Manfaat Memelihara Anjing bagi Perkembangan Emosional Anak

Anak akan merasa membangun rasa tanggung jawab dan empati pada makhluk hidup

9 Oktober 2020

Manfaat Memelihara Anjing bagi Perkembangan Emosional Anak
Freepik

Beberapa keluarga saat ini memilih untuk memiliki peliharan, yang bertujuan melatih anak untuk punya rasa empati pada makhluk hidup lain, serta nantinya bisa menjadi teman yang menghibur dan mendengarkan anak disetiap waktu.

Salah satu hewan peliharaan yang banyak dipilih adalah anjing. Mungkin semua orang tahu bahwa anjing merupakan hewan peliharaan yang hebat, karena dikenal dengan kesetiaan serta menjadi hewan yang juga penurut.

Tak hanya itu saja, namun ternyata anjing peliharaan juga bisa memberikan manfaat perkembangan untuk si Kecil yang masih berusia batita.

Hal ini pun dibuktikan oleh sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Pediatric Research.

Berikut ini Popmama.com akan membahas manfaat memelihara anjing bagi perkembangan emosional anak di bawah ini!

1. Anak dapat merasa bertanggung jawab untuk merawat hewan peliharaan

1. Anak dapat merasa bertanggung jawab merawat hewan peliharaan
Freepik/Freepic-diller

Semua orang mungkin sudah tahu, anjing merupakan hewan peliharaan yang hebat. Tetapi bisakah seekor anjing benar-benar memberikan manfaat perkembangan untuk si Kecil?

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Pediatric Research mengatakan, ya.

Anak yang keluarganya memiliki anjing terdapat peningkatan aktivitas fisiknya, dibandingkan keluarga yang tidak memiliki hewan peliharaan. Penelitian ini juga menemukan berbagai manfaat lainnya bagi keluarga yang memiliki anjing.

"Keluarga yang merawat seekor anjing dapat membantu anak-anak kecil merasa seperti menjadi bagian dari tim. Anak mungkin merasa berguna ketika mereka dapat membantu merawat hewan dengan membantu memberi makan atau berjalan-jalan dengan anjing," menurut Amy Morin, seorang pekerja sosial klinis berlisensi.

Selain itu, Amy menambahkan anak mungkin juga merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri ketika mereka dapat bertanggung jawab merawat hewan peliharaan.

Editors' Picks

2. Manfaat lainnya yang didapatkan anak saat memiliki anjing sebagai hewan peliharaan

2. Manfaat lain didapatkan anak saat memiliki anjing sebagai hewan peliharaan
Freepik/Senivpetro

Berikut ini adalah beberapa manfaat untuk anak yang memiliki hewan peliharaan anjing yang dijelaskan dalam penelitian:

  • Tanggung jawab meningkat

Anjing memiliki banyak kebutuhan, apa pun ras yang Anda pilih. Mereka perlu diberi makan dan minum setiap hari, diajak bermain, dan berjalan. Ini semua adalah tugas yang bahkan dapat dilakukan oleh si Kecil, atau dapat dilakukan dengan pengawasan orangtua.

Banyak keluarga memberikan tanggung jawab perawatan anjing sebagai bagian rutin dari tugas sehari-hari anak-anak mereka.

  • Rasa identitas dan kebebasan

Ketika seorang anak tumbuh bersama seekor anjing, anak akan mengembangkan hubungan dengan anjing yang unik dari orang lain dalam keluarganya. Ini dapat menumbuhkan rasa identitas dan kebebasan pada anak.

  • Cinta dan kesetiaan tanpa syarat 

Tidak banyak hewan peliharaan lain di luar sana yang loyal seperti anjing. Anak akan segera melihat hal ini dalam perilaku hewan peliharaan mereka, dan sebagai hasilnya, mereka mungkin juga menjalani hidup dengan cara ini.

  • Memberikan semangat

Tidak ada rasa takut ditolak jika menyangkut seekor anjing, pada saat anak menemukan kesulitan pertama mereka, seekor anjing yang selalu senang dapat memberikan dorongan semangat yang sangat dibutuhkan oleh anak.

