9 Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan Anak

Bukan hanya melembapkan kulit, VCO juga jadi herbal yang baik untuk pemulihan Covid-19

12 Februari 2021

9 Manfaat Virgin Coconut Oil Kesehatan Anak
nutrition.org.uk

Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak kelapa adalah salah satu herbal yang diambil dari santar kelapa dengan cara dipanaskan dengan suhu rendah dan diendapkan selama beberapa hari.  

Minyak yang telah disuling kemudian menjadi VCO yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anak. VCO aman untuk dioleskan langsung ke kulit anak.

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa manfaat virgin coconut oil untuk kesehatan anak.

1. Melembapkan kulit anak

1. Melembapkan kulit anak
Freepik/cookie_studio

Sebelum memasuki tahap penyulingan, minyak kelapa bisa diambil dari sari kelapa langsung. Ada yang melalui proses pemanasan dengan suhu rendah dan ada juga yang tanpa proses pemanasan.

Keduanya memiliki khasiat yang tinggi. Namun pada VCO yang tanpa proses pemanasan memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi.

VCO baik untuk melembapkan kulit anak. Cukup oleskan beberapa tetes dan ratakan pada bagian kulit agar menjaga kekenyalan kulit si Kecil.

2. Mengatasi ruam popok

2. Mengatasi ruam popok
Pixabay/leeson0318

Anak di bawah usia 2 tahun kadang masih menggunakan popok celana. Jika si Kecil mengalami ruam popok, Mama bisa oleskan minyak kelapa pada kulit yang kemerahan secara tipis-tipis.

Meski belum ada penelitian soal ini, namun VCO dapat mengurangi gatal dan iritasi pada kulit si Kecil. 

3. Menenangkan kulit eksim

3. Menenangkan kulit eksim
Webmd.com

Ketika si Kecil mengalami eksim, maka kulitnya harus lembap. Jika bagian kulit yang eksim kondisinya kering maka akan terasa gatal. 

Kulit yang eksim riskan untuk digaruk karena rasanya sangat gatal dan mengganggu. Jika sudah digaruk dan ada gesekan maka akan menimbulkan luka.

Untuk mencegahnya, Mama bisa oleskan VCO ke kulit anak secara tipis-tipis untuk mencegah kulit kering. 

Minya kelapa bisa menjadi pengganti krim pelembap agar anak merasa lebih nyaman.

Editors' Picks

5. Mengatasi kulit bruntusan

5. Mengatasi kulit bruntusan
blackmoldfix

Jika anak alergi dingin, akan timbul merah-merah di kulitnya. Untuk menenangkan kondisi kulitnya, Mama bisa oleskan VCO agar segera meredakan gatal.

Jika memiliki anak usia batita memang penting menyediakan virgin coconut oil di rumah.

6. Membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut anak

6. Membantu menjaga kesehatan kulit kepala rambut anak
allure.com

Jika anak mama memiliki kondisi kulit kepalanya mudah kotor seperti ada tumpukan ketombe bahkan kadang bentuknya seperti kerak, mungkin ini karena produksi minyak dan keringat anak cenderung tinggi. 

Virgin Coconut oil memiliki manfaat antibakteri dan antimikroba karena mengandung asam lemak rantai sedang atau MCFA. 

Oleskan VCO secara tipis-tipis ke kulit kepala dan bersihkan perlahan bagian kepala yang kotor tersebut. 

Minyak ini juga diketahui memiliki kemampuan untuk merangsang rambut tumbuh secara lebih baik.

7. VCO termasuk dalam herbal pemulihan pasien Covid-19

7. VCO termasuk dalam herbal pemulihan pasien Covid-19
encian.hr

Sudah hampir satu tahun pandemi terjadi di Indonesia. Jumlah pasien Covid-19 pun semakin meningkat. Masyarakat terus diingatkan agar tetap menjaga protokol kesehatan demi menekan angka penularan.

Dalam rilis resmi Concos virgin Coconut Oil yang diterima, dikatakan bahwa Badan Pengawas Obat & Makanan (BPOM) memberikan izin edar darurat pada November 2020 lalu untuk dua obat yang bisa digunakan bagi pasien Covid-19 yaitu Favipiravir & Remdesivir. 

Selain dua obat tersebut, BPOM juga memberikan izin penggunaan 14 jenis herbal yang digunakan sebagai pendamping pengobatan pasien Covid-19, salah satunya adalah virgin coconut oil.

VCO memiliki banyak manfaat baik seperti menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh. Namun tidak semua VCO memiliki manfaat yang maksimal, karena bahan dan cara pengolahan yang kurang tepat serta belum terdaftar di BPOM sehingga belum teruji secara klinis.

“Concos Virgin Coconut Oil ingin berkontribusi melawan Covid-19 melalui produk yang berkualitas dan aman dikonsumsi oleh semua masyarakat Indonesia, tidak terkecuali oleh ibu hamil, anak-anak hingga bayi. Kandungan Asam Laurat sebanyak 57,1% efektif melawan virus, bakteri dan kuman berbahaya khususnya untuk anak dan ibu hamil,” ungkap Kusmiyati, Komisaris PT Deva Oil Indonesia.

VCO tersebut juga sudah terdaftar di BPOM dan memiliki sertifikat halal sehingga aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, anak-anak hingga bayi. Ciri VCO ini adalah Memiliki warna jernih, aroma yang sangat lembut dan tidak terasa di tenggorokan.

8. Bisa jadi dressing salad

8. Bisa jadi dressing salad
Freepik

Jika anak balita mama suka mengonsumsi salad maka bisa juga menggunakan VCO. Minyak yang satu ini memang cocok untuk mendukung program hidup sehat.

Cukup tuangkan sedikit pada salad sebelum si Kecil mulai makan. Jangan lupa ajarkan doa sebelum makan ya, Ma.

9. Mengatasi bibir kering

9. Mengatasi bibir kering
Freepik/bearfotos

Bukan hanya melembapkan kulit, minyak kelapa juga bisa mengatasi bibir kering lho, Ma. Jika anak sedang panas dalam atau mengalami gejala sariawan, maka ini bisa jadi solusi.

Karena aromanya lembut maka anak tidak merasa terganggu jika bibirnya dioleskan dengan minyak kelapa.

Itulah manfaat virgin coconut oil bagi kesehatan anak yang perlu Mama ketahui. Bukan hanya sebagai obat herbal, minyak kelapa ini juga bisa digunakan sebagai cara mencegah sakit. Selamat mencoba, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.