Apakah Mama Sudah Memantau Perkembangan Anak Secara Rutin?

Orangtua perlu memantau secara pasti berapa berat badan dan tinggi anak, secara rutin

4 September 2020

Apakah Mama Sudah Memantau Perkembangan Anak Secara Rutin
Pexels/Tatiana Syrikova

Usia 5 tahun pertama adalah masa penting bagi pertumbuhan anak. Kadang orangtua mengkhawatirkan jika anaknya mengalami masalah stunting, untuk itu sedini mungkin sejak masa kehamilan Mama mengonsumsi berbagai nutrisi dan susu.

Sebenarnya apa sih stunting?

Stunting adalah bentuk malnutrisi pada anak yang masih terus terjadi di Indonesia, di mana angka stunting adalah 27,67 persen atau sekitar 1 dari 4 anak di bawah usia lima tahun tidak dapat tumbuh ideal.

Nah, selama 5 tahun pertama adalah momen penting bagi pertumbuhan anak. 

Jika kebutuhan nutrisi tidak tercukupi, maka akan berisiko anak tidak dapat tumbuh dengan maksimal. Tentu ini memberikan efek jangka panjang.

Di mana pada anak stunting mungkin mengalami performa yang kurang baik saat sekolah, tinggi badan tidak ideal, gangguan kesehatan atau sulit saat memasuki dunia pekerjaan.

Anak yang mengalami stunting cenderung menghadapi tantangan kehidupan yang lebih berat dibanding anak yang tumbuh dengan sehat.

Seperti penjelasan Dr.dr. Conny Tanjung, Sp.A(K), Dokter Spesialis Anak bidang Nutrisi dan Metabolik di RS Pantai Indah Kapuk melalui sesi online bersama Pediasure bahwa nutrisi menjadi hal penting untuk tumbuh kembang anak.

"Tanpa nutrisi yang tepat, pertumbuhan yang kurang baik atau bahkan terhambat dapat terjadi. Ini menyebabkan penyakit dan masalah perkembangan kognitif yang memiliki konsekuensi serius di kemudian hari bagi anak-anak."

Berikut Popmama.com telah merangkum informasinya, simak yuk Ma.

Editors' Picks

1. Bagaimana cara mencegah stunting?

1. Bagaimana cara mencegah stunting
Freepik/ pressfoto

Stanting dapat dicegah menurut penjelasan dokter Conny.

"Stunting dapat dicegah dengan pemberian nutrisi yang tepat dan pemantauan pertumbuhan yang ketat sehingga anak dapat mencapai pertumbuhan yang optimal. Pertumbuhan linear yang terjadi pada lempeng pertumbuhan dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti gen, hormon dan nutrisi yang diterima oleh anak," ungkap dokter Conny.

Peran orangtua sangat penting dalam pemenuhan gizi anak di 5 tahun pertama kehidupannya.

2. Memantau pertumbuhan anak 

2. Memantau pertumbuhan anak 
Freepik

Setelah memberikan asupan sehari-hari, orangtua juga harus memerhatikan pertumbuhan anak. 
Hal ini untuk mengetahui apakah gizi yang diterima anak sudah tercukupi atau belum. Jika ada yang belum sesuai dengan fase tumbuh kembang anak, maka orangtua bisa cepat tanggap untuk memperbaikinya.

"Penting bagi orangtua untuk menyiapkan fondasi yang kuat untuk pertumbuhan optimal tulang dan otak demi masa depan anak," kata dokter Conny.

"Orangtua bisa memantau pertumbuhan anak dan memastikan bahwa nutrisi yang tepat dan adekuat didapat sejak dini," sambungnya.

3. Apa yang perlu diperhatikan saat memantau tumbuh kembang anak?

3. Apa perlu diperhatikan saat memantau tumbuh kembang anak
Unsplash/Myung-Won Seo

Jika tumbuh kembang anak mengalami gangguan, orangtua harus bisa mengetahuinya sejak dini. 

Sebuah survei dilakukan oleh Survei Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) baru-baru ini, hasilnya  mengungkapkan bahwa 56 persen dari 1.221 orangtua di Indonesia tidak mengukur tinggi anak secara teratur karena faktor ketidaktersediaan instrumen pengukuran yang sesuai.

"Kurangnya pemahaman orangtua tentang bagaimana melakukan pengukuran tinggi badan anak, merupakan indikator apakah tingga dan berat anak sudah tepat, serta apakah anak mendapatkan nutrisi yang cukup," ungkap Angelico Escobar, Head of Abbott Nutrition International (ANI).

Padahal, memantau pertumbuhan tinggi dan berat anak adalah hal yang sangat penting selama masih berusia di bawah 5 tahun.

Angelico Escobar menjelaskan bahwa pihaknya menyediakan teknologi praktis seperti Growthpedia agar orangtua bisa memantau pertumbuhan anak menggunakan perangkat elektronik apa pun di rumah.

Jadi orangtua bisa mengetahui tumbuh kembang anak yang ideal sesuai dengan fase usianya. Semoga bermanfaat ya Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.