9 Rekomendasi Sabun Cuci Tangan Kulit Sensitif untuk Anak

Mencuci tangan secara rutin juga menjauhkan anak dari hepatitis akut yang membahayakan

11 Mei 2022

9 Rekomendasi Sabun Cuci Tangan Kulit Sensitif Anak
Freepik/Wirestock

Pada 3 Mei 2022 lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan ada sekian ratusan anak di dunia yang terserang hepatitis akut misterius yang baru-baru ini mewabah hingga meninggal dunia, tiga di antaranya berasal dari Indonesia. 

Hal ini membuat WHO akhirnya menyatakan hepatitis akut menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB), bahkan Kementerian Kesehatan Indonesia telah meningkatkan kewaspadaan pada seluruh tenaga kesehatan dan masyarakat Indonesia. 

Salah satu cara pencegahan hepatitis akut pada anak adalah, membiasakannya untuk mencuci tangan secara rutin dengan sabun dan air mengalir. Namun, sering menggunakan sabun bisa menyebabkan kulit menjadi sensitif.

Sehingga untuk menjaga tangan si Kecil agar tetap bersih dan terhindar dari kulit kering, berikut ini Popmama.com telah menyiapkan 9 rekomendasi sabun cuci tangan kulit sensitif untuk anak.

Selalu sediakan di rumah ya!

1. Betadine Natural Defense Foaming Hand Wash Manuka Honey

1. Betadine Natural Defense Foaming Hand Wash Manuka Honey
Shopee.co.id

Mama pastinya sudah tidak meragukan lagi bagaimana madu bagi kelembaban kulit.

Sabun cuci tangan dari merek Betadine ini diformulasi dengan pH seimbang serta Vitamin E dan madu Manuka yang membantu membersihkan tangan anak dari kotoran, tanpa membuatnya jadi kering.

Selain itu, aroma dari madu Manuka pada produk ini juga terasa menyegarkan sehingga si Kecil akan semangat terus untuk mencuci tangan.

Natural Defense Foaming Hand Wash Manuka Honey dari Betadine ini bisa Mama dapatkan di supermarket dengan harga sekitar Rp33 ribuan untuk botol ukuran 225 ml.

2. Biore GUARD Foaming Hand Soap Fruity Antibacterial

2. Biore GUARD Foaming Hand Soap Fruity Antibacterial
kao.com

Sabun cuci tangan dari Biore ini memiliki tekstur berupa busa lembut yang bernama Microfoam. Busa Microfoam ini memiliki kemampuan antibakterial yang mampu membersihkan hingga ke dalam kuku dan sela-sela jari si Kecil.

Teksturnya yang lembut dan bebas dari pewarna, juga membuat sabun cuci tangan ini menjaga kulit balita yang sensitif agar tetap lembut dan terhindar dari iritasi.

Sabun cuci tangan Biore GUARD Foaming Hand Soap Fruity Antibacterial ini bisa Mama beli dengan harga sekitar Rp30 ribuan untuk ukuran 250 ml.

3. Carex Natural Aloe Vera Anti Bacterial Hand Wash

3. Carex Natural Aloe Vera Anti Bacterial Hand Wash
iStyle.id

Sabun cuci tangan Carex Natural Aloe Vera Anti Bacterial Hand Wash, diklaim dapat membunuh kuman dan bakteri hingga 99 persen, dan memiliki tekstur gel yang tidak menyebabkan kering atau pun lengket di kulit.

Kandungan lidah buaya di dalamnya juga membantu menjaga kulit tangan anak terasa halus, lembut, dan lembap.

Jika Mama ingin si Kecil mencuci tangannya dengan Carex Natural Aloe Vera Anti Bacterial Hand Wash ini, Mama bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp27 ribuan untuk botol ukuran 250 ml.

Editors' Picks

4. dr. soap Antiseptic Hand Wash

4. dr. soap Antiseptic Hand Wash
dr-soap.com

Sabun cuci tangan antiseptik dari dr. soap ini tidak mengandung bahan-bahan berbahaya seperti petrokimia, klorin, paraben, SLS, NLS, fosfat, dan pewarna buatan yang keras, sehingga sangat aman untuk balita yang memiliki kulit sensitif. 

Dengan teksturnya yang gel, sabun ini memiliki kemampuan untuk melembabkan tangan anak bahkan setelah mencuci tangan. Sekaligus memberikan tangan si Kecil aroma Balcony Breeze yang segar. 

Menariknya, sabun ini tak hanya bisa digunakan sebagai sabun tangan lho! Tapi juga bisa digunakan sebagai sabun mandi.

Mama bisa membeli produk sabun cuci tangan dari dr. soap ini dengan harga sekitar Rp90 ribuan.

