Jawab dengan Bijak, 7 Tips Menghadapi Komentar Tak Enak Tentang Anak

Sering mendapat komentar tak enak tentang si Kecil? Yuk, tanggapi dengan lebih bijak, Ma

27 Mei 2021

Jawab Bijak, 7 Tips Menghadapi Komentar Tak Enak Tentang Anak
Freepik/freepic.diller

"Kok anaknya kulitnya hitam sih, beda sama Mama dan Papanya." atau "Wah hidungnya mancung banget, nggak kayak Mama dan Papanya yang pesek ya."

Komentar-komentar di atas hanyalah beberapa di antara komentar yang mungkin masih banyak dilontarkan. Meski tak berniat menyakiti, namun terkadang komentar seperti itu sering kali membuat stres para orangtua.

Jika Mama pernah mengalaminya? Apa yang akan Mama komentari dan bagaimana cara Mama menjelaskan pada si Kecil agar kejadian seperti itu tak ia lakukan kepada orang lain?

Ada banyak cara bijak yang bisa Mama lakukan dalam menghadapi komentar orang lain, Ma. Agar tidak kemakan emosi dan membuat Mama stres, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa tipsnya.

1. Abaikan jika merasa terganggu

1. Abaikan jika merasa terganggu
Pexels/Madeline Bassinder

Sering kali omongan orang lain tentang si Kecil membuat Mama dan Papa merasa terganggu. Tak jarang pula membuat emosi meningkat dan membalasnya. Bukan begitu, Ma?

Alih-alih kemakan emosi sendiri, sebaiknya abaikan omongan yang membuat Mama terganggu ya.

Cobalah untuk tenang dan menahan komentar Mama agar tidak terjadi perselisihan antara Mama dan orang yang berkomentar tersebut.

2. Tetap bersikap tenang

2. Tetap bersikap tenang
Pexels/Gustavo Fring

Cara terbaik menghadapi orang yang berkomentar tentang anak adalah tetap tenang dan membalasnya dengan senyuman. Biarkan orang lain berkata demikian, sebab kitalah sebagai orangtua yang lebih memahami bagaimana anak kita, Ma.

Editors' Picks

3. Jawab santai atau bercanda

3. Jawab santai atau bercanda
Freepik/ArthurHidden

Jika memang ingin menjawab komentar tersebut, jawablah dengan sesantai mungkin atau sambil bercanda. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya perselihan. Meski sering kali membuat kesal, namun tidak semuanya perlu dibalas dengan komentar yang serupa, Ma. 

4. Tidak balik berkomentar

4. Tidak balik berkomentar
Freepik

Masih banyak orangtua yang juga balik mengomentari anak orang lain ketika anaknya dikomentari. Meski berniat baik untuk membela anak, namun ini semua akan menjadi boomerang sendiri untuk si Kecil di kemudian hari, Ma.

Agar si Kecil tidak melakukan demikian pada orang lain, sebaiknya Mama memberikan penjelasan padanya untuk tidak melakukan hal serupa dan menanggapinya dengan tetap tenang dan santai.

5. Perhatikan kondisi mood Mama

5. Perhatikan kondisi mood Mama
Freepik/prostooleh
Ilustrasi

Saat si Kecil dikomentari, mungkin ini akan membuat suasana hati atau mood Mama berubah menjadi lebih tidak enak. Bagaimana tidak, orangtua mana yang tidak kesal jika anaknya dikomentari demikian?

Sebelum membalas komentar tersebut, yuk, kelola mood Mama agar tidak 'panas'. Hal ini agar pikiran bisa lebih terbuka menyampaikan pendapat atas komentar tersebut. Jadi kembali lagi, tenangkan diri dulu yuk, Ma!

6. Membalasnya dengan edukasi

6. Membalas edukasi
Freepik/gpoInstudio

Alih-alih balik mengomentari atau menjawab dengan penuh kekesalan, Mama atau Papa bisa membalas komentar tersebut sambil memberikan edukasi pada orang yang mengomentari si Kecil.

Beri tahu pada orang tersebut bahwa apapun yang terjadi pada anak mama, itu adalah kehendak Tuhan dan kita sebagai orangtua harus menjaga dan menerima pemberian tersebut dengan penuh suka cita.

7. Yakin bahwa semua yang terbaik dari Tuhan

7. Yakin bahwa semua terbaik dari Tuhan
Freepik/master1305

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, apapun yang anak mama miliki, itu semua adalah yang terbaik dari penciptanya.

Jangan sampai komentar buruk dari orang lain bisa membuat Mama ikut mengomentari anak sendiri ya, Ma. Yakinlah bahwa apapun yang diberikan, itu semua adalah pemberian terbaik dari Tuhan.

Itulah tips bijak dalam menanggapi komentar tak enak orang lain pada anak mama. Semoga informasinya bermanfaat dan bisa membuat Mama lebih bijak dan tetap tenang dalam menanggapi komentar tersebut ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.