  • Rasa empati yang lebih besar

Dengan memelihara anjing, akan datang banyak kebahagiaan. Walaupun tentu saja akan ada kesedihan dan bahkan kehilangan pada waktu tertentu. Namun dengan adanya hewan peliharaan yang memiliki masa hidup relatif singkat dapat melatih anak empati dan mengatasi kesedihan yang luar biasa.

  • Lebih banyak aktivitas fisik

Menurut penelitian, memiliki anjing dapat memberikan motivasi dan dukungan untuk aktivitas fisik. Anak akan menghabiskan waktu bermain dengan anjing peliharaannya sehingga memperoleh manfaat dalam hal peningkatan aktivitas fisik, serta perkembangan sosial dan emosional mereka.

“Anjing itu ramah, mereka konyol, menyenangkan, dan energik, seperti anak-anak. Benar-benar tidak ada teman yang lebih baik daripada anak kecil dan anak anjing, itulah sebabnya ada begitu banyak manfaat intrinsik dari kepemilikan anjing untuk anak kecil," Kata Laurice Wardini, pelatih anjing dan pendiri situs PuppyWiki.

3. Pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum memiliki seekor anjing

3. Pertimbangan harus diperhatikan sebelum memiliki seekor anjing
Freepik/Master1305

Tentu saja keluarga yang mempertimbangkan untuk memiliki anjing perlu memahami biaya yang dikeluarkan untuk memeliharanya. Terlebih lagi, kebutuhan anjing bisa jadi banyak, terutama jika memelihara anak anjing.

“Bagi orangtua, memiliki anjing adalah tanggung jawab yang sangat besar. Menambahkan seekor anjing ke dalam keluarga sangat mirip dengan memiliki bayi yang baru lahir pada awalnya, dengan hal-hal seperti kurang tidur, toilet training, pelatihan perilaku dan mengajak anak anjing ke dalam kehidupan dan rutinitas keluarga,” menurut Michal McCracken, pelatih anjing dan pendiri Akademi Sekolah Hewan di Wellington, Selandia Baru,

Anjing bisa tidak menurut, mereka bisa melarikan diri, bertengkar dengan hewan lain atau terluka, hingga memerlukan perawatan. Anjing yang lebih dewasa mungkin tidak selalu menyesuaikan diri dengan baik saat berada di sekitar anak kecil.

Tentu saja, semua kekurangan kecil ini dapat diatasi, namun sebagian besar pemilik anjing setuju bahwa memberikan waktu dan upaya untuk seekor anjing akan terbayar saat melihat perkembangan emosional anak.

4. Jika tidak boleh memelihara anjing namun ingin anak mendapatkan manfaat yang sama

4. Jika tidak boleh memelihara anjing namun ingin anak mendapatkan manfaat sama
Freepik/Senivpetro

Manfaat jika keluarga memiliki anjing adalah membangun empati, tanggung jawab, latihan fisik untuk anak. Namun banyak keluarga yang tidak dapat memiliki anjing, tetapi ingin anaknya mendapatkan manfaat yang sama.

“Meminta untuk menjaga anjing teman dan tetangga adalah cara yang bagus untuk mengajarkan anak-anak pada anjing dan rasa kegembiraan yang menyertainya, tanpa tekanan finansial,” kata Michal.

Pilihan lainnya adalah menjadi sukarelawan di penampungan hewan setempat, atau sekadar menghabiskan waktu di taman tempat keluarga bermain dengan anjing mereka. Sebagian besar pemilik sangat senang membiarkan anak-anak membelai anjingnya, tetapi penting untuk diingat untuk meminta ijin sebelumnya.

Nah itulah yang bisa si Kecil dapatkan, selain bisa tambah teman, ini juga bisa jadi hiburan lho, Ma.

Dapatkan manfaat memelihara anjing bagi perkembangan emosional anak sedini mungkin. Namun jangan lupa untuk tetap memperhatikan kebersihan, makanan hewan peliharaan, dan memberikan kasih sayang pada setiap hewan peliharaan ya karena mereka juga merupakan makhluk hidup yang perlu dilindungi lho!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.