Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Anak Tidak Sengaja Menelan Benda Asing, Ini yang Harus Dilakukan Mama

Jangan dibiarkan, Ma, karena sangat berbahaya

14 Januari 2023

Anak Tidak Sengaja Menelan Benda Asing, Ini Harus Dilakukan Mama
Instagram/dr.ariani

Karena memiliki rasa penasaran yang tinggi, tidak jarang anak kerap memasukkan benda ke dalam mulutnya, bahkan sampai tertelan. Hal tersebut tentu sangat berbahaya karena bisa saja benda tersebut tersangkut di saluran pencernaan atau merusak organ lainnya.

Belum lama ini terdapat seorang balita berusia 1 tahun telah menelan anting yang diberikan oleh orangtuanya tepat di hari ulang tahunnya yang pertama.

Balita tersebut merupakan pasien DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A (K), Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastrologi-Hepatologi.

Menurut penjelasan Dokter Ariani, siang itu sang mama menyadari bahwa salah satu anting yang dikenakan si Kecil hilang. Kemudian, balita tersebut dibawa ke rumah sakit dan dilakukan foto rontgen.

Hasilnya, tampaklah anting di dalam perutnya dalam keadaan terbuka, menyerupai angka 3.

Beruntung, ujung anting yang tertelan tidak tajam sehingga tidak melukai atau merusak organ di dalamnya. Akhirnya, anting tersebut dikeluarkan dengan operasi.

Di beberapa kasus, benda asing yang masuk ke dalam tubuh dapat melewati saluran pencernaan tanpa masalah. Namun, tetap saja hal tersebut tidak bisa dianggap sepele. 

Nah, agar Mama bisa memberikan pertolongan yang tepat, berikut Popmama.com rangkumkan hal-hal yang harus dilakukan Mama jika anak tidak sengaja menelan benda asing. Yuk, disimak!

1. Cari tahu benda apa yang ditelan oleh si Kecil

1. Cari tahu benda apa ditelan oleh si Kecil
Freepik/cookie-studio

Langkah pertama yang harus Mama lakukan adalah mencari tahu benda apa yang tertelan. Mama bisa mencari kemungkinan-kemungkinan benda apa yang ditelan anak secara tidak sengaja.

Beberapa benda asing, seperti koin, magnet, atau benda yang tajam sangat berbahaya dan berpotensi menyebabkan komplikasi akibat sumbatan atau luka pada organ dalam tubuh. Namun, ada pula beberapa benda yang bisa keluar dengan sendirinya setelah pengawasan 24 jam apabila tidak ada gejala.

Informasi mengenai benda apa yang tertelan akan membantu dokter menentukan tindakan guna mengeluarkan benda benda tersebut dengan tepat.

Akan tetapi, jika benda yang tertelan menimbulkan gejala secara langsung, Mama harus segera membawa si Kecil ke rumah sakit terdekat untuk penanganan. 

Berikut beberapa benda yang berbahaya bila tertelan anak.

  • Baterai atau koin
  • Balon lateks
  • Benda tajam
  • Pulpen atau tutup pulpen
  • Magnet
  • Koin

Editors' Picks

2. Hindari pemberian makanan dengan porsi besar

2. Hindari pemberian makanan porsi besar
Freepik/prostooleh

Menurut Health Direct, anak yang menelan benda asing, tidak boleh makan apa pun sampai Mama berbicara dengan profesional kesehatan. Sebab, jika benda tersebut mungkin perlu dikeluarkan segera. Dalam hal ini dokter akan membutuhkan perut yang kosong.

Selain itu, Mama juga tidak boleh mencoba membuat si Kecil muntah. Karena, hal tersebut dapat menyebabkan tersedak atau bahkan menghalangi jalan napas.

3. Perhatikan tanda-tanda atau gejala yang muncul

3. Perhatikan tanda-tanda atau gejala muncul
Freepik

Umumnya, gejala tertelan benda asing tergantung dari apa yang tertelan dan seberapa besar benda yang tertelan. Apapun benda asing yang tertelan bisa membuat anak tersedak apabila masuk ke jalan nafas anak. Si Kecil nantinya akan mengalami batuk-batuk hingga sesak nafas. 

Adapun gejala lain yang bisa diperhatikan jika benda asing berukuran besar tersangkut di tenggorokan, anak tentu akan merasa tidak nyaman karena sensasi benda asing di tenggorok, sulit menelan, muntah, bahkan bisa jadi anak akan menjadi rewel dan menangis terus menerus. 

Berikut gejala-gejala yang perlu diwaspadai setelah anak menelan benda asing.

  • Tersedak
  • Batuk
  • Meneteskan air liur
  • Nyeri dada atau tenggorokan
  • Penolakan makan
  • Sakit perut
  • Demam
  • Sulit menelan
  • Muntah
  • Napas pendek
  • Napas berbunyi (mengi)
  • Sesak napas

4. Segera membawa anak ke rumah sakit

4. Segera membawa anak ke rumah sakit
Freepik/pressfoto

Jika anak mengalami gejala setelah menelan benda asing, Mama harus segera membawa si Kecil ke rumah sakit. Namun, apabila anak tidak menunjukkan gejala apa pun, awasi setidaknya salama 24 jam. Biasanya, dokter akan mengevaluasi dan menentukan cara mengeluarkan benda yang tertelan.

Hal tersebut akan berbeda jika anak mengalami gejala. Dokter mungkin akan melakukan sinar-X atau tes lain guna mengidentifikasi dan mengeluarkan benda yang tertelan, bisa jadi dengan cara operasi atau pembedahan.

5. Tips meminimalkan risiko benda asing masuk ke dalam tubuh anak

5. Tips meminimalkan risiko benda asing masuk ke dalam tubuh anak
Freepik

Beberapa benda yang tertelan dapat menimbulkan masalah kesehatan, baik saat benda tersebut belum dikeluarkan maupun pada saat dikeluarkan. Oleh karena itu, Mama harus berhati-hati meletakan suatu benda agar si Kecil tidak menelan benda asing yang bukan untuk dikonsumsi.

Meski hal tersebut sulit dihindari, tetapi Mama bisa mencoba tips berikut ini untuk meminimalkan risiko benda asing masuk ke dalam tubuh anak.

  1. Jauhkan benda-benda kecil dari jangkauan anak
  2. Ajarkan si Kecil untuk tidak memasukkan benda asing ke dalam mulut
  3. Ajari anak mama untuk mengunyah makanan secara menyeluruh, setelah itu baru ditelan
  4. Jelaskan kepada anak bahwa yang bisa dimasukan ke mulut adalah makanan
  5. Tidak memberikan benda yang mudah ditelan oleh si Kecil, misal logam berukuran kecil
  6. Tidak memberikan si Kecil aksesori dengan ukuran kelonggaran
  7. Jangan membiarkan anak memiliki mainan yang kecil
  8. Simpan benda yang berpotensi berbahaya di tempat yang aman
  9. Hindari memberi anak kecil permen keras atau permen karet

Nah, itu dia hal-hal yang harus dilakukan Mama jika anak tidak sengaja menelan benda asing. Beberapa benda asing yang tertinggal di tubuh dapat menyebabkan infeksi atau kerusakan organ sehingga sangat fatal apabila tidak segera dikeluarkan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk