3 Tips Cerdas Tenangkan Anak saat Tantrum a la Kate Middleton

Tidak ikut emosi, begini cara cerdas Kate Middleton tenangkan anaknya yang tantrum

18 Oktober 2021

3 Tips Cerdas Tenangkan Anak saat Tantrum a la Kate Middleton
Instagram.com/dukeandduchessofcambridge

Dalam istilah psikologi, tantrum disebut sebagai temper tantrum yang mana diartikan sebagai perilaku marah si Kecil. Tantrum umumnya dialami oleh anak-anak berusia 2-3 tahun.

Sebagai bentuk kemarahan, si Kecil sering kali mengekspresikannya dengan berbagai hal yang membuat Mama dan Papa sedikit kewalahan. Misalnya saja berbaring di lantai, menendang, berteriak, dan lain sebagainya.

Kondisi seperti ini tentu tak hanya membuat Mama dan Papa pusing, tetapi juga memicu emosi yang membuat si Kecil sering menjadi pelampiasannya. Padahal, mengungkapkan rasa marah pada anak justru bisa menjadi trauma psikis tersendiri, Ma.

Sebagai cara mengatasi anak yang tantrum, istri dari Pangeran William yakni Kate Middleton pun memiliki caranya tersendiri dalam menenangkan ketiga anaknya yang tantrum.

Melalui sebuah wawancara yang dilansir dari People, kali ini Popmama.com telah merangkum 3 tips cerdas tenangkan anak tantrum a la Mama Kate Middleton.

Editors' Picks

1. Mengelus kepala anak

1. Mengelus kepala anak
Getty Images/Samir Hussein

Dalam wawancara yang dilakukan pada dr. Rebecca Chicot, seorang ahli perkembangan anak dan orangtua pada The Sun. Disebutkan bahwa Kate tidak mengharapkan anak-anaknya untuk berperilaku seperti orang dewasa dan ia pun tahu bahwa anak-anak melewati tahap yang sangat alami seperti halnya ketika tantrum.

Sehingga cara yang dilakukannya adalah melalui sentuhan kepala pada anak-anaknya untuk membangun ikatan dengan mereka. Ia dan suami akan menyentuh kepala ketiga anaknya yakni Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis saat mereka melakukan kesalahan.

Penggunaan afeksi dengan cara mengelus kepala anak menjadi koneksi yang hangat dan efektif untuk mengarahkan anak-anak ke arah yang benar, jelas Chicot dalam wawancara tersebut.

Bahkan, jika melihat beberapa foto Kate saat bersama anak-anaknya, sering kali ditemukan bahwa Kate terlihat tengah menyentuh kepala sang anak. Sepertinya cara ini memang jadi salah satu cara terbaik Mama Kate dalam menenangkan anaknya untuk bersikap baik ya, Ma.

2. Menyamakan tinggi dengan anak ketika berbicara

2. Menyamakan tinggi anak ketika berbicara
Instagram.com/dukeandduchessofcambridge

Selain sering terlihat menenangkan anak-anaknya dengan menyentuh kepala mereka, beberapa kali juga Mama Kate kedapatan tengah menyamakan tingginya saat berbicara dengan sang anak.

Ini jadi tips cerdas lainnya a la Kate Middleton untuk membuat anak berperilaku baik dan mengatasi tantrum di depan umum, Ma. Sebagaimana dijelaskan Chicot, Kate akan menurunkan level dirinya untuk mensejajarkan dengan anak-anaknya saat berbicara.

Cara ini menurutnya menjadi cara untuk menunjukkan ketegasan dan kehangatan, bukan membujuk atau marah. Selain itu, para ahli juga banyak menyebutkan bahwa cara ini lebih baik dalam membuat anak merasa terhubung, terlindungi, dan diperhatikan oleh orangtuanya.

3. Mengalihkan perhatian anak

3. Mengalihkan perhatian anak
Getty Images/Samir Hussein

Saat anak mulai memperlihatkan tantrum, tak sedikit orangtua yang ikut marah dan berteriak untuk menenangkan mereka. Padahal, berteriak atau marah justru bukan cara yang efektif dan harus dihindari, Ma.

Berbeda dengan Mama Kate yang terlihat tetap tenang dan mencoba mengalihkan perhatian anak-anaknya saat tengah tantrum. Selain itu, Mama Kate juga akan mengajak anaknya untuk beristirahat dan melakukan kegiatan lain sebagai pengalihannya.

Dalam sebuah wawancara, Mama dari tiga orang anak ini pernah mengungkapkan bahwa ia akan memastikan anak-anaknya bisa menghabiskan waktu mereka di alam terbuka. Sebab menurutnya, ini adalah hal baik untuk kesehatan fisik dan mental sang anak.

Nah, itulah 3 tips cerdas a la Kate Middleton dalam menenangkan ketiga anaknya yang tantrum. Cara yang dilakukan istri dari Pangeran William ini juga bisa lho Mama coba di rumah untuk menenangkan si Kecil yang sedang tantrum.

Meski sering kali membuat pusing dan kewalahan, jangan sampai emosi yang Mama luapkan pada anak justru membuatnya trauma ya, Ma. Tetap semangat, semoga cara di atas bisa jadi cara yang ampuh tenangkan si Kecil.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.