Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Tips Memilih Pakaian Balita yang Nyaman dan Penuh Gaya

Tampil penuh gaya juga harus tetap memerhatikan usia si Kecil ya, Ma

10 Februari 2022

7 Tips Memilih Pakaian Balita Nyaman Penuh Gaya
Pexels/Tuấn Kiệt Jr

Sebagai orangtua, tentu kita ingin yang terbaik untuk anak. Salah satunya seperti memberikan pakaian terbaik yang nyaman digunakan namun tetap perlihatkan tampilan yang modis dan penuh gaya.

Di usia balita, memilih pakaian untuk si Kecil memang susah susah gampang ya, Ma. Selain mencari pakaian dengan penampilan kekinian, tentunya kenyamanan menjadi faktor penting yang perlu dipertimbangkan. 

Nah, untuk memudahkan Mama memilih pakaian untuk si Kecil, kali ini Popmama.com akan merangkumkan beberapa tips memilih pakaian balita yang nyaman dan tetap penuh gaya. Simak artikelnya sampai akhir, ya!

1. Pilih bahan yang sesuai dengan iklim Indonesia

1. Pilih bahan sesuai iklim Indonesia
Freepik/Prostooleh

Selain mempertimbangkan dari segi model, faktor utama yang penting orangtua pahami saat memilih baju untuk balita adalah mencari bahan pakaian yang sesuai dengan iklim Indonesia. Biasanya bahan yang banyak digunakan adalah katun, spandek, hingga polyester. 

Namun, beberapa bahan tersebut memiliki daya serap keringat yang berbeda-beda. Untuk anak usia balita yang sedang aktif bergerak, usahakan memilih pakaian yang menyerap keringat seperti produk berbahan katun misalnya.

Selain menyerap keringat, bahan katun juga memiliki tekstur yang lembut dan adem saat digunakan. Sehingga akan lebih nyaman saat digunakan oleh si Kecil.

2. Pilih model pakaian yang bisa buat anak bebas bergerak

2. Pilih model pakaian bisa buat anak bebas bergerak
Freepik/Jcomp

Selain memilih bahan yang dapat menyerap keringat, pastikan juga Mama memilih pakaian dengan model yang dapat membuat si Kecil bebas bergerak. Di usia tumbuh kembangnya, anak usia balita sedang aktif-aktifnya dan banyak menghabiskan hari dengan bergerak sepanjang hari.

Untuk itu, pilihlah pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat agar anak bisa lebih leluasa bermain. Usahakan juga untuk memilih pakaian dari bahan yang tidak terlalu tebal. Sebab pakaian yang terlalu tebal justru bisa memicu alergi, gatal, dan iritasi pada kulitnya.

Editors' Picks

3. Pilih model pakaian yang kekinian dengan model timeless

3. Pilih model pakaian kekinian model timeless
Freepik/master1305

Tak hanya orang dewasa, orangtua juga mulai mempertimbangkan model pakaian yang cocok digunakan untuk anak-anak mereka. Pilihlah pakaian yang kekinian agar si Kecil tetap tampil modis. Misalnya dengan produk modeltimeless yang menghadirkan warna-warna earth tone. Pemilihan model tersebut cocok digunakan oleh anak-anak karena simpel, namun tetap memberikan kesan modis dan nyaman pada si Kecil. 

4. Hindari pakaian dengan model orang dewasa

4. Hindari pakaian model orang dewasa
Freepik

Tampil penuh gaya tak harus menirukan pakaian orang dewasa kok, Ma. Saat ini sudah banyak produsen pakaian anak yang menawarkan ragam model fashionable namun tetap menyesuaikan dengan usia si Kecil.

Sebab jika memilih pakaian dengan model orang dewasa, bukannya terlihat menggemaskan dan bergaya, justru si Kecil akan terlihat lebih tua dibandingkan usianya. Jadi, pastikan memilih pakaian yang sesuai usia dan model yang sewajarnya ya!

5. Pakaian dengan kancing depan untuk memudahkan

5. Pakaian kancing depan memudahkan
Pexels/RODNAE Productions

Orangtua yang memiliki anak usia 1 tahun biasanya lebih memilih pakaian dengan kancing depan untuk memudahkan saat memakaikan serta melepaskan pada si Kecil. Nggak harus kemeja yang sifatnya formal, saat ini banyak baju yang lebih santai namun menggunakan kancing depan, Ma. Sehingga anak mama akan lebih mudah menggunakannya, serta mudah juga saat akan melepaskannya.

6. Pilih pakaian dengan harga terjangkau

6. Pilih pakaian harga terjangkau
Pixabay/Anastasia Gepp

Tak seperti pakaian orang dewasa, pakaian anak-anak yang berukuran jauh lebih kecil justru cenderung lebih mahal dibanding pakaian kita orang dewasa. Untuk itu, cobalah untuk memilih pakaian dengan harga terjangkau terlebih dahulu, Ma.

Sebab anak-anak terus mengalami pertumbuhan, sehingga pakaiannya bisa saja tidak bertahan lama karena perubahan yang terjadi pada tubuhnya. Sehingga memilih pakaian dengan harga terjangkau namun tetap nyaman digunakan adalah tips yang tak kalah penting.

7. Beli produk sesuai kebutuhan

7. Beli produk sesuai kebutuhan
Freepik/Serhii_bobyk

Namanya dunia fashion, tentu akan terus bergerak setiap saat. Selain pada pakaian orang dewasa, pakaian anak pun sama demikian. Tips terakhir yang tak kalah penting adalah memilih pakaian anak sesuai dengan kebutuhan.

Biasanya orangtua akan teriming produk diskon atau promo, alhasil baju anak pun menumpuk dan kerap kali tidak digunakan karena pertumbuhannya yang kian bertambah setiap hari. Jadi, pastikan Mama membeli produk anak sesuai kebutuhan dan berguna dalam jangka panjang ya!

Itulah beberapa tips dalam memilih pakaian anak yang nyaman namun tetap penuh gaya. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan saat memilih pakaian untuk si Kecil ya, Ma.

Baca juga:

Yuk cari inspirasinya di sini

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk