Cara Memilih Aksesori Rambut yang Tepat untuk si Kecil

Supaya si Kecil nyaman dan tampilan rambut terlihat lebih cantik

1 Juli 2020

Cara Memilih Aksesori Rambut Tepat si Kecil
babywisp.com

Menggemaskan memang ketika melihat si Kecil memakai berbagai aksesori rambut, seperti bandana, penjepit rambut, dan topi. Ia semakin terlihat imut dan cantik. Namun, apakah tampilan tersebut diiringi dengan kenyamanannya?

Jangan sampai hanya karena ingin si Kecil tampak cantik, Mama tidak memikirkan kenyamanan dan keamanan aksesori rambut yang dipakainya.

Ada aksesori yang dapat membuat rambut si Kecil melemah dan rontok. Bahkan beberapa produk terdapat komposisi bahan berbahaya.

Berhubung si Kecil masih suka memasukkan benda ke dalam mulut, Mama harus ekstra hati-hati dalam memilih aksesori rambut untuknya.

Berikut ini Popmama.com berikan cara memilih aksesori rambut yang tepat untuk anak kesayangan Mama.

1. Sesuaikan aksesori dengan jumlah rambut yang dimiliki si Kecil

1. Sesuaikan aksesori jumlah rambut dimiliki si Kecil
babywisp.com

Cara memilih aksesori rambut untuk si Kecil yang pertama adalah menyesuaikan aksesori dengan jumlah rambut yang dimilikinya.

Jika rambut si Kecil tidak banyak dan tipis, bisa memilih headband dan penjepit rambut kecil untuk aksesori. Tapi kalau rambut si kecil tebal dan agak panjang, Mama bisa memakaikan aksesori lebih beragam, seperti ikat rambut dan bando.

Editors' Picks

2. Selalu pilih aksesori rambut yang membuat nyaman si Kecil

2. Selalu pilih aksesori rambut membuat nyaman si Kecil
babywisp.com

Faktor terpenting di atas segalanya adalah seberapa nyaman aksesori itu untuk si Kecil. Mereka tidak dapat memilih apa yang mereka pakai, jadi penting untuk memastikan apakah aksesori tersebut terlalu ketat atau tidak nyaman bagi si Kecil.

Warna dan desain yang cantik tidak berarti jika si Kecil tidak nyaman dengan aksesori rambut yang dipakai. Mungkin ia merasa terlalu gatal atau terlalu panas.

Cobalah mencari tahu apakah si Kecil nyaman memakai aksesori rambut. Jika tidak, lebih baik hentikan pemakaian daripada anak rewel akibat hal ini.

3. Pilih aksesori rambut dengan desain sederhana

3. Pilih aksesori rambut desain sederhana
babywisp.com

Mengambil desain yang sederhana merupakan salah satu cara memilih aksesori rambut untuk si Kecil. Mama bisa memilih aksesori rambut berkualitas baik dan memiliki desain sederhana.

Penjepit rambut dan pita dengan tambahan, seperti glitter, batu-batu kecil, atau karakter kartun plastik dapat lepas dengan mudah. Ini berbahaya karena dapat membuta si Kecil tersedak.

Hindari bows dan pita rambut yang mudah lepas karena bisa berakhir dengan melilit leher si Kecil. Gunakan pita rambut dari kain lembut dan elastis yang tidak mudah lepas, serta jauhkan pemakaian dari wajah dan mata.

Pilih karet gelang bebas kusut untuk mengikat rambutnya. Ini tidak akan terjerat di rambut si Kecil. Mama juga bisa memilih karet gelang yang tidak rata. Namun, pastikan karetnya tidak mudah lepas dari rambut si Kecil karena ia bisa menggapai dan memasukkan ke mulut.

Gunakan penjepit rambut yang membukanya dengan cara dicubit (menggunakan jempol dan telunjuk) untuk membuka dan menutup rapat. Penjepit ini nyaman dan tidak dapat dibuka dengan bebas oleh si Kecil.

Mungkin Mama lebih sering menemukan penjepit rambut jenis klip pegas dan clip velcro. Tapi, jenis penjepit tersebut mungkin tidak menjepit dalam waktu lama sehingga dapat menyebabkan cedera atau tersedak. Sebaiknya, hindari penjepit jenis tersebut.

4. Aksesori rambut yang terbuat kain atau wool lebih aman untuk si Kecil

4. Aksesori rambut terbuat kain atau wool lebih aman si Kecil
babywisp.com

Cara memilih aksesori rambut untuk si Kecil yang paling penting adalah melihat dari sisi keamanan produk. Mama harus mengecek komposisi bahan yang digunakan di dalamnya. produk. Adakah bahan yang beracun dan berbahaya?

Hal ini, terkait si Kecil yang masih suka memasukkan benda apa pun ke dalam mulutnya dan dapat tertelan jika terkandung bahan-bahan berbahaya, seperti cat atau logam.

Menurut Health Canada for Children's Jewellery, selain timah, kadmium (logam putih) juga terbukti berbahaya bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak jika dicerna.

Cobalah untuk menemukan produk yang dibuat dengan bahan organik dan diberi label sehingga Mama tahu persis apa kandungannya.

Produk yang dijahit dengan tangan, seperti berbasis kain atau wool mengurangi penggunaan bahan kimia, seperti logam dan lem sehingga lebih aman untuk si Kecil.

5. Menyesuaikan aksesori rambut dengan isi lemari pakaian si Kecil

5. Menyesuaikan aksesori rambut isi lemari pakaian si Kecil
rafa-kids.com

Cara memilih aksesori rambut untuk si Kecil, lainnya adalah dengan melihat isi lemari pakaiannya. Aksesori rambut dapat mempercantik si Kecil, terutama ketika tampak serasi dengan baju yang dipakainya.

Temukan aksesori rambut yang cocok dengan baju-baju milik si Kecil. Selain itu, Mama juga bisa menyesuaikan aksesori rambut dengan acara yang akan dihadiri.

Simak cara-cara di atas sebelum membeli aksesori rambut untuk si Kecil ya, Ma. Pastikan untuk melepasnya ketika ia tidur, tantrum, atau situasi lain yang membuatnya lebih nyaman tanpa aksesori rambut.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.