Awas! Bakteri Berbahaya Ini Terdapat pada Beberapa Barang Anak

Tetap waspada ya, Ma!

12 Maret 2019

Awas Bakteri Berbahaya Ini Terdapat Beberapa Barang Anak
Unsplash/soraya irving

Menjaga si Kecil untuk tetap sehat dan terhindar dari segala macam penyakit merupakan dambaan dari setiap orangtua.

Tak heran jika banyak orangtua yang sangat teliti dalam mengurus anaknya. Mulai dari memeriksa kebersihan makanan, hingga memastikan kebersihan pakaian yang ia kenakan.

Namun ternyata, bakteri yang dapat menghantui si Kecil tidak hanya dapat ditemukan pada makanan dan pakaiannya lho Ma!

Beberapa barang yang seringkali digunakan oleh anak ternyata menyimpan begitu banyak bakteri berbahaya bagi mereka. Bakteri penyebab diare, hingga pneumonia bisa saja mengancam kesehatannya.

Apalagi jika sistem imun si Kecil belum terbentuk dengan baik, wah bisa bahaya sekali Ma!

Mengingat semakin banyaknya bakteri yang berkembang saat ini, Mitu Baby mengeluarkan varian terbarunya yaitu Mitu Baby Antiseptic yang dapat menjaga si Kecil untuk terhindar dari segala macam bakteri disekitarnya.

dr. Herbowo Soetomenggolo, SpA. (K) sebagai Pediatric Neurologist memberikan beberapa informasi seputar berbagai macam bakteri berbahaya yang mudah ditemui dan mengancam kesehatan anak.

Pada acara tersebut, dr. Herbowo mengungkapkan 5 bakteri tersembunyi pada barang-barang yang biasa Si Kecil gunakan. Wah, apa saja ya?

Simak daftar lengkapnya­­ yuk, Ma!

1. Bakteri pada stroller

1. Bakteri stroller
Unsplash/micael widell

Menggendong si Kecil memang memiliki manfaat tersendiri, yaitu menguatkan hubungan batin antara Mama dan anak.

Namun, tidak selamanya kan Mama sanggup menggendongnya?

Nah itulah gunanya stroller! Ketika Mama sedang berpergian, stroller merupakan benda yang dapat membuat kegiatan Mama menjadi lebih praktis.

Selain praktis, Mama juga dapat membiarkan anak beristirahat dengan nyaman diatas stroller. Namun dibalik kemudahannya, ternyata stroller menyimpan banyak bakteri jahat lho!

Streptokokus yang terdapat pada stroller dapat menjadi penyebab infeksi tenggorokan, pneumonia, meningitis, infeksi telinga pada anak.

Maka dari itu, untuk menghindari timbulnya bakteri tersebut, Mama perlu membersihkan stroller secara rutin. Bersihkan secara menyeluruh, mulai dari kerangkanya hingga kain yang menyangga si Kecil.

2. Bakteri pada dot atau botol

2. Bakteri dot atau botol
Unsplash/sharon mccutcheon

Dot atau botol susu anak perlu dibersihkan tiap kali ia selesai menggunakannya. Meskipun Mama sudah mencucinya dengan air bersih, namun ternyata itu tidak cukup membunuh bakteri nakal yang hinggap di dot atau botol anak.

Bakteri E.coli bisa saja menyerang penceraan si Kecil jika Mama tidak menjaga kebersihan dot atau botol susunya. Jika sudah begitu, diare pun dapat terjadi pada anak.

Tidak ingin itu terjadi kan, Ma?

Maka dari itu, setelah mencuci dot atau botol susunya, Mama juga perlu merebusnya didalam air panas agar bakteri yang masih menempel dipermukaan dapat mati.

Jangan malas untuk membersihkannya ya, Ma!

Editors' Picks

3. Bakteri pada tas popok

3. Bakteri tas popok
Flickr.com/jessica spencer

Tas popok atau tas perlengkapan memang dikhususkan untuk menyipan segala perlengkapan si Kecil. Biasanya tas popok digunakan pada saat berpergian, sehingga seluruh perlengkapannya dapat tersusun dengan rapi dan Mama pun dapat dengan mudah membawanya.

Dibalik semua kemudahan yang diberikan tas popok, ternyata ia menyimpan bakteri kokus yang dapat menjadi penyebab pertusis atau batuk rejan pada anak.

Pertusis atau batuk rejan merupakan infeksi bakteri pada paru-paru dan saluran pernapasan yang mudah sekali menular. Nah, bisa saja saat Mama berpergian, bakteri tersebut menempel pada tas perlengkapan secara tidak disadari.

Lalu bagaimana jika bakteri kokus tertular pada si Kecil? Wah, bisa bahaya Ma. Maka dari itu, jangan lupa untuk mencucinya secara rutin ya.

4. Bakteri pada mainan

4. Bakteri mainan
Pixabay/jerrymarx32

Mainan dan anak, adalah dua hal yang tak dapat terpisahkan. Mainan dapat membuat mood anak menjadi baik. Bahkan, saat mandi pun ia tetap ingin ditemani dengan mainan kesayangannya.

Anak mama juga begitu, kan?

Meskipun membahagiakan sang anak, namun ternyata jika tidak dirawat dan dibersihkan dengan baik maka mainan anak juga dapat mengancam kesehatannya lho Ma.

Maka dari itu, pastikan Mama rutin membersihkan mainan si Kecil dengan air bersih dan benar-benar memastikannya kering dengan sempurna agar jamur pada mainan tidak menempel.

Jangan tunggu kesehatan si Kecil terganggu dulu Ma, lakukan segala bentuk pencegahan sesegera mungkin.

5. Bakteri pada perlengkapan mandi

5. Bakteri perlengkapan mandi
Pixabay/analogicus

Terkhir adalah perlengkapan mandi. Salah satu perlengkapan mandi yang paling banyak terseimpan bakteri adalah handuk dan sikat gigi.

Jangan sangka kalau si Kecil sudah mandi, lalu ia bersih dan terhindar dari penyakit ya!

Ternyata bakteri bisa datang dari mana saja Ma, bahkan dari perlatan mandinya. Maka dari itu, jangan lupa untuk mencuci handuknya secara rutin dan menyimpannya di tempat yang bersih.

Sikat giginya pun perlu dilindungi dengan pelindung mika agar tidak terpapar bakteri di kamar mandi.

Nah, itulah 5 bakteri berbahaya yang terdapat pada beberapa barang anak. Ternyata, tanpa Mama sadari, barang tersebut dapat mengancam kesehatanya.

Maka dari itu, tetap jaga kebersihan barang-barang si Kecil ya!

Baca juga: