Eksklusif: Tips Pola Asuh a la Radhini, Membuat Kesepakatan Bersama Suami Demi Tumbuh Kembang Anak

Pola asuh a la Radhini dalam mengurus buah hatinya di tengah pandemi

7 Oktober 2021

Eksklusif Tips Pola Asuh a la Radhini, Membuat Kesepakatan Bersama Suami Demi Tumbuh Kembang Anak
Instagram.com/radhini_

Kehadiran seorang anak dalam sebuah keluarga tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pasangan suami istri, begitu pula yang dirasakan oleh penyanyi Radhini Aprilya Hapsari dan sang suami, Angga Adiyatama.

Hadirnya Imani pada dua tahun silam membuat Radhini dan Angga kini disibukan dengan berbagai aktivitas sebagai orangtua baru.

Menikah pada tahun 2018, penyanyi sekaligus seorang mama ini mengaku bahwa prioritas kehidupannya bersama suami kini bukan hanya tentang mereka berdua, melainkan untuk putri pertama mereka.

Di tengah kondisi pandemi yang tak kunjung usai, keduanya menerapkan kesepakatan bersama dalam memberikan pola asuh terbaik untuk Imani. Menurut Radhini, kerja sama antara suami dan istri dalam memberikan pola asuh adalah hal yang perlu dilakukan.

Dalam exclusive interview untuk Millennial Mama of the Month Edisi Oktober 2021, penyanyi yang memiliki ciri khas rambut pendek ini mengatakan, "Saya dan suami itu harus terlibat langsung dan mengerjakan semua keperluan anak secara gotong-royong dan bersamaan di rumah. Jadi apa yang saya kerjakan harus bisa suami saya kerjakan juga, kecuali menyusui."

Jika Mama ingin mengetahui cerita lain dari Radhini dan suami dalam memberikan pola asuh kepada Imani, kali ini Popmama.com telah merangkum informasi selengkapnya yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Mama dan Papa dalam mengasuh toddler di tengah pandemi.

1. Membuat kesepakatan di awal setelah memiliki anak

1. Membuat kesepakatan awal setelah memiliki anak
Instagam.com/radhini_

Jika sebelum memiliki anak, prioritas setiap pasangan tentu masih berfokus pada bagaimana menciptakan kebahagiaan satu sama lain. Namun ketika hadirnya si Kecil dalam keluarga, prioritas itu pun berubah dan berfokus pada sang buah hati.

Begitu pula yang dilakukan oleh Radhini dan Angga. Setelah lahirnya buah cinta pertama mereka dua tahun silam, pelantun "Sampai Nanti" ini mengaku telah membuat kesepakatan di awal bersama sang suami.

Menurutnya, tugas Mama dan Papa dalam mengasuh anakitu sama, tidak hanya berat pada sebelah pihak saja. Diperlukan adanya gotong-royong dan kebersamaan demi memberikan pola asuh terbaik untuk buah hatinya.

"Yang pasti suami dan istri harus terlibat langsung dan mengerjakan keperluan mengurus anak bersama. Itu udah kayak kesepakatan kita di awal. Kayak nggak ada yang namanya anak tuh udah deh ke Mamanya aja, nggak ada. Jadi memang harus bareng-bareng," ujar Radhini.

Editors' Picks

2. Belajar dari pengalaman masa kecil

2. Belajar dari pengalaman masa kecil
Dok. Radhini

Sebagai orangtua, tentu kita banyak belajar dari berbagai sumber untuk mendapatkan pola asuh yang sekiranya tepat diterapkan untuk buah hati tercinta. Pun yang dilakukan Radhini dan Angga.

Menurut Radhini, pola asuh yang diterapkan oleh orangtuanya semasa kecil bisa menjadi pembelajaran tersendiri baginya dalam mengasuh Imani saat ini.

Salah satu penyiar podcast "Rapot" ini menyebutkan bahwa ada perbedaan antara pola asuh yang ia terima semasa kecil, dengan pola asuh orangtua zaman sekarang.

Radhini menyebutkan, "Kalau generasi dulu itu kan kayaknya mereka generasi suster gitu ya, nah kebetulan sampai Imani satu tahun itu saya mengurus sendiri berdua suami."

Ia juga menjelaskan bahwa manfaat dari mengasuh anak tanpa bantuan suster atau orang lain adalah membuat kedekatan atau bonding antara orangtua dan anak menjadi lebih terbentuk.

Selain itu, Mama satu orang anak ini juga mengaku bahwa pola asuh semasa kecilnya yang sangat ia ingat adalah ketika diberi makan, ia biasanya akan sambil bermain atau digendong sang Mama. Hal seperti ini rupanya tidak ia turunkan kepada putrinya, Imani.

Radhini justru mengajarkan pada putrinya untuk disiplin saat makan dengan duduk di baby chair. Ia menambahkan, "Dari kecil Imani dilatih untuk duduk di baby chair, makan harus tertib gitu duduk."

"Gimana pun ilmu kan berkembang terus ya, ilmu parenting zaman dulu dan sekarang juga pastinya kan berbeda. Jadi saya sih berusaha untuk meng-update yang ter-update aja gitu," pungkasnya.

