5 Tips untuk Membesarkan Anak Balita dengan Zodiak Aquarius

Membiarkan anak mengekspresikan diri dapat meningkatkan kecerdasan serta kreativitasnya

31 Desember 2021

5 Tips Membesarkan Anak Balita Zodiak Aquarius
Freepik/shurkin_son

Setiap anak memiliki karakteristiknya masing-masing, dan inilah yang membuat mereka unik dan berbeda dari anak-anak lain.

Dengan mengenali karakteristik anak sejak usia dini, bisa membantu Mama dalam membimbingnya tentang banyak hal di dunia ini dengan cara yang sesuai atau disukai anak. Namun tak mudah mengenali seperti apa karakteristik anak, terlebih lagi ketika usianya masih kecil.

Salah satu cara yang bisa Mama lakukan adalah dengan mempelajari zodiak anak. Jika anak mama lahir pada 20 Januari hingga 18 Febuari, maka ia berada di bawah tanda zodiak Aquarius. Lantas, bagaimanakah cara untuk membesarkan balita yang berzodiak Aquarius?

Berikut Popmama.com telah merangkum lima tips untuk membesarkan anak balita dengan zodiak Aquarius, di bawah ini!

1. Memastikan anak bergaul dengan orang-orang yang tepat

1. Memastikan anak bergaul orang-orang tepat
Freepik/Rawpixel-com

Balita yang berzodiak Aquarius cenderung ramah dan akan membuat banyak teman dengan mudah. Si Kecil akan senang memiliki teman bermain yang berbeda latar belakang dan budayanya, dan berkembang dalam interaksi bersama mereka.

Anak Aquarius juga cukup sosial, seringkali pada usia lebih awal dari anak-anak lain. Saat ia tumbuh dewasa, anak cenderung memiliki teman dari segala usia, dan tidak menempel pada orang-orang yang berada dalam kelompok usia terdekat.

Ini mungkin tampak agak aneh, tetapi cukup normal bagi seorang anak Aquarius.

Selain itu, anak cenderung menemukan identitasnya melalui teman dan pergaulannya, jadi jelas sangat penting untuk memastikan anak bergaul dengan orang yang tepat, terutama karena ia cenderung lebih suka bergaul bersama, daripada menjadi seorang pemimpin.

Editors' Picks

2. Membebaskan anak untuk memilih dan mengekspresikan diri

2. Membebaskan anak memilih mengekspresikan diri
Freepik/Rawpixel-com

Balita berzodiak Aquarius mudah tertarik pada pilihan dan pengalaman baru. Aquarius kecil mama mungkin menyukai makanan yang tidak biasa yang bahkan tidak akan dicoba oleh anak-anak lain, seperti cabai dan keju yang kuat.

Atau anak mungkin menghabiskan berjam-jam di kamarnya, menciptakan sesuatu yang teknis, fungsional, dan serba luar biasa!

Mengejar kebebasan dan individualitas adalah prioritas utama si Kecil, jadi Mama harus memberikannya banyak ruang. Jika anak-anak Aquarius tidak diizinkan untuk mengekspresikan diri, mereka bisa menjadi pemberontak atau keras kepala dan bahkan depresi secara diam-diam.

3. Mendukung cara berpikir dan minat anak

3. Mendukung cara berpikir minat anak
Freepik

Biarkan si Kecil belajar berpakaian sendiri sesegera mungkin, dan beri ia banyak buku, perlengkapan seni, dan barang-barang lainnya untuk mendorong kreativitasnya.

Anak-anak Aquarius cenderung cukup cerdas. Mereka adalah pemikir maju yang alami dan memiliki pemahaman yang baik tentang dunia, sehingga si Kecil mungkin tumbuh menjadi pemecah masalah yang hebat.

Anak mungkin akan mengejutkan Mama dengan minat dan pilihan hidupnya, tetapi jika orangtua dapat tetap terbuka dengan cara berpikir anak Aquarius, kemungkinan besar Mama akan menemukan bahwa ia jenius dalam dirinya sendiri.

Anak-anak Aquarius hanya perlu waktu untuk menemukan cara terbaik untuk mengekspresikan kecemerlangan mereka.

4. Menggunakan tokoh-tokoh yang berhasil untuk memotivasi anak

4. Menggunakan tokoh-tokoh berhasil memotivasi anak
Pexels/Tatiana Syrikova

Cara terbaik untuk berkomunikasi dengan anak Aquarius adalah dengan menggunakan orang lain sebagai contoh positif. Karena si Kecil secara inheren tertarik pada orang lain, sehingga dengan membahas keberhasilan orang lain akan mendapatkan dan mempertahankan perhatiannya.

Akan lebih baik jika sudah mengetahui minat anak, sehingga akan membantu Mama menemukan role model yang tepat untuknya. Selain itu, hindari membandingkannya dengan orang lain dengan cara yang menghina, karena anak mungkin hanya akan mengabaikan Mama.

Penting untuk diingat, jika orangtua terus mengkritik anak, itu dapat menyebabkan kerusakan serius pada citra dirinya, karena ia tidak percaya bahwa dirinya dapat berubah. Cara lain untuk menyampaikan sesuatu adalah dengan menjelaskan pengaruh perilakunya terhadap orang lain.

5. Mengenalkan anak pada bidang teknologi atau komunikasi

5. Mengenalkan anak bidang teknologi atau komunikasi
Freepik

Sesuai karakteristiknya, Aquarius menyukai pekerjaan di mana mereka dapat dibiarkan menemukan caranya sendiri dalam melakukan sesuatu. Mereka tidak suka diatur, bahkan oleh orangtuanya sendiri, dan bisa sangat inventif ketika dibiarkan menggunakan kecerdasan dan kreatifitasannya sendiri.

Bidang teknologi tinggi sangat cocok, terutama bidang komunikasi di mana anak dapat berinteraksi dengan orang lain. Kemudian, anak juga bisa sangat baik dalam bidang pekerjaan sosial, atau pekerjaan yang bertujuan amal, karena ia memiliki kepedulian yang tinggi terhadap umat manusia.

Seorang balita Aquarius akan tumbuh dengan membuat perbedaan dalam masyarakat sangat memuaskan. Ini adalah sesuatu yang bisa pahami di usianya yang mungkin sangat muda.

Nah itulah beberapa tips untuk membesarkan anak balita dengan zodiak Aquarius. Namun perlu diingat bahwa ada banyak faktor lainnya yang memengaruhi karakteristik anak. Menghabiskan waktu bersama hingga banyak berkomunikasi, dapat membuat Mama lebih mengenal karakteristik anak lebih dalam.

Baca terus:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.