5. OC NATURALS Hand Wash Lemongrass & Ginger

5. OC NATURALS Hand Wash Lemongrass & Ginger
Sociolla.com

OC NATURALS Hand Wash Lemongrass & Ginger ini diformulasikan dengan minyak zaitun murni dan aroma serai serta jahe.

Tak hanya sekadar menjaga anak dari penyebaran hepatitis dengan membersihkan kulit tangan, tapi sabun cair ini juga membuat tangan anak lebih lembut dan sehat.

Diformulasikan untuk kulit sensitif, produk ini juga dibuat tanpa mengandung paraben dan SLES sehingga aman untuk digunakan anak.

Mama bisa mendapatkan produk OC NATURALS Hand Wash Lemongrass & Ginger dengan harga sekitar Rp100 ribuan untuk ukuran 400 ml.

6. REI skin Sakura + Aloe Vera Hand Wash

6. REI skin Sakura + Aloe Vera Hand Wash
hey-glow.com

Sabun cuci tangan cair dari REI skin ini mengandung ekstrak bunga Sakura dan lidah buaya yang memberikan aroma wangi dan lembut.

Selain itu, produk ini juga bisa membersihkan tangan anak tanpa mengeringkan kulit, namun justru bisa melembapkan dan cocok untuk semua jenis kulit sensitif, termasuk kulit anak-anak.

Pastinya, sabun ini juga dibuat tanpa kandungan paraben dan sulfat. Sehingga mencegah kulit kering pada anak yang harus rutin mencuci tangan agar terhindar dari hepatitis akut.

Mama bisa mendapatkan REI skin Sakura + Aloe Vera Hand Wash untuk di rumah, dengan harga sekitar Rp95 ribuan untuk ukuran 500 ml

7. Sensatia Botanicals Petal & Rind Hand Wash

7. Sensatia Botanicals Petal & Rind Hand Wash
Shopee.co.id

Kemudian ada produk sabun cuci tangan dari Sensatia Botanicals, yang terbuat dari bahan-bahan alami. Produk ini diklaim cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif atau vegetarian dan vegan. 

Produk ini dapat membersihkan kotoran tanpa mengurangi kelembaban alami pada kulit anak, selain itu aroma citrusnya akan terasa menyegarkan. 

Kandungan minyak dari kulit jeruk di dalamnya kaya akan antioksidan, sehingga membantu anak dalam menutrisi dan melindungi kulit. Sedangkan minyak neroli dan daun peppermint membantu melawan bakteri.

Jika Mama tertarik dengan sabun cuci tangan ini, Mama bisa membelinya dengan harga sekitar Rp240 ribuan untuk ukuran 500 ml.

8. Sleek Foamy Hand Wash

8. Sleek Foamy Hand Wash
Shopee.co.id

Sabun cuci tangan dari merek Sleek ini diklaim mampu membunuh kuman dan menghilangkan bau, tanpa menyebabkan tangan anak terasa kering.

Pasalnya, sabun ini mengandung ekstrak madu yang membuat kulit tangan anak tetap halus. Menariknya lagi, sabun ini telah tersertifikasi Food Grade sehingga aman digunakan bahkan bagi anak-anak.

Foamy Hand Wash dari Sleek bisa Mama dapatkan di supermarket terdekat dengan harga sekitar Rp29 ribuan untuk botol ukuran 250 ml.

9. Sukin Cleansing Hand Wash Lime & Coconut

9. Sukin Cleansing Hand Wash Lime & Coconut
Sociolla.com

Sabun cuci tangan selanjutnya adalah sabun tangan dari merek sukin, yang diklaim cocok untuk semua jenis kulit, termasuk untuk balita yang memiliki kulit sensitif.

Sabun cuci tangan ini dibuat tanpa sulfat dan memiliki aroma rempah-rempah yang berasal dari ekstrak tanaman dan minyak.

Produk ini juga mampu membersihkan tangan si Kecil secara lembut tanpa membuat kulit kering, karena terdapat kandungan seperti minyak rosehip, alpukat, jojoba dan lidah buaya, serta yucca extract yang dapat melembabkan.

Mama bisa membeli sabun cuci tangan sukin Cleansing Hand Wash Lime & Coconut seharga Rp157 ribuan untuk ukuran 500 ml.

Nah itulah 9 rekomendasi sabun cuci tangan kulit sensitif untuk anak. Selain membiasakan si Kecil untuk mencuci tangan dengan sabun, pastikan Mama melakukan tindakan pencegahan lainnya. 

Seperti memberikan asupan air putih bersih yang matang, menjaga makanan anak agar tetap bersih dan matang sepenuhnya, memberikan anak alat makan sendiri, memakai masker, dan menjaga jarak. Semoga anak terhindar dari hepatitis dan sehat selalu ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk