Inilah 5 Mainan yang Paling Populer dan Disukai Balita

Bisa menjadi stimulus yang membantu perkembangan si Kecil

10 Februari 2021

Inilah 5 Mainan Paling Populer Disukai Balita
Freepik/Creativity_magic

Salah satu jenis stimulus yang dipercaya dapat memberikan efek positif pada pertumbuhan dan perkembangan balita adalah mainan. Melalui permainan, si Kecil dapat dalam mengembangkan kemampuan esensial dalam hidupnya.

Seperti rasa ingin tahu, keterampilan dalam menghadai tantangan, meningkatkan kecerdasan, dan sebagainya. Terdapat beberapa mainan paling populer untuk balita berusia 20 bulan yang bisa Mama perkenalkan kepada anak untuk membantu perkembangan lebih cepat dan bertahan lebih lama juga.

Ketika terdapat mainan yang menarik perhatian si Kecil.

Mama tidak perlu ragu lagi untuk membelikannya, walaupun mungkin anak dapat berminggu-minggu memainkan permainan yang sama. Dari sekian banyak pilihan mainan, tentunya Mama bingung dalam memilihnya.

Kali ini Popmama.com akan membahas mainan apa saja yang seringkali membuat balita tertarik memainkannya dan tentunya memiliki dampak baik pada perkembangannya.

Simak informasinya di bawah ini, 5 mainan paling disukai balita!

1. Balok bangunan

1. Balok bangunan
Freepik/Fwstudio

Balita sangat suka bermain dengan balok penyusun. Balok lego seringkali ditemukan di sebagian besar rumah dengan balita karena suatu alasan, karena balita menyukai berbagai warna dan permainan yang bisa dia bentuk-bentuk menurut imajinasinya.

Permainan blok bangunan ini juga bertahan lama dan memiliki tujuan yang meningkatkan kognitif anak. Si Kecil akan terlibat dalam membangun bangunan sederhana dan canggih dengan bantuan balok-balok ini.

Jika Mama membelikan balok-balok bangunan, Mama mungkin akan melihat anak untuk menghabiskan waktu berjam-jam dalam menyempurnakan bentuk sesuai imajinasinya.

Editors' Picks

2. Permainan set dapur

2. Permainan set dapur
Freepik/Odua

Banyak anak kecil menyukai set dapur miniatur, khususnya anak perempuan. Permainan set dapur akan membuat si Kecil sibuk karena berbagai komponennya, seperti main masak-masakan pada umumnya.

Bayangkan saja akan ada banyak “pesta teh” yang akan dibuat oleh anak mama yang berusia kurang lebih 20 bulan. Si Kecil mungkin mengundang Mama untuk “pesta teh” buatanya. Permainan set dapur, ditambah dengan beberapa boneka, adalah hiburan yang sempurna untuk anak perempuan.

Permainan ini juga cukup terjangkau dan mudah Mama temukan di toko-toko mainan. Satu set dapur menjadi salah satu mainan yang paling cocok untuk balita, selain itu Mama tak perlu khawatir karena set permainan dapur ini juga memiliki umur simpan yang lama.

3. Bola-bola berwarna

3. Bola-bola berwarna
Freepik/Annastills

Kebanyakan balita suka bermain dengan bola, terutama bola yang memantul. Bola-bola berwarna ini tidak hanya membantu si kecil mengidentifikasi warna, tetapi juga membantu membangun koordinasi tangan-mata yang lebih baik.

Jika Mama ingin melakukan hal-hal menyenangkan bersama si Kecil, letakkan kotak kardus dan minta anak untuk memasukkan bola.

Ini akan membuat anak tetap sibuk saat Mama sedang bekerja di rumah, menelfon kantor, atau sedang membaca novel favorit. Namun, pastikan bola tidak terlalu kecil, karena tentunya Mama tidak ingin balita menelannya.

4. Mobil-mobilan dengan lintasannya

4. Mobil-mobilan lintasannya
Freepik/Ollyy

Mobil-mobilan dengan arena bermainnya menjadi permainan yang paling disukai oleh anak laki-laki. Tanpa disadari, permainan ini memiliki manfaat bagi perkembangan anak usia dini, dari menghadapi tantangan dan membentuk anak menjadi lebih percaya diri dan mampu memecahkan masalah.

Dengan permainan ini, Mama dapat melihat nilai cara bermain dengan mobil mainan yang meningkatkan imajinasinya. Selain itu permainan ini dirancang untuk menantang anak, di mana ia menyiapkan lintasan dan untuk pertama kalinya hampir dijamin tidak akan berhasil. Tapi ia bisa membuat penyesuaian hingga akhirnya berhasil.

Tantangan merupakan nilai permainan semakin menarik, anak juga akan terus berusaha untuk menemukan lintasan yang tepat dan mendorongnya untuk memiliki mindset berkembang, merangkul tantangan, bukan hanya bermain.

5. Puzzle

5. Puzzle
Freepik

Puzzle yang tidak terlalu sulit adalah hiburan yang tepat untuk balita. Puzzle dapat memberi si Kecil kesempatan untuk melatih keterampilan barunya berkali-kali. Mama juga bisa beraksi dan membantunya dalam menyelesaikan puzzle.

Mainan ini dapat memberinya kebebasan untuk menyelesaikan sesuatu sendiri akan membuat anak memiliki pemikiran yang berkembang dengan cepat.

Keterampilan berpikir logisnya akan mendapat dorongan. Saat bertumbuh ia bahkan mungkin menjadi ahli dalam memecahkan masalah.

Puzzle juga akan membantunya mengembangkan keterampilan hubungan spasial, koordinasi tangan-mata, serta keterampilan motorik.

Beberapa mainan ini tidak hanya bagus untuk dilihat, tetapi juga mendidik. Selain itu, pastikan anak melakukan aktivitas lain selain bermain dengan mainan. Contohnya seperti harus mempelajari alfabet dan angka sejak usia dini.

Itulah 5 mainan paling disukai anak balita. Mama dapat menemukan berbagai cara menyenangkan untuk memasukkan pembelajaran ke dalam waktu bermain hariannya. Selamat bermain dan selamat mencoba Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.