinya lagi. Tak lupa, ajarkan untuk selalu membaca doa agar terhindar dari mimpi buruk. 

Jika mimpi buruk tak kunjung usai, jangan ragu untuk meminta bantuan tenaga profesional untuk mengatasi masalah tersebut.

5. Screen time sebelum tidur membuat anak

5. Screen time sebelum tidur membuat anak
Freepik

Menonton TV atau main gadget sebelum tidur malah membuat anak-anak sulit tidur. Mereka cenderung gelisah dan tidak mau tontonannya habis. 

Sehingga, meskipun sudah mengantuk sekali,mereka akan menahannya demi bisa menonton. Jika sudah begitu, hindari screen time pada sebelum tidur. 

Geser jadwal screen time agar lebih sore. Sehingga saat malam, mereka bisa melakukan kegiatan lain sebelum tidur. Tentunya, kegiatan yang tenang dan mudah dilakukan di kasurnya. Membaca dongeng bisa jadi pilihan yang sangat menarik, Ma. 

Saat si Kecil terus-terusan sulit tidur malam hari, cari tahu penyebabnya dan segera temukan solusi. Karena tidur yang cukup sangat penting untuk perkembangan si Kecil.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!