3. Saling membantu dan gotong royong bersama suami

3. Saling membantu gotong royong bersama suami
Instagram.com/radhini_

Seperti yang disebutkan oleh Radhini sebelumnya, sampai usia sang anak genap satu tahun, ia dan suami berfokus dalam mengasuh putri mereka tanpa bantuan suster atau orang lain.

Bahkan, hingga Imani genap berusia dua tahun pun keduanya melakukan segala sesuatunya secara bersamaan. Misalnya saja perihal pembagian tugas antara ia dan suami. Radhini bercerita bahwa keduanya memiliki tugas yang sama sebagai orangtua dari Imani.

Misalnya saat Imani masih bayi, kala itu ia dan suami memiliki tugas yang sama rata dalam mengasuh putri mereka. Bahkan, Radhini menyebutkan bahwa Angga sebagai suami turut berperan dalam membantu memandikan, menggendong, dan menidurkan si Kecil Imani.

"Jadi mandiin adalah tugasnya suamiku, pun gendong atau menidurkan kadang suamiku juga sering lakukan. Intinya memang kita tuh tugasnya merata, sama, nggak ada yang lebih berat ke siapa. Misalkan saya lagi ada kerjaan, yaudah di back up suami. Saling back up juga intinya," jelas Radhini.

4. Cara Radhini mengatasi tumbuh kembang anak di masa pandemi

4. Cara Radhini mengatasi tumbuh kembang anak masa pandemi
Dok. Radhini

Satu setengah tahun lebih masyarakat dihantui dengan pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. Adanya pandemi ini tentu memberikan banyak dampak pada kehidupan sehari-hari, salah satunya membuat tumbuh kembang anak menjadi lebih terbatas.

Begitu pula yang dirasakan Radhini, bagaimana pun juga pandemi ini sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Menurutnya, ini membuat Imani menjadi lebih sulit bergerak lantaran kecemasan akan penyakit Covid-19 di luar sana.

"Memang pandemi ini jadi berpengaruh ya, karena kan anak jadi nggak bisa sebebas itu main di luar. Dia juga melihat dunia tuh jadinya kurang luas karena kita kurang jalan-jalan juga," pungkas Mama dari Imani.

Untuk mengatasinya, Radhini tetap mengupayakan adanya sosialisasi yang dapat anaknya lakukan. Ia bersyukur karena tetangga di sebelah rumanya memiliki anak seusia dengan Imani. 

Ia menjelaskan, "Jadi Imani masih ada sosialisasi lah sama si anak tetanggaku ini. Tapi ya tentunya saya sama keluarganya si tetanggaku ini, kita yang jaga prokes banget juga."

Selain memberikan kesempatan untuk putrinya bersosialisasi dengan teman seusianya, Radhini dan Angga juga melakukan cara lain dalam mengasuh toddler di tengah pandemi. Adapun cara lain yang ia lakukan adalah memberikan mainan baru dan mendaftarkan putrinya pre-school secara online.

"Supaya ada kegiatan baru juga, jadi Imana bisa ngeliat anak-anak lain. Ya biarpun dari sebatas layar, yang penting dia ada kegiatan baru untuk stimulasi tumbuh kembangnya," tambah Radhini.

5. Nilai yang ingin ditanamkan Radhini pada Imani

5. Nilai ingin ditanamkan Radhini Imani
Instagram.com/radhini_

Ketika ditanya apa budaya yang ingin Radhini dan suami tanamkan pada Imani, penyanyi seklaigus pengusaha ini menjawab bahwa ia ingin menanamkan fondasi kepada Imani dengan nilai-nilai kehdupan positif.

Radhini menyebutkan, kelak nanti ia ingin putrinya menjadi seorang yang memiliki akhlak baik dalam menjalani kehidupannya. Seperti yang dikatakannya, "Intinya sih, hanya pengin Imani itu punya hati yang baik. Supaya dia itu toleransinya ada, menghormati orang lain juga ada, jadi lebih ke akhlak yang baik."

Menurut Radhini, nilai-nilai akademis untuk kecerdasan anak itu bisa ia tanamkan dan dikejar sampai dewasa nanti, namun akhlak yang baik dalam kehidupan justru yang perlu ia tanamkan sejak Imani kecil.

"Kalau nilai-nilai yang lebih ke akhlak gitu kayak menghormati, minta tolong, terima kasih, minta maaf, itu harus banget ditanamkan dari kecil suaya dia keingat terus. Kalau akademis kayak nyebutin warna, abjad, itu pasti akan dengan mudah dikejar, tapi akhlaknya itu yang harus dikasih perhatian lebih," tutup Radhini.

Millennial Mama of the Month Edisi Oktober 2021 - Radhini Aprilya Hapsari

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Video Creator - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Ediarti
Video Editor - Bima Bintoro
Design - Shania Tabina Anandanoe

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Radhini
Millennial Mama

Radhini

"Selain mengurus keluarga, masih banyak orang yang harus saya bantu"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.