5 Hal yang Harus Disiapkan agar Anak Lancar Belajar Makan

Wah ini dia yang harus Mama siapkan

13 Maret 2019

5 Hal Harus Disiapkan agar Anak Lancar Belajar Makan
Dok. Nuby Indonesia

Makan adalah proses belajar bagi anak. Setiap anak bayi yang berusia satu sampai tiga tahun akan melewati fase belajar makan sendiri.

Ada orangtua yang memperkenalkan anak untuk makan sendiri sejak usia belum genap setahun, namun pada umumnya anak akan mulai belajar makan secara mandiri pada usianya 2 sampai 3 tahun.

Di tahap ini umumnya anak mulai merasa penasaran tentang cara makan yang benar. Nah, kalau sudah sampai pada tahap ini sebaiknya jangan dilarang Ma. Biarkan anak belajar makan sendiri.

Berikut ini Popmama.com akan memberikan beberapa tips yang perlu Mama siapkan agar anak lancar belajar makan sendiri.

1. Siapkan alat makan BPA free

1. Siapkan alat makan BPA free
Dok. Nuby Indonesia

BPA free adalah keterangan bahwa alat makan yang dipilih terbuat dari bahan yang bebas BPA atau bisphenol-A. BPA (bisphenol-A) merupakan zat kimia sintetis yang biasanya digunakan pada beragam produk. BPA dinyatakan bahaya karena ikatan zatnya dapat terlepas dan tertinggal dalam makanan.

Bahayanya ketika BPA didiamkan pada suhu panas seperti panas dari susu atau makanan yang baru matang, maka ada zat yang akan mengalami  pelepasan pada makanan atau minuman anak.

Pelepasan ini bisa memengaruhi kesehatan anak, termasuk kesehatan reproduksi, perkembangan dan tingkah laku anak.

Ketika Mama mencari alat makan untuk si Kecil pilihlah yang diberi label “BPA-free”.

2. Colorful

2. Colorful
Dok. Nuby Indonesia

Agar bisa menarik minat anak untuk makan, pilihlah alat makan yang colorful. Warna-warna cerah biasanya dapat menarik perhatian anak.

Ketahui warna kesukaan si Kecil dan jadikan sebagai warna untuk alat makannya sehari-hari.

Editors' Picks

3. Ada easy grip

3. Ada easy grip
mothercare.co.id

Alat makan yang dilengkapi dengan easygrip sangat membantu bagi anak karena lebih mudah untuk dipegang. 

Jika alat makan atau minumnya memiliki tutup ini juga sangat membantu dalam menjaga kebersihan agar terhindar dari debu. Makanan dan minuman jadi lebih higienis.

4. Pilihkan tempat minum yang tidak mudah tumpah

4. Pilihkan tempat minum tidak mudah tumpah
dealicles.com

Jika ingin membelikan tempat minum untuk anak pilihlah yang ada keterangan no spill karena  ini nggak mudah tumpah. 

Botol dan dotnya juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan anak. Biasanya anak akan dilatih dengan sedotan yang  membuatnya tidak mudah tersedak. Ini sangat membantu peralihan bayi untuk minum dari botol ke cangkir.

5. Tahan benturan

5. Tahan benturan
mothercare.co.id

Tangan kecil dan genggaman yang balum kuat kadang membuat alat makan dan minumnya mudah terlepas dari cengkramannya.

Pilihkan alat makan dan minum yang tahan benturan untuk anak mama. Ini juga berguna untuk melatih anak untuk berhati-hati.

Sesekali alat makanannya terjatuh, tidak masalah. Mama cukup memberi pengertian kepada anak mama untuk bisa lebih berhati-hati. Anak juga bisa belajar untuk menjaga barang miliknya.

Nuby menjadi salah satu produk alat makan yang bisa Mama pilih karena kelima dari syarat alat makan aman bagi anak ada pada produk tersebut. Bukan hanya itu, Nuby punya desain alat makan yang menarik, bikin si Kecil makin senang menghabiskan makanannya.  

Itulah 5 hal yang perlu Mama siapkan agara si Kecil bisa segera lancar belajar makan sendiri. Jangan lupa Ma, cari tahu warna kesukaan si Kecil dulu yuk!

Baca juga: