Coba Yuk, Resep Bola-Bola Kentang Keju untuk Camilan Sehat Balita

Memiliki berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan si Kecil lho!

8 Juni 2021

Coba Yuk, Resep Bola-Bola Kentang Keju Camilan Sehat Balita
Freepik/Zulfiska

Anak balita memiliki perut yang lebih kecil namun memiliki kebutuhan energi yang tinggi. Oleh karena itu, camilan yang sehat perlu hadir sebagai bagian penting dari pola makan anak sehari-hari.

Bola-bola kentang keju adalah salah satu camilan setelah makan siang yang akan sulit ditolak oleh anak. Bola-bola ini terdiri dari remah roti kering dan renyah, yang menyembunyikan isian kentang dan keju di dalamnya.

Camilan ini memiliki rasa yang lezat dan idealnya dapat disajikan dengan saus apa pun. Bahan-bahan yang digunakan dalam resep ini juga meliputi kebaikan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan fisik dan mental balita.

Catat resep bola-bola kentang keju paling sederhana yang akan Popmama.com berikan di bawah ini, dan siapkan camilan terlezat untuk si Kecil!

Manfaat Bola-Bola Kentang Keju untuk Kesehatan Tubuh Balita

Manfaat Bola-Bola Kentang Keju Kesehatan Tubuh Balita
Freepik/Zulfiska

Bola-bola kentang keju bisa menjadi cara tepat untuk memasukkan kebaikan kentang dan keju ke dalam makanan balita. Bumbu-bumbu yang ada di camilan ini juga meningkatkan selera makan anak yang sedang berkembang, sehingga si Kecil bisa mendapatkan manfaat berikut ini:

  1. Kentang adalah sumber Vitamin C, kalsium, magnesium, potasium yang sangat baik yang membantu tubuh membangun dan memelihara struktur dan kekuatan tulang. Vitamin C memperbaiki kulit dan mengurangi keparahan pilek.
  2. Kandungan serat dalam kentang membantu mencegah sembelit sekaligus melancarkan pencernaan.
  3. Karena kentang menyediakan banyak serat, maka dapat memuaskan rasa laparnya untuk waktu yang lama.
  4. Keju adalah sumber kalsium, lemak, vitamin, dan protein yang baik. Ini menawarkan energi yang dibutuhkan anak untuk tetap aktif sepanjang hari. Ini juga baik untuk kesehatan gigi dan tulang.

Setelah mengetahui apa saja manfaat kesehatan dari camilan bola-bola kentang keju, yuk catat apa saja bahan yang dibutuhkan!

Editors' Picks

1. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bola-bola kentang keju

1. Bahan-bahan diperlukan membuat bola-bola kentang keju
Freepik

Resep bola-bola kentang keju ini dapat diberikan pada balita yang berusia lebih dari 16 bulan sebagai camilan kapanpun, baik sebelum atau setelah makan siang dan makan malam. Berikut bahan-bahan yang perlu Mama siapkan untuk membuat bola-bola kentang keju yang sehat:

  • 2 kentang berukuran sedang yang telah direbus
  • 2-3 sdm keju parut
  • 1 cangkir tepung panir
  • 1 bawang bombay berukuran kecil yang telah dicincang halus
  • 1 sdm daun ketumbar
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdt jus lemon
  • 1 pasta bawang putih dan jahe
  • 1 gelas minyak
  • 1 sdm oregano
  • 3 sdm tepung serbaguna
  • 5 sdm air
  • garam sesuai selera

2. Langkah-langkah membuat bola-bola kentang keju

2. Langkah-langkah membuat bola-bola kentang keju
Freepik/Qwartm

Petunjuk langkah demi langkah yang tercantum di bawah ini akan membantu Mama dalam menyiapkan bola-bola kentang keju dalam sekejap. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Rebus kentang dalam pressure cooker sampai lembut.
  2. Ambil kentang dan tumbuk dalam mangkuk, kemudian tambahkan bawang bombay, keju parut, bubuk ketumbar, garam, pasta bawang putih dan jahe, jus lemon, oregano dan daun ketumbar cincang.
  3. Campur semuanya hingga merata dan bentuk adonan yang kuat. Simpan adonan dalam lemari es selama beberapa waktu agar teksturnya lebih mengeras.
  4. Setelah adonan mengeras, olesi telapak tangan dengan minyak, kemudian ambil campuran kentang di tangan dan buat bola-bola kecil.
  5. Kemudian taburi bola-bola dengan sedikit tepung serbaguna.
  6. Campur 2 sdm tepung halus dengan air untuk membuat bubur dengan konsistensi cair, kemudian ambil tepung panir di piring dan tambahkan bumbu oregano ke dalamnya. 
  7. Gulingkan bola-bola ke dalam campuran tepung roti dan tepung panir, kemudian goreng dalam minyak dengan api sedang. Balikkan bola sesekali sampai berwarna cokelat keemasan.
  8. Tiriskan bola-bola ini ke dalam tisu kertas.
  9. Sajikan ketika hangat.

3. Tips untuk membuat bola-bola kentang keju agar semakin lezat

3. Tips membuat bola-bola kentang keju agar semakin lezat
Freepik/Zulfiska

Untuk menghasilkan bola-bola kentang keju yang lezat, Mama dapat mengikuti tips-tips di bawah ini:

  • Untuk anak yang usianya lebih besar, resep bola-bola keju kentang sederhana ini dapat dibumbui dengan menggunakan cabai hijau atau merica bubuk atau serpihan cabai, Mama bisa mencampurkannya ke dalam campuran tepung dan kemudian melapisinya dengan tepung panir.
  • Mama bisa memilih antara keju cheddar, keju mozzarella sebagai isian.
  • Resep camilan bola-bola kentang keju buatan sendiri ini bisa dibuat lebih sehat dengan menambahkan jagung rebus cincang atau bahkan kacang polong rebus.
  • Hindari pemberian keju jika si Kecil alergi terhadap produk susu.

Nah itulah resep bola-bola kentang keju yang cocok untuk menjadi camilan sehat balita. Hidangan ini populer untuk camilan setelah waktu bermain hingga pesta ulang tahun. Pastikan makanan ringan ini disiapkan secara higienis dan disajikan sebagai camilan sesekali untuk si Kecil ya Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.