Wajib Tahu, 5 Hal yang Perlu Papa Lakukan Bersama Anak Usia 1-3 Tahun

Bukan sekadar cari nafkah, Papa juga perlu mengasuh dan dekat dengan anak-anaknya

4 Mei 2021

Wajib Tahu, 5 Hal Perlu Papa Lakukan Bersama Anak Usia 1-3 Tahun
Freepik

Setelah melahirkan si Kecil, peran Mama dan Papa menjadi sangat penting untuk proses tumbuh kembangnya. Tak hanya mengandalkan peran Mama saja, Papa juga harus melakukan pendekatan dengan anak sejak usia dini.

Meski tugas dan tanggung jawab utama Papa dalam keluarga adalah mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan bersama, namun tak semerta mendidik dan mengasuh anak adalah tugas Mama seorang, Pa.

Dalam pengasuhan yang dilakukan Papa, si Kecil tentu akan mendapat banyak manfaat yang luar biasa untuk tumbuh kembang. Itulah mengapa penting melakukan bonding time antara Papa dan si Kecil.

Lantas, hal apa saja yang perlu Papa lakukan dalam mengasuh anak usia 1-3 tahun?

Berikut Popmama.com telah merangkumnya untuk Papa ketahui. Disimak yuk, Pa!

Editors' Picks

1. Sentuhan fisik untuk anak usia 0-12 bulan

1. Sentuhan fisik anak usia 0-12 bulan
Freepik/freepic.diller

Di usia awalnya sampai menginjak 1 tahun, Papa bisa melakukan hal-hal yang berkaitan dengan sentuhan fisik. Sebab, di usia ini Papa bisa memulai kedekatan bersama si Kecil melalui kontak fisik guna membangun motorik halusnya.

Berikut yang bisa Papa lakukan untuk si Kecil yang masih berusia 0-12 bulan:

  1. Cobalah menggantikan popoknya. Ini juga menjadi momen penting yang bisa Papa lakukan. Jika umumnya pekerjaan ini Mama yang lakukan, yuk coba ikut belajar bersama Mama bagaimana cara menggantikan popok yang baik dan benar untuk si Kecil.
  2. Mengoleskan krim pelembab bayi sambil memberikan pijatan halus. Kegiatan ini selain untuk menghindari kulitnya iritasi, Papa juga sudah membangun kedekatan bersamanya melalui sentuhan pijatan yang diberikan.
  3. Memangku sambil memberikan susu. Jika Mama terlihat lelah atau harus mengerjakan pekerjaannya, cobalah ambil si Kecil dari Mama dan dudukkan pada pangkuan Papa. Sambil memangkunya, Papa juga bisa memberikan susu untuk membangun kedekatan bersama.
  4. Menggendong sambil menepuk pelan dan menyanyikan lagu. Ini juga bisa menjadi alternatif untuk si Kecil yang mau tidur, Pa. Selain menjadi lebih cepat mengantuk, juga dapat membangun kedekatan Papa dan si Kecil sejak dini.
  5. Sama dengan sebelumnya, Papa juga bisa menggendong sambil berjoget pelan mengikuti irama musik. Anak juga menyukai kegiatan ini, Pa. Selain membangun kedekatan, juga membuat anak merasa lebih tenang.

2. Gunakan anggota tubuh untuk anak 13-24 bulan

2. Gunakan anggota tubuh anak 13-24 bulan
Freepik/pvproductions

Di usia ini, anak akan mulai banyak belajar hal baru. Salah satu belajar berjalan dan berbicara. Belajar berjalan dengan Papa juga bisa lho dimanfaatkan untuk membangun kedekatan, sekaligus membangun kemampuannya untuk menggerakan tubuh dengan bebas.

Papa bisa melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Lakukan high five atau tos. Meski sederhana, namun kegiatan ini juga bisa membantu anak meningkatkan kemampuan bergeraknya, Pa. Jadi mulailah dari hal-hal sederhana dulu ya.
  2. Belajar berjalan mengikuti Papa. Cobalah Papa ajak si Kecil untuk mengikuti langkah Papa secara perlahan. Anak akan belajar mengamati dan meniru orang di sekitarnya, sehingga cara ini pun bisa Papa manfaatkan pada anak di rumah.
  3. Bermain kuda-kudaan juga bisa jadi pilihan, Pa. Selain membuat anak merasa bahagia, permainan sederhana ini juga akan membangun kedekatan Papa dan si Kecil sejak dini. Sehingga Papa pun tetap memiliki waktu bersamanya.
  4. Naik perosotan sambil dipangku Papa juga bisa jadi alternatif lainnya. Di usia ini mungkin anak masih takut bermain sendiri, untuk memulai keberaniannya, cobalah terlebih dahulu bermain bersama, Pa.
  5. Bergelantung di tangan Papa. Banyak orang berpendapat bahwa jika anak ditinggal bersama sang Papa, anak akan bermain hal-hal yang sedikit ekstrem. Bergelantung di tangan Papa mungkin terdengar sedikit ekstrem, tetapi ini juga bisa memberikan manfaat untuknya, Pa. Asalkan dilakukan dengan hati-hati dan perlahan ya!

3. Mulai ajak bicara anak usia 25-36 bulan

3. Mulai ajak bicara anak usia 25-36 bulan
Freepik/Rawpixel-com

Semakin bertambahnya usia si Kecil, semakin bertambah pula pola asuh yang harus Papa terapkan. Di usia ini, Papa bisa bermain bersama sambil mengajak bicaranya. Mengajak bicara anak juga menjadi satu cara dalam membangun kedekatan serta meningkatkan kemampuan anak dalam berekspresi.

Jadi lakukan hal-hal ini sejak dini yuk, Pa!

  1. Jika si Kecil berjenis kelamin laki-laki, Papa bisa mengajaknya bermain sepak bola bersama di halaman atau taman bermain dekat rumah. Selain membangun kedekatan, bermain bola bersama anak juga akan membantu anak mengekspresikan emosinya dalam bermain bola. Misal saat anak merasa bahagia ketika berhasil mencetak gol, atau merasa sedih saat sang Papa lah yang berhasil mencetak gol.
  2. Membuat jembatan dari blok juga bisa menjadi alternatif, Pa. Selain meningkatkan motorik anak, Papa juga dapat bekerja sama dengan si Kecil dalam membangun jembatan dari blok.
  3. Petak umpet memang menjadi permainan tradisional yang masih banyak dimainkan oleh sejumlah anak. Papa bisa menjadikan permainan ini untuk membangun kedekatan dan melatih bicara anak.
  4. Jika di rumah memiliki koran bekas tak terpakai, coba manfaatkan untuk bermain bersama si Kecil saja, Pa. Misalnya mengajak anak membuat kapal atau pesawat dari kertas koran. 
  5. Bacakan buku setidaknya sehari sekali. Luangkan waktu Papa untuk bercerita bersama anak. Misalnya membacakan buku cerita untuk meningkatkan memori anak dan membangun kedekatan bersama.

Itulah yang bisa Papa lakukan bersama si Kecil di rumah. Selain mencari nafkah, coba luangkan waktu untuknya demi tumbuh kembang yang optimal ya, Pa.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.