Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Manfaat Kerang untuk Anak

Dapat membantu menjaga kesehatan jantung sejak dini, Ma

19 Februari 2021

Baik Kesehatan, Ini 5 Manfaat Kerang Anak
Texashillcountry.com

Bagi sebagian orangtua, memberikan kerang untuk anak-anak mereka mungkin menjadi hal asing atau terdengar aneh. Sebab, rasa asin, tekstur kenyal serta bau amis pada kerang mungkin membuat orangtua tak mau memberikannya pada buah hati mereka.

Namun jangan salah, Ma. Menurut penelitian, kerang adalah makanan laut yang mengandung sumber nutrisi yang kaya untuk kesehatan tubuh.

Kerang sendiri akan terasa lezat jika Mama mengolahnya engan metode yang benar. Ketika Mama berhasil mengolahnya, maka bukan tak mungkin anak menjadi menyukai kerang dan merasakan manfaat yang ada dari kerang itu sendiri.

Lantas, apa saja manfaat kerang yang bisa anak rasakan?

Yuk, simak ulasan yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini mengenai beberapa manfaat kerang untuk kesehatan anak.

1. Membantu meningkatkan kecerdasan

1. Membantu meningkatkan kecerdasan
Unsplash/Stephen Andrew

Makanan laut biasanya terkenal dengan kandungan vitamin B12 yang baik untuk memelihara fungsi otak. Begitu pula pada kerang. Makanan yang memiliki cangkang cukup keras ini ternyata juga kaya akan kandungan vitamin B12, Ma.

Tentunya dengan memberikan kerang pada anak, maka Mama akan membantu menjaga kesehatan otaknya dan membantu meningkatkan kecerdasan anak mama.

Editors' Picks

2. Meningkatkan sistem imunitas

2. Meningkatkan sistem imunitas
Babycouture.in

Kerang juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi untuk meningkatkan imunitas tubuh anak, Ma. Zat besi pada kerang nantinya membantu pembuangan racun hingga memproduksi sel darah putih yang bisa mencegah berbagai macam masalah kesehatan pada anak-anak.

3. Menjaga kesehatan jantung

3. Menjaga kesehatan jantung
Unsplash/Anna Kolosyuk

Kerang juga memiliki kandungan omega-3 yang cukup tinggi dan baik untuk menurunkan kadar trigliserida yang terlalu tinggi pada tubuh. Fungsinya adalah untuk menghindari anak dari risiko permasalahan jantung seperti pembuluh arteri dan serangan jantung.

Jika memberikan pada porsi yang sesuai, maka Mama sudah membantu anak menjaga kesehatan jantungnya sejak usia dini lho!

4. Mencegah anemia sejak dini

4. Mencegah anemia sejak dini
Freepik/Pvproduction

Selain baik untuk meningkatkan imunitas tubuh anak, kandungan zat besi pada kerang juga mampu mencegah anemia sejak dini, Ma.

Sebab, zat besi juga membantu meningkatkan hemoglobin dalam darah yang berfungsi membawa oksigen dalam darah ke seluruh tubuh anak. Jika memberikan kerang dalam jumlah yang sesuai, maka anak mama akan terhindar dari risiko anemia sejak dini.

5. Meningkatkan kolagen untuk kesehatan kulit

5. Meningkatkan kolagen kesehatan kulit
Parintecuminte.ro

Kolagen dalam tubuh akan berkurang seiring bertambahnya usia, Ma. Padahal, kolagen sendiri sangat baik untuk kesehatan kulit.

Untuk itu, agar kesehatan kulit anak terjaga sedari dini, Mama bisa memberikan asupan kolagen dalam tubuhnya dengan konsumsi kerang. Sebab, kerang menjadi salah satu pemasok kolagen yang mengandung vitamin C serta zat besi yang baik untuk kesehatan kulit anak mama.

Nah, itu dia 5 manfaat memberikan kerang pada anak Mama.

Agar anak merasakan manfaat yang sudah disebutkan di atas, berikan kerang dalam jumlah sedikit demi sedikit dahulu ya, Ma. Hal ini untuk mengetahui apakah ada reaksi alergi pada anak atau tidak.

Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.