Perkembangan Kognitif Anak Usia 3 Tahun: Berhitung dan Mengenal Warna

Sekarang, anak Mama sudah bisa berhitung dengan jari-jarinya, lho

2 Oktober 2019

Perkembangan Kognitif Anak Usia 3 Tahun Berhitung Mengenal Warna
pxhere.com

Usia 3 tahun merupakan masa gemilang anak dari segi perkembangan kognitifnya. Di usia ini, kosakata anak semakin beragam dan mampu menggabungkan lebih dari lima kata menjadi kalimat. Selain itu, di usia ini anak sudah bisa mengenal konsep angka dan warna.

Mengenal Konsep Angka dan Berhitung

Mengenal Konsep Angka Berhitung
Freepik/Rawpixel.com

Anak Mama mulai mengenal angka, dari hal yang sederhana. Coba tanyailah berapa usianya. Ia akan menunjukkan angka tiga dengan jari tangannya. Anak mulai menyadari bahwa angka memiliki makna di baliknya. Jadi jangan heran jika saat ini angka "tiga" menjadi angka favoritnya -- dan bisa jadi jawaban atas semua pertanyaan "Berapa?"

Sebagian besar anak usia 3 tahun sudah bisa berhitung urut hingga angka tiga dan mengenal angka-angka yang lain hingga angka sepuluh. Di akhir usia 3 tahun, anak bisa menggabungkan konsep hitungan angka dengan benda. Misalnya: tiga truk, dua balok, satu apel. 

Untuk melatih kemampuan matematisnya, Mama bisa mengajarkannya lewat hal-hal sehari-hari. Misalnya: menghitung jumlah kucing, jumlah mobil berwarna merah, dan lain-lain. Biarkan anak menyentuh obyek yang dihitung agar ia lebih cepat memahami dan menyerap informasi yang lebih kompleks.

Editors' Picks

Mengenal Warna

Mengenal Warna
Freepik/Jcomp

Anak usia 3 tahun mulai belajar mengenal warna. Umumnya, mereka sudah bisa menunjukkan warna yang tepat sesuai pertanyaan, dan bisa menyebutkan empat nama warna hingga pertengahan tahun usianya. 

Perkaya perbendaharaan kata dan pengetahuannya tentang warna lewat percakapan sehari-hari. "Apa warna baju yang kamu pakai hari ini?", "Ayo cari mobil berwarna putih!" dan hal-hal sederhana yang terlihat di kehidupan sehari-hari. 

Butuh inspirasi mengajarkan konsep warna pada anak dengan cara yang menyenangkan? Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan:

Mencampur warna

Buatlah clay atau adonan dari tepung terigu, pisahkan jadi beberapa bagian dalam mangkuk berbeda. Beri beberapa tetesan pewarna makanan yang berbeda pada tiap mangkuk, kemudian uleni. Atau Mama bisa mencampurkan beberapa warna sekaligus. "Kira-kira, jika warna merah dan kuning dicampur, bakal jadi warna apa ya?"

Permainan mencampur warna ini juga bisa dilakukan pada air.

Memisahkan benda dengan warna berbeda

Sebagian besar anak usia 3 tahun sudah bisa memisahkan benda berdasarkan kategorinya, entah itu dari bentuk atau pun warnanya. Ambil balok permainan yang beraneka warna dan minta anak memisahkannya berdasarkan warna yang berbeda. Atau biarkan ia membantu Mama menyortir cucian pakaian berdasarkan warna. Hal ini bakal jadi kegiatan yang menyenangkan baginya.

Dalam belajar mengenal angka dan warna ini, peran aktif orangtua sangat diperlukan. Jadikan fase ini sebagai momen bonding yang menyenangkan bagi keluarga.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!