TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bikin Anak Pintar, Inilah Manfaat Kurma untuk Kesehatan Anak

Mumpung banyak dijual di bulan Ramadan nih, Ma

25 April 2022

Bikin Anak Pintar, Inilah Manfaat Kurma Kesehatan Anak
Freepik/rawpixel.com

Di bulan Ramadan ini, kurma mudah dijumpai di mana-mana sebagai salah satu takjil favorit untuk berbuka puasa. Tahukah mama, selain enak rasanya, kurma juga mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan. Tak terkecuali untuk anak-anak. 

Kurma dapat menjadi makanan pelengkap nutrisi untuk anak yang sedang dalam masa tumbuh-kembang. Berikut ini Popmama.com merangkum manfaat kurma untuk kesehatan anak, dilansir dari Firstcry:

1. Perkembangan otak

1. Perkembangan otak
Freepik/azerbaijan_stockers

Kurma mengandung kalium. Kalium membantu pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Jumlah kalium di dalam kurma cukup banyak lho, Ma, sehingga dengan konsumsi teratur dapat mendukung perkembangan kognitif anak.

2. Mencegah gangguan pencernaan

2. Mencegah gangguan pencernaan
Freepik

Kurma yang manis ternyata juga membantu membuang organisme parasit yang kemungkinan masuk melalui usus anak. Sebaliknya, kurma membantu perkembangan bakteri ramah di usus. Hal ini bermanfaat untuk mencegah masalah usus, masalah pencernaan umum pada bayi dan anak-anak.

Editors' Picks

3. Melindungi hati

3. Melindungi hati
Freepik/stockking

Anak-anak sangat rentan tertular infeksi virus dan bakteri, yang dapat berdampak buruk terhadap hati. Masalah hati yang banyak diderita anak-anak antara lain penyakit kuning, tipus, dan hepatitis. 

Kurma memiliki sifat melindungi kesehatan hati. Karena itulah kurma dapat menjadi makanan pencegahan yang baik disertakan dalam menu harian anak.

4. Memperkuat gigi

4. Memperkuat gigi
Pexels/Riki Risnandar

Kurma yang sudah matang dapat diberikan kepada bayi dan balita yang sedang tumbuh gigi untuk perkembangan gigi yang lebih baik. Kurma membantu memperkuat gusi dan gigi, serta mendorong pertumbuhan gigi agar lebih cepat. 

Mengunyah kurma yang sudah matang bisa menjadi latihan gigi yang baik yang dapat dimanfaatkan bayi dan anak yang sedang tumbuh gigi.

5. Mencegah sembelit

5. Mencegah sembelit
Unsplash/Tim Chow

Kurma mengandung serat makanan yang tinggi, yang membantu pergerakan usus halus anak. Karena itulah kurma meningkatkan penyerapan air sehingga memperlancar buang air besar. Anak pun akan terbebas dari sembelit.

6. Meningkatkan hemoglobin dalam darah

6. Meningkatkan hemoglobin dalam darah
Freepik

Tahukah mama, kurma mengandung zat besi yang tinggi. Kurma membantu meningkatkan jumlah hemoglobin dalam sel darah merah anak. Selain itu, kurma mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan menutrisi kulit anak.

Mama bisa memberikan kurma sejak anak berusia 6 bulan atau ketika anak sudah mulai MPASI. Berikan kurma dalam jumlah sedikit terlebih dahulu untuk melihat adanya reaksi alergi pada anak. Jika tidak ada alergi yang tampak setelah mengonsumsi kurma, mama bisa menambahkan menjadi 2-3 butir kurma per hari.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk