Hari Anak Balita Nasional, Sudahkah Mama Perhatikan Tumbuh Kembangnya?

Sebelumnya, jangan lupa ucapkan selamat pada si Kecil, ya!

8 April 2019

Hari Anak Balita Nasional, Sudahkah Mama Perhatikan Tumbuh Kembangnya
Pixabay.com/rosysmith581

Selamat Hari Anak Balita Nasional!

Ya, tanggal 8 April ditetapkan sebagai hari Anak Balita Nasional oleh Kementerian Kesehatan RI dan setiap tanggal tersebut para balita yang merupakan anak berusia dibawah lima tahun, yakni antara 12-59 bulan akan mendapatkan keistimewaan atau apresiasi lebih dari orangtua serta pemerintah. 

Bukannya mendapatkan keistimewaan, hal tersebut justru bertolak belakang dengan data yang ditunjukkan oleh RISKESDAS 2013 mengenai prevalensi anak dengan status gizi buruk di Indonesia yang meningkat dari tahun 2010 ke tahun 2013.

Mengingat bahwa anak balita sedang dalam proses tumbuh kembang yang pesat dan sedang mampu-mampunya belajar dengan cepat, maka selain peran dari pemerintah, orangtua pun perlu terlibat dan memerhatikan perkembangannya.

Sebagai orangtua, Mama juga perlu melakukan sesuatu untuk dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Salah satunya adalah dengan memastikan bahwa si Kecil telah melewati 4 tahapan pentingnya.

Kira-kira apa saja?

Berikut Popmama.com telah merangkumnya.

1. Pertumbuhan fisik-motorik

1. Pertumbuhan fisik-motorik
Pixabay/dagon_

Hal yang pertama yang bisa Mama perhatikan dalam masa tumbuh kembang anak adalah pertumbuhan fisiknya.

Kurang maksimalnya proses pertumbuhan fisik pada anak merupakan salah satu tanda dia memiliki masalah dalam pertumbuhannya secara keseluruhan.

Peran orangtua yang harus jeli dan jika perlu rutin untuk mengecek pertambahan berat badan anak, tinggi badan dan juga otot anak pada dokter.

2. Perkembangan kognitif dan emosi

2. Perkembangan kognitif emosi
Pixabay/jamplops

Secara harafiah, perkembangan aspek kognitif merupakan sebuah proses di mana seorang anak akan mulai bisa mendapatkan pengetahuan tentang dunia yang ada di sekitar dirinya.

Untuk mengamati semua proses tersebut, maka Mama sebagai orangtua bisa melihat dari kemampuan berfikir anak secara keseluruhan, kemampuan belajarnya, kemampuan menangkap benda atau objek lainnya, kemampuan mengingat serta kemampuan dalam memahami bahasa, termasuk memahami sebuah perintah.

Editors' Picks

3. Perkembangan sosial

3. Perkembangan sosial
Pixabay.com/vborodinova

Pada tahap pertumbuhan dan perkembangan sosial seorang anak, maka Mama bisa melihatnya dari sejauh mana kemampuan mereka dalam menyesuaikan diri serta bagaimana cara mereka mengembangkan tingkah laku sosialnya terhadap lingkungan sekitar.

Misalnya saja, Mama bisa mengamati bagaimana cara dia bergaul dengan teman sebayanya, bagaimana cara dia melihat orang lain atau bagaimana cara dia mengenali tanda bahaya dari lingkungannya.

4. Perkembangan bahasa

4. Perkembangan bahasa
PureWow

Hal yang harus Mama perhatikan dan terus mengawasi perkembangannya adalah kemampuan anak dalam berbahasa, hal tersebut karena kemampuan berbahasa merupakan media seseorang untuk mengekspresikan diri berkaitan dengan kebutuhan dan juga keinginannya.

Bahkan hal yang sangat abstrak hingga yang paling kompleks sekalipun akan bisa diterjemahkan dengan rangkaian kata yang bermakna sehingga hal tersebut dapat di pahami oleh orang-orang yang berada di lingkungan sekitar mereka.

Nah, itulah beberapa tahapan penting untuk mengukur tumbuh kembang anak secara optimal.

Semoga bermanfaat dan sekali lagi selamat Hari Anak Balita Nasional!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!