TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Tips Mendekor Taman Bermain Ramah Anak di Rumah

Bikin suasana di rumah aja menjadi lebih menyenangkan untuk anak-anak

23 Maret 2022

5 Tips Mendekor Taman Bermain Ramah Anak Rumah
Pexels/Andy Kuzma

Sebagai besar dunia anak dipenuhi dengan bermain. Maka tak heran jika banyak orangtua memberikan pendidikan pada anak dengan cara yang menyenangkan. Hal ini dilakukan agar anak merasa belajar adalah sesuatu yang seru dan menyenangkan, bukan hal yang monoton dan membosankan.

Salah satu cara mengajarkan anak berbagai hal seru di rumah adalah dengan membuatkan taman bermain. Jika Mama dan Papa memiliki lahan yang cukup luas dan tidak terpakai, yuk kita alokasikan sebagai taman bermain untuk si Kecil di rumah.

Selain agar membuat anak betah berdiam diri di rumah, taman bermain berapa pun ukurannya juga akan membuat anak mama memiliki spot tersendiri untuk bereksplorasi.

Meski ukurannya mungkin sederhana, namun Mama tetap perlu memerhatikan keselamatan dan kenyamanan anak selama bermain di taman bermain tersebut. Berikut akan Popmama.com rangkumkan tips mendekor taman bermain yang ramah anak.

1. Cobalah membuat rumah pohon mini

1. Cobalah membuat rumah pohon mini
Freepik

Jika lahan yang ada di rumah cukup memadai, dan dana yang dimiliki cukup, yuk kita buatkan rumah pohon mini untuk anak. Tak perlu terlalu tinggi, Mama bisa membuatnya dengan ukuran sedang yang bisa membantu motorik anak dalam berlatih memanjat.

Untuk mencapai rumah pohon mini yang akan dibuat, Mama bisa melengkapinya dengan tangga mini yang aman untuk anak jangkau. Sebagai hiasan agar menarik perhatiannya, Mama juga bisa mengajak anak untuk mendekor rumah mininya dengan warna warni kesukaannya.

Meski dibuat dengan ukuran cukup pendek dan bermanfaat dalam melatih motorik anak, namun pastikan Mama dan Papa selalu mengawasi aktivitas bermain anak di spot favoritnya ini, ya!

Namun, jika membuat rumah pohon tidak memungkinkan di lahan taman bermain si Kecil. Mama bisa menggantinya dengan menyediakan tempat kemah yang bisa anak jadikan tempat bermain untuk berekplorasi. Lebih mudah, bukan?

Editors' Picks

2. Membuat taman lebah atau kupu-kupu

2. Membuat taman lebah atau kupu-kupu
Freepik

Tenang dulu, Ma. Maksud dari poin ini adalah mendekor taman bermain si Kecil dengan hiasan penuh dengan bunga sebagaimana tempat favorit lebah dan kupu-kupu singgah. Mama bisa mengajak anak mempercantik taman dengan berbagai corak bunga.

Selain memberikan kesan cantik dipandang, taman lebah ini juga bisa dimanfaatkan Mama untuk mengajak anak bercocok tanam. Dengan menyediakan pot warna warni, ajak anak untuk merawat tanaman bunga yang sudah ia tanam sebelumnya.

Jadi tak hanya bermain, tetapi anak juga belajar untuk merawat tanaman sedari dini. Bisa mengisi waktu luang menjadi lebih positif dan menyenangkan, bukan?

3. Sediakan spot untuk kotak pasir di taman

3. Sediakan spot kotak pasir taman
Pexels/Min An

Permainan pasir memang menjadi kegiatan seru yang banyak digemari anak. Jika masih ada spot kosong di taman bermain, Mama bisa menambahkan kotak pasir untuk anak berkreasi.

Tak hanya meningkatkan kreativitas anak dengan gurun pasirnya. Bermain pasir juga akan membantu anak meningkatkan kemampuan sensori mereka, Ma. Jadi double manfaat, bukan?

Meski bermanfaat untuk tumbuh kembang anak, namun pastikan untuk tetap mengawasi anak saat bermain di kotak pasir miliknya ya. Hal ini agar si Kecil tetap terjaga kebersihan dari kotoran hewan yang ada, serta demi keamanan anak agar tidak memakan pasir tanpa di sengaja.

4. Tambahkan spot keluarga untuk mendampingi anak

4. Tambahkan spot keluarga mendampingi anak
Freepik/Rawpixel-com

Agar mendampingi anak lebih leluasa dan nyaman, Mama bisa menambahkan spot keluarga di taman bermain. Nggak harus berukuran besar dengan dekorasi mewah, Mama bisa menggunakan beberapa kursi panjang yang dilengkapi meja mungil.

Selain untuk mendampingi anak bermain, spot ini juga bisa dimanfaatkan keluarga di rumah untuk kumpul sore sambil menikmati teh dan camilan. Bermanfaat juga untuk meningkatkan bonding antara satu sama lain nih, Ma.

5. Menyediakan beberapa permainan

5. Menyediakan beberapa permainan
Amazon.com

Ada banyak orangtua yang memberikan wahana permainan mini seperti rumah-rumahan, atau semacamnya. Namun penempatannya kerap memakan lahan di dalam rumah. Bukan begitu, Ma?

Nah, dengan adanya taman bermain, Mama bisa menempatkan wahana permainan seperti rumah bermain anak atau mobil-mobilan di sana. Selain memang dikhususkan untuk anak bermain, juga bisa mengurangi penumpukan barang di dalam rumah.

Mama bisa menyiapkan media permainan anak dalam kondisi yang nyaman seperti sudah dialasi karpet rumput, atau semacamnya. Sehingga selan lebih menarik, anak juga akan lebih betah memainkan mainannya. Bisa jadi cara mengurangi waktu screen time juga, lho!

Itulah beberapa tips mendekor taman bermain di rumah yang nyaman dan menarik untuk anak. Nggak harus keluar rumah, akhir pekan juga bisa dimanfaatkan si Kecil dengan bermain di taman rumahnya. Yuk, coba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk