#DiRumahAja, 3 Seleb Lakukan Aktivitas Ini untuk Menyenangkan Anak

Rachel Vennya, Sandra Dewi dan Alice Norin memiliki ide aktivitas sendiri nih, Ma!

22 April 2020

DiRumahAja, 3 Seleb Lakukan Aktivitas Ini Menyenangkan Anak
Instagram.com/alicenorin/rachelvennya

Setiap orangtua tentu memiliki ide kegiatan tersendiri untuk diterapkan kepada anak-anaknya selama berada di dalam rumah. Tak bisa dipungkiri bahwa karantina #DiRumahAja dan membatasi kegiatan di luar seringkali membuat kegiatan menjadi terbatas. 

Sebagai orangtua, Mama pun perlu mempunyai strategi tersendiri agar anak-anak tidak merasa bosan. Ada banyak kegiatan menyenangkan yang dapat membantu anak tetap aktif dan belajar banyak hal. 

Sandra Dewi, Rachel Vennya dan Alice Norin pun mempunyai kegiatan yang berbeda sesuai dengan minat serta karakter anak-anak mereka. 

Kira-kira apa ya yang para Mama seleb lakukan bersama anak saat di rumah saja?

Jika Mama ingin mengetahui keseruan aktivitas yang dilakukan oleh Rachel Vennya, Sandra Dewi dan Alice Norin bersama anak-anaknya selama di rumah, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

Bisa menjadi insprasi tersendiri nih, Ma!

Editors' Picks

1. Sandra Dewi menemani Raphael Moeis meningkatkan kecerdasan kinestik

1. Sandra Dewi menemani Raphael Moeis meningkatkan kecerdasan kinestik
Instagram.com/sandradewi88

Ketika pemerintah memutuskan untuk jaga jarak sosial dan meminta masyarakat tetap berada di dalam rumah, maka Sandra Dewi memanfaatkan momen tersebut untuk lebih dekat dengan anak-anak. 

Mama dua anak ini memanfaatkan waktu karantina ini sebagai bonding lebih jauh bersama Raphael Moeis dan Mikhael Moeis. 

Jika melihat Instagram Sandra Dewi, Mama pasti melihat beberapa potret ketika Raphael sedang gemar bermain basket. Dirinya pun memberikan fasilitas tersendiri dalam membantu meningkatkan kecerdasan kinestik Raphael. 

Perlu diketahui bahwa pembelajaran kinestetik sangat baik dalam perkembangan otak yang sehat. Hal ini dikarenakan pembelajaran kinestetik melibatkan anggota tubuh sekaligus menggunakan kemampuan otak secara bersamaan.

Basket menjadi salah satu cara dari Sandra Dewi menyalurkan kecerdasan kinestetik Raphael karena kegiatan tersebut banyak mengandalkan fisik. 

Lagi pula Raphael memang memiliki bakat tersendiri saat bermain basket. Cara melempar hingga bola masuk ke dalam ring, semua terlihat seperti Raphael sudah jadi jagonya.

2. Rachel Vennya menemani Xabiru Oshe Al-Hakim bermain sensory play

2. Rachel Ven menemani Xabiru Oshe Al-Hakim bermain sensory play
Instagram.com/rachelvennya

Rachel Vennya seolah tak kehabisan ide untuk membuat Xabiru tetap aktif selama di rumah. Tak hanya memiliki persediaan buku-buku baru, namun mama dua anak ini begitu memerhatikan setiap permainan yang dimainkan oleh putra dan putri kecilnya. 

Sebelumnya, Rachel Vennya juga pernah membahas mengenai wooden toys atau animal figures yang diberikan untuk Xabiru untuk bermain. 

Bukan tanpa alasan, Rachel mengatakan bahwa mainan kayu dan mainan berbentuk hewan memberikan manfaat positif untuk Xabiru. 

Menurut Rachel, mainan kayu dapat melatih imajinasi, fokus hingga kreativitas anak seiring bertambahnya usia Xabiru.

Selama karantina dan berada di dalam rumah, Rachel pun kembali memberikan aneka jenis sensory play untuk Xabiru. Beberapa hal yang dilakukan bersama dengan putra sulungnya mulai dari membuat playdough sendiri bahkan mengambil pompom dan dikumpulkan ke dalam gelas dengan warna yang sama.  

Perlu diketahui bahwa permainan sensori ini dapat menjadi sebuah kegiatan yang dapat mengaktifkan satu atau lebih panca indera anak. Jika rutin dimainkan dengan berbagai jenis permainan, maka meningkatkan rangsangan indera pengelihatan, indera peraba atau sentuhan, suara, bau dan gerakan.

Melalui Instagram pribadinya, Mama bisa melihat berbagai ide kegiatan menyenangkan dari Rachel Vennya untuk Xabiru. Kemudian bisa diadaptasi kembali dan diterapkan bersama si Kecil di rumah. 

3. Alice Norin menemani Alita Naora Lawi membangun imajinasi anak

3. Alice Norin menemani Alita Naora Lawi membangun imajinasi anak
Instagram.com/alicenorin

Alice Norin terus menemani anak pertamanya bermain, walau sedang menjalani masa-masa kehamilan. Dirinya pun menemani Alita Naora Lawi membangun imajinasi ketika sedang bermain rumah-rumahan. 

"Judulnya ini home inside home gitu ceritanya. Alita punya rumah-rumahan baru, buat fokus main di rumah selama periode #SelfQuarantine ini," tulis Alice Norin.  

Ketika bermain rumah-rumahan, orangtua dan anak pun akan membentuk sebuah cerita serta memiliki peran masing-masing. Keduanya seolah saling berimajinasi dalam membentuk sebuah cerita yang menyenangkan. 

Bentuk permainan ini mendorong anak-anak untuk belajar bagaimana caranya berinteraksi secara sosial dan mengembangkan isyarat sosial dengan bereksperimen dengan kontak mata menggunakan nada dan emosi yang berbeda. 

Tiga komponen yang perlu anak-anak terapkan saat melakukan permainan imajinasi, seperti: 

  • Menciptakan situasi imajinasi.
  • Menetapkan suatu tokoh atau karakter dan berusaha memerankannya.
  • Mengikuti aturan-aturan tertentu untuk memerankan tokoh atau karakter dengan baik. 

Tak hanya itu, bermain menggunakan imajinasi memang sangat penting untuk anak-anak agar belajar memahami lingkunganya sendiri. 

Ketika si Kecil menciptakan inisiatif atau membangun imajinasi melalui sebuah permainan, maka dirinya bisa menjadi lebih percaya diri dan mampu mengeksplorasi banyak hal. 

Itulah beberapa seleb yang melakukan aktivitas seru bersama anak-anaknya, saat berada di rumah saja. 

Kira-kira Mama sudah melakukan aktivitas menyenangkan apa saja bersama si Kecil selama di rumah?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.