Manfaat dan Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Rambut Anak

Meningkatkan pertumbuhan rambut anak

24 Januari 2021

Manfaat Cara Menggunakan Minyak Zaitun Rambut Anak
Freepik

Disebut-sebut sebagai salah satu minyak rambut anak yang paling populer, minyak zaitun selalu memberikan manfaat pada pertumbuhan rambut si Kecil. Namun, tampaknya belum banyak orangtua yang mengetahui manfaat minyak zaitun.

Bersamaan dengan sifat anti bakteri, minyak zaitun juga membantu melembabkan kulit kepala balita. Zaitun juga dapat membantu menutrisi kulit kepala si Kecil sekaligus menstimulasi pertumbuhan rambutnya.

Jika Mama masih ragu, kali ini Popmama.com akan membahas cara menggunakan minyak zaitun serta manfaatnya untuk pertumbuhan rambut anak. Yuk simak di bawah ini!

Amankah Penggunaan Minyak Zaitun untuk Rambut Balita?

Amankah Penggunaan Minyak Zaitun Rambut Balita
Pixabay/stevepb

Beberapa produk untuk anak seringkali menimbulkan reaksi alergi karena adanya toksin serta bahan-bahan kimia. Sehingga penting bagi Mama untuk mengetahui informasi seputar produk yang akan digunakan pada anak.

Dilansir dari hairoilpro.com, jika ada satu produk yang dianggap aman oleh semua dokter kulit untuk balita, itu adalah minyak zaitun. Dokter sering merekomendasikannya sebagai pereda alami dari Eksim, selain itu minyak zaitun juga bekerja dengan baik bahkan dengan kulit kepala sensitif.

Namun, jika Mama memiliki balita dengan kulit sensitif, yang terbaik adalah menguji produknya. Hentikan penggunaan jika Mama melihat tanda-tanda reaksi alergi.

Editors' Picks

1. Cara menggunakan minyak zaitun untuk pertumbuhan rambut anak

1. Cara menggunakan minyak zaitun pertumbuhan rambut anak
Freepik

Menggunakan minyak zaitun untuk pertumbuhan rambut orang dewasa dan balita memiliki perbedaan. Mama harus lembut dan harus menyediakan waktu yang cukup untuk mengaplikasikan minyak zaitun dengan benar pada kulit kepala si Kecil.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti:

  1. Celupkan handuk yang lembut ke dalam minyak zaitun, sebelumnya bisa hangatkan sampai suam-suam kuku.
  2. Letakkan di atas kulit kepala si Kecil, agar penyerapannya maksimal.
  3. Bersihkan setelah 10-15 menit, bilas dengan sampo ringan.

Sebagai alternatif, Mama bisa mengaplikasikannya semalaman sebagai perawatan deep conditioning untuk membuat kulit kepala lembab dan lebih bergizi.

2. Manfaat minyak zaitun untuk rambut si Kecil

2. Manfaat minyak zaitun rambut si Kecil
Freepik/Stasykid

Tapi, seberapa efektif minyak zaitun pada kulit kepala si kecil? Inilah cara minyak zaitun dapat membantu dalam merawat dan memelihara rambut bayi:

Tekstur dan ketebalan rambut yang optimal

Balita dapat mengembangkan tekstur dan ketebalan rambut seiring waktu. Dengan penggunaan rutin minyak zaitun, membantu tekstur dan ketebalan rambut lebih optimal.

Asam lemak yang ada dalam zaitun bekerja pada batang rambut, memberi asupan semua nutrisi penting.

Mengatasi masalah kulit kepala

Cradle cap dan eksim adalah masalah kulit kepala umum lainnya yang dihadapi si Kecil. Untuk mengatasi keduanya, Mama membutuhkan minyak pekat yang kaya Vitamin E seperti minyak zaitun.

Vitamin E dan keratin yang ada di dalam minyak zaitun melembabkan kulit kepala, mencegah semua kekeringan rambut.

Oleskan beberapa tetes ke kulit kepala balita dan gunakan sikat berbulu lembut untuk membersihkan kulit bersisik dengan lembut. Biarkan semalaman sebagai pelembab alami dan bersihkan keesokan harinya.

Pertumbuhan rambut cepat

Jika Mama melihat bintik-bintik botak di kulit kepala si Kecil, inilah waktunya untuk menggunakan minyak zaitun. Menggunakan minyak yang merangsang pertumbuhan sangat penting di sini. Dengan memijat lembut kulit kepala dengan minyak zaitun, dapat memperlancar aliran darah. Ini membantu meningkatkan aliran oksigen yang memperkuat folikel.

Pembersih

Ada kemungkinan besar kotoran berkumpul di antara helai rambut tanah. Ini sangat umum bahkan pada bayi baru lahir. Kotoran ini dapat melemahkan rambutnya dan juga dapat menyebabkan kerusakan.

Sangat penting untuk menggunakan pembersih ringan untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan. Untungnya, minyak zaitun berfungsi dengan baik sebagai pembersih yang lembut dan aman.

Folikel lebih kuat

Penting untuk memperkuat folikel rambut anak, agar rambut tidak mudah rontok dan rusak. Asam Oleat yang ada dalam buah zaitun dapat membantu memberikan manfaat tersebut. Ini juga berfungsi sebagai kondisioner alami yang akan membuat rambut menjadi lebih halus.

3. Minyak zaitun alami atau extra virgin dapat memberikan pertumbuhan rambut yang maksimal

3. Minyak zaitun alami atau extra virgin dapat memberikan pertumbuhan rambut maksimal
Freepik

Setelah melihat manfaat yang ditawarkan minyak zaitun untuk rambut si Kecil. Penting untuk mengetahui minyak zaitun seperti apa yang boleh digunakan pada balita. Menerapkan produk organik pada rambut balita sangat penting bagi Mama.

Ini membuat Mama juga merasa nyaman karena mengetahui produk ini sepenuhnya aman untuk balita. Sebagian besar minyak zaitun alami tersedia sebagai extra virgin.

Minyak zaitun extra virgin berarti diproses dengan mengekstraksi tanpa menggunakan bahan kimia atau panas sehingga dapat memberikan balita manfaat pertumbuhan rambut yang maksimal.

Mama dapat dengan mudah meningkatkan tekstur dan memberikan ketebalan yang diinginkan pada rambut si Kecil dengan bahan alami dan aman ini. Mulailah perawatan kulit kepala di usia dini agar anak mendapat nutrisi kulit kepala yang sehat hingga di masa-masa kedepan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.